KESEHATAN
7 November 2019

5 Penyebab Moms Ketagihan Makanan Asin

Bisa jadi sebenarnya Moms sedang dehidrasi
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms suka sekali camilan bercita rasa gurih? Bisa jadi Moms ketagihan makanan asin. Betul tidak ya?

Sesekali, Moms mungkin punya keinginan untuk makan makanan asin. Biasanya, momen tersebut karena Moms bosan, sedang PMS, atau sebagai teman menonton tv.

Penyebab Ketagihan Makanan Asin

Namun, jika Moms sering mengidam camilan asin, mungkin ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh selain hanya ingin makan kudapan yang gurih.

"Secara umum, garam membuat manusia ketagihan karena hal ini diperlukan untuk bertahan hidup," kata Amy Shapiro, ahli diet terdaftar berbasis di New York City, mengutip Byrdie.

"Jadi, ketika tubuh tidak punya cukup garam, tubuh kita akan mengeluarkan gejala yang membuat seseorang mencarinya," jelasnya.

Berikut ini beberapa penybeab kita ketagihan makanan asin.

Baca Juga: Berapa Banyak Garam yang Dibutuhkan Ibu Hamil?

1. Mengalami Dehidrasi

Mencegah Mual Saat Hamil - Minum Air Putih.jpg

Dehidrasi adalah alasan yang cukup umum mengapa seseorang mengidam ragam makanan, termasuk makanan asin. Bisa jadi Moms tidak mengonsumsi cukup cairan. Tidak heran, dehidrasi menjadi penyebab ketagihan makanan asin.

"Seringkali rasa haus 'ditutupi' oleh rasa lapar," jelas Amanda A. Kostro Miller, ahli diet terdaftar berbasis di Chicago.

"Makanan asin dan garam merangsang rasa haus, jadi jika Anda menginginkan sesuatu yang asin, tubuh mungkin sebenarnya meminta air," tambahnya lagi.

2. Berkeringat Terlalu Banyak

Berolahraga.jpg

Berolahraga dengan intens juga ternyata menjadi penyebab kita ketagikan makanan asin lho Moms.

Saat berkeringat, jumlah garam dalam tubuh secara bertahap habis. Olahraga intens yang meneteskan banyak keringat dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh.

Dampaknya, respon alami tubuh terhadap kehilangan natrium ini dapat menyebabkan Moms membutuhkan garam.

"Terutama jika Anda berolahraga di lingkungan yang lembap atau olahraga yang berlangsung selama satu jam atau lebih," terang Shapiro.

Ketika seseorang kehilangan sodium terlalu banyak karena banyak berkeringat, mereka jadi punya keinginan untuk mengonsumsi makanan asin.

Bukan hanya karena berolahraga. Keringat berlebih juga bisa terjadi karena bekerja di tempat yang panas. Sebuah studi yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa orang-orang yang berkerja dalam kondisi panas selama 10 jam bisa kehilangan hingga 15 gram garam.

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

3. Pola Makan yang Sudah Mengandung Banyak Garam

Mencegah Mual Saat Hamil - Makanan Bertepung.jpg

Penyebab ketagihan makanan asin lainnya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan asin.

Bisa jadi, alasan selalu ingin makan makanan asin karena Moms sudah terbiasa dengan pola makan yang menyertakan jumlah garam lebih banyak.

"Terkadang, seseorang mengidam karena perilaku diet kita. Jika Anda ingin makanan asin, perhatikan pola makan saat ini dan lihat apakah ada banyak makanan olahan dan cepat saji," jelas Amanda.

4. Mengalami PMS

5 pms

Nah, ternyata PMS memang jadi salah satu penyebab kita ketagihan makanan asin lho.

Bila Moms punya hasrat berlebih ingin makan makanan asin selama seminggu atau lebih sebelum menstruasi, ini karena sedang berada di masa PMS.

"Mengidam garam selama PMS adalah hal yang nyata karena perubahan dan fluktuasi hormon," kata Shapiro.

Cleveland Clinic merekomendasikan untuk mengurangi garam dan menambah asupan air selama masa PMS ini jika Moms mengalami tangan membengkak, atau nyeri di payudara.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Gejala PMS Agar Tidak Mengganggu

5. Memiliki Kondisi Kesehatan Tertentu

4 tips mudah mempersiapkan si kecil ke rumah sakit 2

Ada kondisi medis tertentu yang dapat jadi penyebab Moms ketagihan makanan asin. Hal ini membuat Moms mengidam lebih banyak garam daripada biasanya.

Seperti gangguan ginjal yang disebut Sindrom Bartter, karena ginjal tidak berfungsi dengan benar, menyebabkan ketidakseimbangan natrium, klorida, dan kalium dalam tubuh.

Dampaknya, kadar natrium rendah, dan membuat seseorang mengidam garam untuk mengembalikan kadar natrium yang tepat dalam tubuh.

Kondisi kesehatan lain yang bisa membuat seseorang mengidam makanan asin adalah penyakit Addison, yang merupakan penyakit kekurangan adrenal.

Pada penyakit ini, tubuh gagal membuat cukup kortisol, hormon penting yang membantu tubuh mengatur fungsi-fungsi penting seperti respons stres dan regulasi tekanan darah.

"Ini dapat menyebabkan Anda menginginkan garam, karena meningkatkan kadar garam akan meningkatkan tekanan darah ke tingkat normal," kata Shapiro.

Itu dia Moms, beberapa penyebab kita ketagihan makanan asin. Apakah Moms juga ketagihan makanan asin?

Artikel Terkait