BAYI
14 Juli 2020

Ternyata, Ini Perbedaan Gumoh dan Muntah pada Bayi

Gumoh terjadi karena bayi terlalu banyak mengonsumsi susu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat Moms menyusui Si Kecil atau memberikan bayi susu formula, Moms mungkin akan melihat Si Kecil seperti mengeluarkan sedikit susu pada mulutnya. Apakah ini merupakan hal yang normal?

Keluarnya sebagian susu dari mulut bayi ini disebut juga dengan gumoh. Hal ini adalah sesuatu yang normal terjadi pada bayi.

Mengutip Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), gumoh terjadi karena ukuran lambung bayi yang masih sangat kecil (seukuran bola pingpong) dan katup lambung yang belum kuat, sehingga jika menampung terlalu banyak susu, maka akan menyebabkan gumoh.

Untuk mencegah gumoh, setelah minum susu sebaiknya posisikan bayi tegak selama 30 menit, pastikan bahwa tidak ada yang menekan bagian perut bayi, dan sendawakan bayi.

Namun sebagian orang tua masih sulit membedakan gumoh dengan muntah, sehingga tidak jarang menimbulkan kekhawatiran. Sebenarnya apa perbedaan gumoh dan muntah pada bayi? Yuk simak penjelasannya.

Baca Juga: Mengapa Bayi Tidak Boleh Minum Susu UHT?

Apa Perbedaan Gumoh dan Muntah pada Bayi?

perbedaan gumoh dan muntah

Foto: healthline.com

Agar Moms tidak salah membedakan perbedaan gumoh dan muntah pada bayi, Moms bisa melihat dari ciri-ciri gumoh dan muntah sendiri. Gumoh adalah keluarnya susu dari mulut anak, tanpa dipaksa, yang artinya susu keluar begitu saja.

Bayi yang baru berumur beberapa minggu sampai satu tahun, akan sering mengalami gumoh, yaitu mengeluarkan sebagian susu yang telah ia minum dari mulutnya.

Gumoh juga bisa terjadi jika bayi menelan udara terlalu banyak saat minum ASI, sehingga ia mengeluarkan cairan susu ketika bersendawa. Bayi dapat menelan banyak udara jika ia menangis saat sedang minum susu atau minum terlalu cepat.

Sedangkan muntah pada bayi terjadi jika Si Kecil terlihat berusaha untuk mengeluarkan susu dari perutnya. Bayi yang muntah akan terlihat mengedan, tidak nyaman atau rewel. Sebagian besar muntah bayi merupakan hal yang abnormal.

Terkadang bayi juga bisa mengeluarkan cairan muntah dari hidung. Namun, muntah baru dialami oleh bayi ketika ia berumur dua bulan. Muntah bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan atau gangguan pencernaan pada bayi.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Bayi Muntah, dan Tips Mencegahnya Berikut Ini

Apakah Gumoh Memengaruhi Berat Badan Bayi?

perbedaan gumoh dan muntah

Foto: healthline.com

Banyak orang tua khawatir bahwa peningkatan berat badan bayi yang kurang baik, berkaitan dengan gumoh.

Gumoh yang normal tidak akan mengganggu kesehatan bayi. Selama bayi Moms tampak nyaman dan makan dengan baik dan berat badannya bertambah, tidak perlu ada kekhawatiran yang berarti.

Jika berat badan bayi bertambah, maka bisa dipastikan tidak ada kalori yang hilang ketika dimuntahkan.

Nah, jadi sekarang Moms sudah tahu 'kan perbedaan gumoh dan muntah pada bayi? Jangan tertukar lagi, ya!

Baca Juga: Bayi Sering Gumoh, Berbahayakah?

Artikel Terkait