FASHION & BEAUTY
20 Desember 2019

4 Tips Perawatan Kulit Berminyak Saat Liburan

Meskipun berminyak, jangan terlalu sering mencuci wajah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Pasti banyak dari kita yang menunggu-nunggu liburan akhir tahun, termasuk Moms bukan?

Namun bagi sebagian orang, liburan ke tempat atau daerah baru akan menimbulkan reaksi berbeda pada kulit, terutama bagi kulit yang berminyak.

"Selama musim panas, suhu dan tingkat kelembapan akan naik. Perubahan lingkungan ini mendorong kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak sebum," jelas Dr. Melanie Palm, Direktur Medis di Art of Skin MD.

Karena kulit wajah memiliki jumlah kelenjar sebaceous yang paling terkonsentrasi, kilau akibar minyak bisa terlihat paling mencolok di wajah.

The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan bahwa kulit berminyak umumnya terjadi pada orang dengan pori-pori besar. Bisa terjadi pada kulit berjerawat maupun tidak berjerawat, serta menimbulkan rasa 'tidak bersih' dan 'licin.'

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

Perawatan Kulit Berminyak

Namun kulit berminyak tidak seharusnya menjadi halangan kita untuk melakukan kegiatan seru saat liburan dong! Agar wajah tidak terlihat berminyak sepanjang liburan, ikuti tips mudah dan efektif ini yuk.

1. Bersihkan Wajah dengan Benar

tips untuk si kulit berminyak

Perawatan kulit berminyak yang utama adalah hindari membersihkan wajah secara berlebihan. "Jangan terlalu sering mencuci kulit wajah," kata Dr. Melanie.

Meskipun tampaknya hal ini wajar dilakukan, sering-sering mencuci wajah kita akan menghilangkan kelembapan kulit wajah.

Mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulit jadi sangat kering. Kemudian, kulit pun jadi memproduksi lebih banyak minyak untuk melindungi kekeringan di kulit.

Membersihkan wajah dua kali sehari secara lembut sudah cukup kok, Moms!

American Academy of Dermatology juga mengingatkan untuk memilih sabun muka yang lembut dan ringan. Jangan gunakan sabun muka dengan butiran scrub karena akan mengiritasi kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembap Halal di Bawah 50 Ribu

2. Lembapkan Wajah

tips untuk si kulit berminyak

Mungkin terdengar seperti kontra, tetapi menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting untuk melawan minyak pada kulit.

Ketika Moms membiarkan kulit kering, kelenjar sebum dipaksa untuk menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kurangnya kelembapan.

Jadi, perawatan kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan pelembap yang memang bebas minyak untuk menjaga kulit kita tetap terhidrasi dengan baik.

3. Sederhanakan Skincare yang Digunakan Setiap Hari

tips untuk si kulit berminyak

Dr. Melanie menyarankan untuk mengurangi rutinitas perawatan kulit dengan menggunakan serum dan tabir surya yang lebih ringan.

Di pagi hari, bersihkan wajah dengan sabun yang mengandung sulfur atau asam alfa hidroksi.

Jika Moms memiliki jenis kulit berminyak atau berjerawat, Dr. Melanie merekomendasikan untuk menggunakan pencuci muka belerang. Selanjutnya, oleskan serum kaya antioksidan diikuti oleh tabir surya berbasis zinc oxide.

“Serum yang kaya antioksidan membantu mencegah sinar UV, panas, dan bahkan faktor lingkungan yang dapat menyebabkan produksi radikal bebas yang merusak dalam sel-sel kulit," kata dokter kulit tersebut.

Sementara itu, sunblock dengan kandungan zinc oxide dianjurkan karena menawarkan perlindungan matahari spektrum luas dan secara inheren anti-inflamasi.

Baca Juga: 6 Tahapan Skincare di Malam Hari Agar Kulit Glowing

4. Singkirkan Minyak dengan Kertas Minyak

tips untuk si kulit berminyak

Kertas minyak dapat menyerap minyak pada wajah dalam sekejap. Pada dasarnya saat membicarakan tips untuk si kulit berminyak di musim panas, kertas minyak adalah amunisi yang dibutuhkan.

Coba bersihkan dan hapus minyak pada wajah dengan kertas minyak. Moms juga bisa menggunakan kertas tisu polos yang digunakan sebagai pembungkus kado sebagai alternatif yang murah, saran Dr. Melanie.

Nah, itu dia beberapa tips perawatan kulit berminyak saat liburan. Silakan dicoba, Moms!

Artikel Terkait