NEWBORN
17 Juli 2019

Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

Ada beragam risiko mengintai bayi tumbuh gigi terlalu dini
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Dina Vionetta

Bayi tumbuh gigi biasanya mulai terjadi pada usia 6-10 bulan. Namun, pernahkah Moms menemukan bayi baru lahir tapi sudah memiliki gigi?

Ya, kasus ini disebut dengan natal teeth. Kasus natal teeth hanya terjadi satu dari setiap 2.000-3.000 kelahiran, sesuai data dari National Institutes of Health.

Jika anak Moms yang mengalami sendiri kondisi natal teeth ini, tentu ingin mengetahui apa saja penyebab hingga risiko yang mungkin terjadi jika bayi tumbuh gigi di awal kelahirannya.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Teething Alias Tumbuh Gigi Pada Bayi

Penyebab Munculnya Natal Teeth

penyebab munculnya natal teeth

Natal teeth biasanya muncul pada gusi depan bagian bawah Si Kecil saat lahir. Bentuknya hampir mirip dengan gigi bayi biasa, namun lebih kecil dan berwarna agak kekuningan.

“Struktur natal teeth lebih rapuh dengan sedikit atau bahkan tidak memiliki akar sama sekali,” tambah Kepala Divisi Kesehatan Mulut dari Children’s National Health System, Erik Scheifele, DMD, seperti dikutip dari thebump.com.

Menurut Hyewon Lee, DMD, MPH, dokter gigi anak di DentaQuest Institute di Westborough, Massachusetts, seperti dikutip dari thebump.com, penyebab pasti munculnya natal teeth tidaklah diketahui.

Namun, ada dua dugaan penyebab munculnya natal teeth pada bayi baru lahir, sebagai berikut:

1. Posisi sel-sel yang membentuk gigi berada dekat dengan permukaan gusi, sehingga membuat natal teeth lebih terlihat.

2. Faktor keturunan. Berdasarkan penelitian Bodenhoff dan Gorlin, seperti dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, 15 persen bayi tumbuh gigi saat lahir memiliki sejarah orang tua, saudara, atau keluarga dengan kasus natal teeth yang sama.

Baca Juga: Benarkah Kalung Amber Mengatasi Nyeri Tumbuh Gigi pada Bayi? Ini Kata Ahli!

Risiko yang Mengintai Bayi dengan Natal Teeth

amankah natal teeth dibiarkan

Dalam beberapa bulan ke depan, pada umumnya memang bayi tumbuh gigi. Namun, bayi tumbuh gigi terlalu dini seperti natal teeth akan memunculkan risiko yang cukup membahayakan bagi Si Kecil, antara lain:

1. Bayi kesulitan dan merasa tidak nyaman saat menyusui. Bahkan dalam beberapa kasus, bayi dengan natal teeth menolak menyusui.

2. Ibu yang menyusui bayi dengan natal teeth juga rentan mengalami sakit pada puting karena gigitan natal teeth.

3. Natal teeth dapat bergesekan dengan bagian bawah lidah, sehingga rentan menyebabkan bisul.

4. Natal teeth yang sangat rapuh serta mudah goyang, akan rentan lepas dan membuat bayi tersedak.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Diajari Gosok Gigi?

Amankah Natal Teeth Dibiarkan?

mengenal natal teeth

Karena natal teeth sama seperti gigi bayi normal yang waktu datangnya lebih awal, membuat kondisi ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan akan lepas dengan sendirinya.

Hanya saja, jika natal teeth mulai mengganggu proses menyusui atau natal teeth terlihat rapuh dan rentan lepas hingga tertelan oleh buah hati, maka perlu dilakukan tindakan khusus. Salah satunya dengan tindakan pembedahan untuk mengangkat natal teeth.

Untuk itu, Moms perlu mendapatkan rekomendasi atau berdiskusi lebih lanjut kepada dokter perihal bayi tumbuh gigi, agar mendapatkan tindakan serta penanganan yang sesuai dengan kondisi Si Kecil.

(GS)

Artikel Terkait