FASHION & BEAUTY
4 Juli 2020

3 Perawatan Kulit untuk Wanita Berusia 30-an

Perhatikan kandungan tiap produk perawatan kulit Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Seiring bertambahnya usia, maka perawatan kulit yang harus Moms lakukan juga berbeda. Istilahnya, tidak bisa hanya dengan memakai sabun pencuci muka dan pelembap saja.

Pasalnya, kebutuhan kulit ketika sudah menginjak usia 30 tahun atau lebih akan berbeda ketika masih berusia 20an.

American Academy of Dermatology mengungkapkan, beberapa perawatan dasar yang harus diikuti oleh semua kalangan usia adalah menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis, memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, dan eksfoliasi kulit untuk membuang sel-sel kulit mati. Jika fokus pada usia 30-an, maka berikut perawatan yang harus dilakukan.

Perubahan Kulit saat Memasuki Usia 30 Tahun

perawatan kulit usia 30 tahun-1.jpg

Foto: abcnews.go.com

Moms, perlu dipahami beberapa perubahan kulit yang terjadi ketika sudah memasuki usia 30 tahun. Kadar hormon, tingkat produksi kolagen dan elastin mulai menurun.

Pergantian sel pada kulit wajah akan menjadi lebih lambat selama usia 30-an dan kulit tidak kembali seperti semula.

“Jika tidak rutin menjaga kesehatan kulit sejak usia awal 20 tahun, maka sebagian besar dari kita akan menemukan kerusakan akibat sinar UV saat mencapai usia 30 tahun,” ungkap Dr. Anita Sturnham, dokter umum yang mengkhususkan diri dalam dermatologi.

Kulit juga menjadi lebih mudah kering, mulai bermunculan flek hitam, area mata perlu diperhatikan kesehatannya, dan akan muncul garis-garis halus di wajah.

Untuk itu, Moms membutuhkan perawatan dan produk yang tepat untuk memperbaiki kondisi kulit.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Coba Yuk Moms!

Perawatan Kulit di Usia 30 Tahun

Penuaan wajah memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia.

Namun, Moms bisa melakukan beberapa perawatan ini saat memasuki usia 30 tahun untuk mencegah penuaan dini, yaitu:

1. Produk Pengelupasan Kulit yang Melembapkan

perawatan kulit usia 30 tahun-2.jpg

Foto: theskincareedit.com

Saat memasuki usia 30-an, pergantian kulit akan cenderung melambat dan lapisan kulit bagian atas memiliki waktu yang lebih sulit untuk tetap lembap secara alami.

“Diperlukan waktu lebih lama untuk lapisan atas kulit mengelupas, sehingga membuat wajah lebih mudah kusam dan kering,” ungkap Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, dermatologis dan instruktur klinis di NYU Langone.

Solusinya adalah memakai produk pengelupasan atau eksfoliasi kulit yang mengandung AHA (alpha hydroxy acids) dan memakai krim pelembap yang mengandung hyaluronic acid.

Namun, apabila Moms sudah melakukan eksfoliasi menggunakan scrub, hindari memakai AHA dan begitu pula sebaliknya.

Pengelupasan kulit berlebihan bisa sebabkan kulit mudah iritasi. Jangan lupakan area leher saat memakai pelembap, ya!

Baca Juga: Mineral Oil pada Skincare, Apakah Aman Digunakan?

2. Perawatan untuk Flek Hitam Wajah

perawatan kulit usia 30 tahun-3.jpg

Foto: lipaniskincare.com

Menurut American Academy of Dermatology, wanita berusia 30-an akan lebih mungkin untuk memiliki flek atau bintik-bintik hitam di wajah. Jika sebelumnya Moms malas menggunakan tabir surya, maka risiko terkena flek hitam semakin besar.

Dr. Lauren Eckert Ploch merekomendasikan beberapa perawatan untuk menyamarkan flek hitam, yaitu menggunakan produk mengandung vitamin C dan retinoid, serta jangan lupa selalu memakai tabir surya.

Ya, retinoid atau retinol menjadi kandungan perawatan wajah terbaik untuk anti penuaan dini dan mampu menghaluskan tekstur kulit serta mencegah munculnya keriput di wajah. Sebaiknya Moms mulai melakukan perawatan kulit dengan retinol.

Jika Moms memiliki bujet yang lebih, tindakan laser juga bisa dilakukan untuk mengurangi munculnya flek hitam dan mencegah penuaan dini, yang wajib dilakukan oleh dokter atau tenaga ahli.

3. Pakai Eye Cream

perawatan kulit usia 30 tahun=.jpg

Foto: forbes.com

Tak pernah ada kata terlambat untuk menggunakan eye cream. Area mata hampir tidak memiliki kelenjar minyak dan merupakan bagian pertama yang bisa menunjukkan penuaan dari ekspresi wajah kita, Moms.

Untuk itu, lindungi area mata dengan memakai eye cream. Fokuskan pada tulang tepat di atas tulang pipi untuk mencegah penuaan dini pada area mata.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Bahan Skincare yang Aman Digunakan untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa perawatan penting untuk wanita saat memasuki usia 30-an. Tertarik mencobanya, Moms?

Artikel Terkait