GAYA HIDUP
10 November 2019

Pentingnya Support System untuk Kesehatan Mental Moms

Karena ibu yang bahagia akan membina keluarga yang bahagia pula
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dalam menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga, Moms tentu akan dihadapi dengan ragam tantangan selama mengasuh Si Kecil.

Karena itu, support system yang baik penting dimiliki para Moms agar mendukung kesehatan mental yang positif selama menjalani peran sebagai ibu dan istri.

Tidak hanya suami sebagai support system utama bagi istri, tetapi juga dengan lingkaran sosial lain, seperti kerabat dekat, dan anggota keluarga.

Seberapa pentingnya support system untuk kesehatan mental Moms? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Hubungan Suami Istri Setelah Punya Anak, Benarkah Jadi Lebih Dekat?

Peran Pasangan sebagai Support System

support system yang baik untuk kesehatan mental ibu-1

Hal ini disampaikan oleh Rena Masri, S.Psi., M.Si, Psikolog, dalam acara First Anniversary Orami Community pada Sabtu (26/10) di JSC Hive, Kuningan Jakarta Selatan.

"Dari sisi emosional, bagaimana pasangan bisa memberikan dukungan secara emosional, misalnya, mendengarkan curhat secara aktif. Atau dengan dukungan instrumental, misalnya memberikan uang belanja yang sesuai dengan kebutuhan," jelas Rena.

Rena melanjutkan, penting bagi pasangan suami istri untuk memberikan kasih sayang sesuai dengan bahasa cintanya masing-masing.

"Kita sebaiknya ungkapkan ke pasangan tentang apa yang kita inginkan. Kalau enggak, pasangan cuma berasumsi saja. Jadi, komunikasi efektif itu penting sekali," terang Rena.

Baca Juga: Para Suami, Lakukan 8 Hal Sederhana Ini Agar Istri Selalu Bahagia

Dampak Tidak Mendapat Support System yang Cukup

support system yang baik untuk kesehatan mental ibu-2

Tidak jarang, pentingnya support system untuk kesehatan mental diabaikan. Ada dampak negatif jangka pendek dan jangka panjang bila Moms tidak mendapatkan support system yang cukup, atau support system yang negatif.

"Misalnya, support system negatif seperti cerita ke teman, tapi ia tidak mendukung dan malah mungkin mengompori. Akhirnya, kita lebih tertekan atau stres. Itu jangka pendek," kata Rena.

"Tapi, kalau stres ini tidak dikelola dengan baik, maka bisa membuat depresi, dan gangguan kesehatan mental untuk jangka panjang," lanjutnya.

Baca Juga: 8 Jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Kita Kenal

Menurut Rena, seseorang memiliki tanda-tanda depresi dan stres ketika ia tidak dapat mengontrol emosinya sendiri, dan sulit menyalurkan emosi sesuai dengan porsinya.

"Misalnya anak rewel sedikit, terus anak dipukul-pukulin. Itu bisa jadi karena emosi sudah tidak stabil," terang Rena.

Jadi, itulah pentingnya support system untuk kesehatan mental Moms. Karena, ibu yang bahagia juga akan menularkan kebahagiaan pada anak dan suaminya.

Nah Moms, itulah pentingnya support system untuk kesehatan mental Moms. Kesehatan mental Moms yang baik menjadi kunci keluarga yang baik juga lho.

Artikel Terkait