KESEHATAN
3 November 2019

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Jangan biarkan stres membuat kualitas hidup Moms menjadi menurun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang pasti mempunyai faktor pemicu timbulnya stres. Jika bisa dikelola dengan baik, maka tidak mengganggu kualitas hidup seseorang.

Nah Moms, kita bisa melakukan olahraga untuk mengatasi stres, lho. Dengan olahraga yang tepat, stres pun bisa teratasi dengan lebih mudah.

Baca Juga: Punya Tubuh Bugar, Ini 4 Artis yang Gemar Lakukan Yoga

Olahraga untuk Mengatasi Stres

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Ada banyak cara manajemen stres yang bisa Moms lakukan, salah satunya rutin berolahraga. Jangan sepelekan kebiasaan ini karena olahraga terbukti mampu menyehatkan tubuh hingga meredakan tingkat stres yang dialami.

Hal ini didukung pernyataan dr. Patrick Ling, dokter keluarga di University of Saskatchewan, yang menjadikan olahraga sebagai penanganan bagi pasiennya yang mengalami tekanan mental.

“Olahraga dapat melatih otak, tubuh lebih berenergi, meningkatkan suasana hati, dan menjaga konsentrasi seseorang dengan lebih baik. Ada baiknya berolahraga selama 30 menit per hari. Hal ini akhirnya yang menjauhkan tubuh dari stres berlebihan dan mencegah gangguan kecemasan,” ujar dr. Patrick, menjelaskan.

Dilansir dari Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika Serikat, ketika olahraga, tubuh menghasilkan endorfin yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alam.

Melakukan olahraga untuk mengatasi stres juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita, lho.

Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Adapun jenis-jenis olahraga yang bisa membantu Moms untuk mengatasi stres, di antaranya:

1. Yoga

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Olahraga ini sudah populer untuk mengatasi stres dan membuat tubuh semakin rileks.

Yoga terdiri dari gerakan-gerakan yang menguatkan tubuh, mengontrol pernapasan, dan menjaga agar Moms tetap fokus. Untuk pemula, coba lakukan yoga setidaknya 15 menit dalam sehari.

2. Pilates

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Pilates juga menjadi olahraga yang kini mulai banyak diminati. Rutin melakukan pilates dapat memperkuat otot, meningkatkan postur dan fleksibilitas, serta meredakan gejala stres dan gangguan kecemasan.

Pilates juga melepaskan ketegangan di otot sambil melatih pernapasan untuk memberikan lebih banyak oksigen ke otak.

Baca Juga: Shandy Aulia Tetap Rajin Pilates Meskipun Sedang Hamil, Ini 3 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

3. Kickboxing

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Kickboxing adalah perpaduan seni bela diri dan tinju. Olahraga satu ini akan membakar banyak kalori dan membantu mempertahankan metabolisme tubuh yang tinggi.

Ternyata, kickboxing juga membantu mengurangi stres dan mengajarkan teknik pernapasan yang tepat, serta membangun tingkat kepercayaan diri.

4. Tarian

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Siapa sangka kalau menari adalah olahraga yang menyenangkan dan mampu menghilangkan stres.

Menari membuat seseorang bisa mengekspresikan diri, membangun kepercayaan diri, dan melatih kreativitas.

Coba olahraga dengan tarian seperti zumba untuk meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, dan dapat menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Anak dengan Autisme

5. Aktivitas Fisik di Luar Ruangan

5 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Stres

Sebut saja seperti bersepeda, berlari, berkebun, dan berjalan-jalan santai bisa menjadi aktivitas fisik di luar ruangan yang menyehatkan tubuh.

Selain itu, dengan melihat keadaan di sekitar membantu meningkatkan suasana hati dan menjernihkan pikiran dan meredakan gejala stres. Namun, pastikan memilih tempat yang tepat, ya, Moms!

Itulah jenis olahraga yang bisa dicoba untuk mengatasi stres. Yuk, mulai sekarang atur jadwal olahraga rutin dan tentukan jenis olahraga yang Moms sukai, ya!

(DG)

Artikel Terkait