KEHAMILAN
29 Agustus 2020

Perlukah Menggunakan Pasta Gigi untuk Ibu Hamil? Cek Jawabannya Di Sini!

Banyak kekhawatiran yang kita rasakan saat hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ibu hamil perlu kewaspadaan ekstra dalam menjaga kesehatan diri dan bayi dalam kandungan.

Tak melulu soal nutrisi, kebutuhan dalam menjaga kesehatan seperti menggunakan pasta gigi untuk ibu hamil juga perlu diperhatikan.

Perubahan hormon pada ibu hamil dapat mengakibatkan perubahan secara fisiologi, tidak terkecuali untuk kondisi gigi dan mulut. Perubahan hormon pada ibu hamil juga memengaruhi organ tubuh lain yang erat kaitannya dengan tindakan perawatan gigi, seperti sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem sirkulasi darah, sistem gastrointestinal, urine, dan kondisi mulut,” ungkap drg. Annisa lewat bincang-bincangnya melalui Kulwap Orami Community, Kamis (9/5) lalu.

Untuk itu, pentingnya perawatan gigi selama masa kehamilan dengan melihat berdasarkan usia dan kondisi kehamilan itu sendiri. Namun, setiap ibu hamil tentunya memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Apakah Perlu Pasta Gigi untuk Ibu Hamil?

Lalu, perlukah ibu hamil menggunakan pasta gigi khusus?

Rasa atau Bau Pasta Gigi

menggunakan pasta gigi khusus saar hamil.jpeg

Foto: https://healthline.com/

Perubahan indera perasa dan penciuman merupakan masalah yang dialami wanita ketika hamil.

Beberapa diantaranya menganggap rasa atau aroma makanan yang dulu dianggap lezat, saat hamil akan membuat mereka mual.

Hal ini terjadi juga pada penggunaan pasta gigi saat hamil. Beberapa ibu hamil menghindari mint yang kuat dari sebagian besar produk pasta gigi.

Keinginan untuk tidak menyikat gigi muncul untuk menghindari rasa mual. Hal tersebut justru tidak baik jika dipenuhi.

Sementara Pregnancy Birth & Baby mengatakan bahwa perawatan gigi sangat penting dan memiliki dampak besar pada kesehatan ibu dan bayi.

Ibu hamil dapat mengatasi kendala tersebut dengan beralih ke pasta gigi yang tidak mengandung aroma atau rasa mint.

Rasa dan aroma yang lebih segar seperti jeruk, lemon, kayu manis, atau semangka bisa jadi pilihan alternatif.

Namun, jika memang tidak membantu, ibu hamil dapat memilih pasta gigi tanpa rasa.

Baca Juga: Memilih Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil

Apakah Flouride Aman untuk Bayi dalam Kandungan?

menggunakan pasta gigi khusus saar hamil 2.jpeg

Foto: https://winniepalmerhospital.com

Ibu hamil biasanya akan dibombardir dengan informasi yang harus dan tidak boleh mereka lakukan.

Sebagian mungkin bertanya tentang bahan dalam produk gigi dan apakah berbahaya bagi bayi dalam kandungan jika menelannya, bahkan dalam jumlah kecil. Kekhawatiran yang paling umum adalah tentang flouride.

The American Dental Association telah menetapkan bahwa fluoride adalah cara aman dan efektif untuk mencegah gigi berlubang bagi semua orang, termasuk wanita hamil.

“Ya. Sebaiknya pasta gigi untuk ibu hamil tetap harus mengandung fluoride karena gigi Moms tetap membutuhkan fluoride. Bahkan American Dental Association merekomendasikan wanita hamil menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride dua kali sehari dan memakai dental floss,” ujar drg. Annisa.

Sekitar bulan ketiga kehamilan, bayi akan mulai mengembangkan gigi, dengan pasta gigi yang mengandung fluoride akan membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan gigi bayi nantinya.

Jika ibu hamil masih ragu untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, ibu hamil dapat menggunakan pasta gigi atau obat kumur di pasaran yang tidak mengandung fluoride dengan atau tanpa rasa mint juga tersedia.

Baca Juga: Waspadai Efek Samping Pembersih Kewanitaan Bagi Ibu Hamil

Pasta Gigi yang Perlu Dihindari

menggunakan pasta gigi khusus saar hamil 3.jpeg

Foto: https://pinterest.com/

Ibu hamil memang tidak boleh menggunakan sesuatu sembarangan. Sama halnya seperti menggunakan pasta gigi untuk ibu hamil.

Sebagian produk pasta gigi mengandung beberapa zat kimia yang perlu diwaspadai dan dihindari penggunaannya, seperti zat triclosan, Triclosan merupakan salah satu zat kimia yang membahayakan bagi tubuh ibu hamil.

Zat tersebut dapat mengakibatkan perubahan hormon estrogen selama kehamilan dan efeknya dapat menghambat aliran darah ke rahim ibu.

Hormon saat hamil dapat membuat gigi dan gusi menjadi lebih sensitif.

Jika hormon meningkat akan menyebabkan risiko terjadinya gingivitis gravidarum atau disebut juga dengan peradangan gusi saat kehamilan.

Baca Juga: Berapakah Takaran Kopi untuk Ibu Hamil?

Selain itu, Moms diharapkan dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan konsumsi makanan dan minuman bergizi. Batasi asupan makanan atau minuman yang manis dan mengandung gula berlebih karena dapat merusak area gigi. Perbanyak makanan yang mengandung kalsium karena penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.

Artikel Terkait