TRIMESTER 1
20 Januari 2020

Ketahui Penyebab Prurigo, Bentol-bentol Saat Hamil

Kondisi ini terjadi pada 1 dari 300 kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehamilan adalah momen yang ditunggu bagi para wanita yang sudah siap menjadi seorang ibu. Karena itu, selama 9 bulan ini penting bagi Moms untuk memastikan kehamilan yang sehat hingga Si Kecil lahir.

Di masa kehamilan, akan ada sejumlah kondisi kesehatan yang bisa terjadi yang dapat disebabkan oleh ragam faktor penyebab. Salah satunya adalah prurigo.

Lalu, apa yang menjadi penyebab prurigo saat hamil? Ketahui lebih lanjut tentang informasinya berikut ini.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Ibu Hamil

Apa Itu Prurigo?

penyebab prurigo saat hamil-2

Foto: Orami Stock Photos

Mengutip Dermnet NZ, prurigo kehamilan adalah ruam papular pruritik non-spesifik jinak yang muncul selama kehamilan.

Ada sejumlah nama lain dari prurigo kehamilan, yaitu prurigo gestationis, prurigo kehamilan awal, dermatitis papular kehamilan, dan folikulitis pruritus kehamilan.

Menurut American Academy of Family Physicians, prurigo terjadi pada sekitar satu dari 300 kehamilan. Biasanya, prurigo muncul pada trimester ke-2 atau ke-3, tetapi telah dilaporkan terjadi pada semua tahap kehamilan.

Tidak jarang, wanita yang mengalami prurigo kehamilan jangka panjang yang bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dan bahkan dapat berlanjut untuk beberapa waktu setelah bayi lahir.

Baca Juga: 3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Ibu Hamil

Apa Penyebab Prurigo Saat Hamil?

penyebab prurigo saat hamil-1

Foto: Orami Stock Photos

Dr. Helen Gordon MBChB, dermatolog terdaftar di Counties Manukau District Health Board, New Zealand, menjelaskan, "Penyebab prurigo saat hamil saat ini tidak diketahui. Masih diperdebatkan tentang adanya hubungan prurigo kehamilan dengan dermatitis atopik."

Meskipun penyebab kondisi ini tidak jelas, tidak ada efek buruk yang diketahui bagi ibu atau janin terkait prurigo.

Tetapi, melansir American College of Obstetricians and Gynecologists, prurigo saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan sistem kekebalan tubuh yang terjadi selama kehamilan.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Selama Kehamilan dengan Aman

Seperti Apa Bentuk Prurigo Saat Hamil?

penyebab prurigo saat hamil-3

Foto: Orami Stock Photos

Dalam Indian Journal of Dermatology, prurigo kehamilan ditandai dengan papula pruritus, seringkali terjadi lecet pada permukaan kaki dan lengan atas, juga perut.

Family Doctor menjelaskan bahwa prurigo saat hamil yaitu berupa gundukan kecil dan gatal, yang terlihat seperti gigitan serangga. Biasanya dimulai dengan beberapa tonjolan dan meningkat setiap hari.

Benjolan kecil dan gatal ini dapat muncul hampir di semua bagian kulit. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja selama kehamilan dan biasanya dimulai dengan beberapa benjolan yang jumlahnya bertambah setiap hari.

Artikel Terkait