FASHION & BEAUTY
8 November 2017

Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

Bagaimana perawatan yang benar?
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Memiliki rambut kering tapi kulit kepala berminyak memang butuh penanganan tersendiri dalam perawatan harian. Salah dalam perawatan dapat memperparah keadaan rambut dan kulit kepala.

Untuk itu, Moms harus mengetahui dahulu apa penyebab timbulnya minyak di kepala serta perawatan yang tepat untuk kondisi rambut kombinasi seperti yang dijelaskan dr. Suzy Maria, Sp.PD dari Omni Hospitals Pulomas.

Faktor Timbulnya Minyak

Produksi minyak pada kulit akan meningkat pada kondisi tertentu, salah satunya saat tubuh sedang ovulasi atau periode masa subur. Ini juga salah satu penyebab munculnya jerawat ketika Moms sedang PMS.

Begitu juga dengan pria, minyak di kulit akan meningkat karena adanya perubahan hormon testosteron yang terjadi dalam tubuh.

Produksi minyak juga meningkat karena adanya perubahan iklim, yaitu kelembapan yang tinggi ketika musim panas.

Kesalahan perawatan tubuh seperti memakai conditioner berlebihan, penggunaan shampoo yang tidak cocok serta adanya penyakit dermatitis seborrheic atau ketombe juga menjadi potensi produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Perawatan Rambut Kombinasi

  • Untuk Moms yang mempunyai kulit kepala kering dianjurkan untuk keramas setiap hari.
  • Gunakan conditioner dari tengah batang rambut hingga ke ujung rambut. Hindari penggunaan pelembab mengenai kulit kepala yang sudah berminyak.
  • Awali keramas menggunakan air hangat untuk membuka pori dan membersihkan kotoran serta minyak di kulit kepala, lalu bilas dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup pori dan menjaga kelembapan.
  • Sebaiknya keringkan rambut secara alami, jika ingin menggunakan hair dryer, lakukan saat rambut dalam kondisi 70-80 persen kering dan gunakan temperatur yang paling dingin dengan jarak pengering 15 cm dari rambut.
Baca juga: Cara Keramas Rambut Rontok

Tips untuk Moms yang Berhijab

  • Selalu pastikan rambut dalam kondisi kering sempurna sebelum memakai hijab.
  • Gunakan dalaman hijab yang bersih dan beri sirkulasi udara di kepala dengan menggunakan hijab atau dalaman hijab yang longgar (tidak terlalu ketat).
  • Gunakan hijab yang tembus udara.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang.

Nah, itulah beberapa tips perawatan untuk Moms yang memiliki rambut berminyak tapi kulit kepala kering. Jangan sampai salah langkah, ya, Moms!

(KAT)

Presented By:

pjimage (1) pjimage (3)
Artikel Terkait