PARENTING
20 Desember 2019

Happy Mom 101: Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Sebaiknya sudah dilakukan sejak dini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin adalah sosok yang menginspirasi anak, istri bijak, penuh perhatian pada suami, serta seorang teman terbaik untuk sahabat. Tetapi, seorang ibu juga manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tidak sedikit, orang dewasa belum tentu mengenali diri sendiri dengan baik. Seringkali, orang yang kurang mengetahui dirinya akan sulit untuk menjawab apa kelebihan dan kekurangannya.

Lalu, seperti apa cara mengenal diri sendiri yang baik sebagai seorang ibu yang sudah memiliki anak? Cari tahu penjelasannya berikut ini, Moms.

Mengenal Diri Sendiri Sejak Kecil Lebih Mudah Ketimbang Usia Dewasa

mengenal diri sendiri-5

Foto: pexels.com

Psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, mengungkapkan bahwa sebaiknya, pengenalan diri sendiri dilakukan sejak kecil, dengan memberikan kebebasan eksplorasi kepada anak.

"Ketika dilakukan dari kecil, orang tua akan mengarahkan dan memberikan ragam eksplorasi. Anak akan tahu apa yang ia sukai, dan orang tua memberikan kebebasan untuk memilih sesuai minat. Ketika sudah tahu, kita akan mengenal diri kita seperti apa," jelas Rena.

Sebaliknya, ketika seorang anak dibentuk oleh orang tua yang selalu memutuskan keputusan apa yang akan diambil anak, dampaknya hingga dewasa anak tersebut kurang mengenali diri sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Untuk Melatih Balita Membuat Keputusan Sendiri

Cara Mengenal Diri Sendiri saat Dewasa

mengenal diri sendiri-1.jpg

Foto: well.org

Menurut Rena, pengenalan diri sendiri ketika dewasa tidak akan mudah. Tetapi, bukan berarti Moms tidak bisa melakukannya.

"Kalau misalnya sudah dewasa, sudah menjadi ibu, mungkin tidak akan semudah kalau masih di usia sekolah. Karena kalau sudah dewasa biasanya kita bingung mencari tahu kesukaan, kelebihan, dan kekurangannya apa," terang Rena.

Kemudian, bagaimana jika sudah terlanjur dan Moms merasa belum mengenal diri sendiri dengan baik?

"Kalau sudah terlanjur, masih bisa diperbaiki tetapi membutuhkan usaha dan niat yang cukup kuat. Misalnya, coba renungkan dan pahami apa yang ibu sukai, apa kelebihan dan kekurangan diri sendiri," saran Rena.

Saat Moms melakukan perjalanan wisata atau melakukan kegiatan, coba renungkan apakah ini kegiatan yang Moms sukai atau tidak. Bisa juga Moms menanyakan kepada orang-orang terdekat, seperti sahabat, saudara, sehingga ada penilain dari orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengenali Kelebihan Anak agar Tumbuh Cerdas dan Percaya Diri

Cara Mengenali Bentuk Emosi yang Dirasakan

mengenal diri sendiri-3.jpg

Foto: mirror.co.uk

Tidak hanya mengenal diri sendiri dengan baik, penting juga bagi Moms untuk bisa mengenali emosi yang dirasakan. Seperti apa caranya?

Rena mengatakan, bahwa cara untuk mengenali bentuk emosi yang dirasakan juga sama ketika mencoba melakukan pengenalan terhadap diri sendiri, dan sebaiknya dilakukan sejak dini.

"Misalnya, ketika kita marah, perlu untuk memahami emosinya. Kalau anak terbiasa tidak mengungkapkan perasaan seperti sedih, menangis, marah, akhirnya anak tidak tahu perasaan kesal seperti apa," kata Rena.

Lebih lanjut, Rena menjelaskan jika Moms merasakan emosi tertentu seperti marah, coba telusuri apa yang menjadi penyebabnya.

"Sehingga, kita bisa merasa kalau bentuk emosi 'marah' seperti ini, dan cari tahu apa yang bisa dilakukan ketika sedang marah dan mengelola emosinya agar tidak meledak-ledak," terangnya lagi.

Baca Juga: Pojok Emosi, Bantu Anak Kelola Emosi

Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

mengenal diri sendiri-2.jpg

Foto: goodfon.com

Bukan hanya untuk ibu, setiap orang penting untuk bisa mengenali dirinya sendiri. Ketika seseorang bisa mengenal diri sendiri dengan baik, maka dapat membantu dalam menjalani kehidupan.

Rena berpendapat, semua orang penting mengenali diri sendiri karena mereka bisa melakukan sesuatu untuk mengelola atau mengurangi tekanan hidup. Selain itu, mengenal diri sendiri juga dapat membantu pendidikan dan karier.

"Mengenal diri sendiri juga penting untuk pendidikan dan karier, karena ketika seseorang sudah tahu dan yakin tentang minat dan potensi dalam diri, maka dapat membuat perencanaan dan memperbaiki kemampuan dalam diri untuk mencapai tujuan tersebut," terang Rena.

Dampak Seorang Ibu yang Tidak Mengenal Diri Sendiri

mengenal diri sendiri-4.png

Foto: akkarbakkar.com

Selanjutnya, Rena menjelaskan tentang apa dampak yang dapat terjadi ketika seorang ibu tidak mengenal diri sendiri dengan baik.

"Kalau ibu tidak mengenali dirinya sendiri, dia akan mengalami kesulitan untuk mengelola stres, karena dia tidak tahu sebenarnya apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan dalam dirinya," jelas Rena.

Ketika seseorang tidak bisa mengelola tekanan dan stresnya dengan baik, hal ini dapat memengaruhi emosi yang menjadikan seorang ibu mudah marah ke suami dan anak, mudah tersinggung, gampang sedih, yang akhirnya bisa mengganggu hubungan Moms ke suami dan anak.

Nah Moms, itulah pentingnya mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, Moms juga jadi tahu apa yang baik dan tidak untuk diri sendiri sehingga hidup jadi lebih berkualitas.

Artikel Terkait