SELEBRITI
2 September 2019

Selebgram Olivia Lazuardy Mengidap Penyakit Autoimun Psoriasis, Ketahui 5 Faktanya

Olivia sudah 10 tahun mengidap penyakit ini!
placeholder

Foto: instagram.com/olivialazuardy

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Selebgram dan beauty influencer Olivia Lazuardy menceritakan tentang penyakit psoriasis yang dimilikinya. Awalnya, ia tidak memberitahukan kondisinya ini ke media sosial.

Namun, dua tahun ketika ia membagikan tentang kondisinya ini, ada banyak juga orang yang mengalami kondisi serupa, tetapi enggan menceritakan karena merasa malu dan alasan lainnya.

"Aku kan ada autoimun, which is psoriasis. Jadi psoriasis itu efeknya jadi bikin efek kulit aku kering, merah, iritasi, dan kadang-kadang kalau parah banget bisa sampai berdarah," ujar Olivia Lazuardy dalam unggahan Instagram Story miliknya, Kamis (29/8).

1. Sudah Mengalami Sejak 10 Tahun Lalu

olivia psoriasis-1.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Olivia menjelaskan, dirinya sudah mengidap psoriasis sejak 10 tahun lalu, ketika dirinya masih remaja. Penyakit ini dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti lelah dan stres.

"Pemicunya terbilang banyak, bisa capek, stres, bahkan kalau badan mulai gak enak, psoriasis-nya muncul dan bertumbuh," jelas Olivia mengutip dari Intisari.

Baca Juga: Waspadai Gejala Lupus, Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

2. Kekebalan Tubuh yang Membuat Pergantian Sel Kulit Lebih Cepat

olivia psoriasis-2.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Mengutip Mayo Clinic, psoriasis adalah penyakit autoimun di mana kekebalan tubuh membuat pertumbuhan sel kulit lebih cepat, hingga 10 kali dari normal.

Pada kulit normal, butuh sekitar 28-30 hari untuk memproduksi sel kulit baru dan melepaskan sel kulit lama. Namun, bagi pengidap psoriasis, sel kulit baru sudah muncul hanya dalam 3-4 hari saja.

3. Pernah Bangun Tidur dengan Kondisi Tubuh Berdarah

olivia psoriasis-3.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Karena pergantian sel kulit yang cepat ini, dampaknya kulit jadi menumpuk, putih, tebal, kering, bersisik, dan gatal. Bahkan Olivia juga mengatakan pernah mengalami tubuh yang berdarah.

"Kalau bangun tidur bisa berdarah-darah (di baju)," ujar Olivia melansir Kompas.com.

Bagian tubuh Olivia yang terserang gangguan psoriasis ini kerap terjadi di punggung. Meski luka dan berdarah, untungnya tidak meninggalkan bekas.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

4. Tidak Bisa Disembuhkan, Namun Dapat Dikontrol

68806723_359434531638090_2430183217295323793_n.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Mengutip InsertLive, Olivia mengatakan bahwa kondisi psoriasis ini tidak bisa disembuhkan, tetapi, bisa dikontrol dengan memerhatikan pola makan.

"Autoimun ini nggak bisa disembuhin, nggak ada obatnya untuk menyembuhkan. Tapi sebenarnya kondisi autoimun ini bisa kita kontrol dari dalam, dari apa yang kita makan sama dari mendetoks toksin di tubuh kita," ungkap Olivia.

"Untuk setiap orang berbeda. Contohnya pas dicek aku nggak cocok makan apel, kalau aku makan apel kebanyakan bisa menjadi toksin di tubuh aku dan itu yang bikin masalah kulit, seperti jerawatan, dan psoriasis salah satunya," lanjutnya.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Dirawat Menggunakan Obat Salep

olivia psoriasis-5.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Selain dengan menjaga asupan makanan, kondisi psoriasis juga dapat diobati dari luar dengan penggunaan salep.

"Selama ini perawatannya masih dari luar, kayak pakai losion khusus dan salep. Tapi perawatan dari luar itu temporary, tidak memotong dari akarnya,” kata dia.

Artikel Terkait