3-12 BULAN
21 Januari 2020

Perbedaan Ruam Popok Biasa dan Ruam Popok Jamur

Perbedaannya bisa dilihat dari penyebab dan tandanya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah bagian belakang pantat Si Kecil terlihat sedikit terganggu belakangan ini? Jika anak Moms berada di antara usia 4-15 bulan, kemungkinan besar Si Kecil mengalami ruam popok.

"Ruam popok sangat normal terjadi pada bayi dan balita," kata Natasha Burgert, dokter anak di Pediatrics Associates di Kansas City, Missouri.

Ruam popok memang bisa datang secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda. Ada yang mudah disembuhkan, ada juga yang sulit untuk disembuhkan.

Kunci agar Moms bisa memberikan perawatan yang efektif adalah dengan memahami jenis ruam yang dimiliki bayi. Jenis ruam popok yang sering dialami oleh anak adalah ruam popok akibat jamur dan ruam popok biasa.

Apa perbedaan dari kedua jenis ruam popok ini? Simak di bawah ini yuk, Moms.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Ruam Popok Akibat Jamur

Ruam Popok Karena Jamur

ruam popok biasa, ruam popok akibat jamur

Ruam popok akibat jamur adalah ruam popok yang umumnya timbul pada pantat bayi dan balita yang masih kecil.

“Merupakan jamur yang hidup di kulit kita dan di usus, dan ketika bayi mengalami rasa hangat dan lembab di area popok, hal ini dapat menyebabkan sedikit ruam,” jelas Dr. Natasha Burgert.

Sementara semua jenis infeksi jamur lebih umum terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, ruam popok akibat jamur pada bayi tidak perlu dikhawatirkan. Jenis ruam popok ini biasa dikenal juga dengan nama ilmiah Candida dermatitis.

Jenis ruam popok akibat jamur ini biasanya berlangsung selama lebih dari beberapa hari, bahkan setelah popok rutin diganti. Ruam ini disebabkan juga oleh ragi yang disebut Candida albicans.

Dilansir dari jurnal U.S. National Library of Medicine, Candida albicans dan Staphylococcus aureus merupakan jenis jamur yang paling sering diisolasi dari daerah yang terkena dan dianggap memiliki peran utama dalam ruam popok akibat jamur.

Ruam ini biasanya berwarna merah, sedikit terangkat, dan memiliki titik-titik merah kecil yang menyebar di luar bagian utama ruam. Seringkali dimulai pada lipatan kulit bagian dalam dan dapat menyebar ke kulit di bagian depan dan belakang bayi.

Baca Juga: 4 Cara Cepat Mengilangkan Bekas Ruam Popok

Ruam Popok Biasa

ruam popok biasa, ruam popok akibat jamur

Berbeda dengan ruam popok karena jamur, jenis ruam popok biasa ini diakibatkan oleh penggunaan popok itu sendiri. Moms sibuk membersihkan popok bayi karena Si Kecil baru saja buang air kecil atau besar, namun lupa membersihkan bagian pantat bayi dengan benar.

Tidak hanya itu saja, jika Moms menambahkan gesekan saat bayi bergerak dan lekuk, maka akan terlihat bagaimana ruam popok ini bisa menjadi lebih buruk, dan cepat.

Ruam popok biasa ini merupakan jenis ruam popok yang paling umum terjadi pada anak dan disebabkan oleh kulit yang basah atau lembap (terutama karena urin dan feses) yang bersentuhan langsung dengan popok.

Jenis ruam ini biasanya, ditandai dengan adanya tanda kemerahan dan pembengkakan kulit di sepanjang bagian atas popok, di atas pantat bayi, dan di sekitar kaki.

Jika anak mengalami ruam popok biasa, coba bantu bayi untuk tidak menggunakan popok sebisa mungkin, agar kulit tetap bersih dan kering.

Dilansir dari jurnal U.S. National Library of Medicine, penggunaan emolien dan teknologi popok yang lebih baik bisa uga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi ruam popok untuk menjaga kelembaban dan iritasi dari kulit halus bayi.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Ruam Popok Pada Bayi, Masih Percaya?

Itu dia Moms perbedaan ruam popok biasa dan ruam popok akibat jamur dari segi penyebab dan tandanya. Semoga membantu!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan mengenai ruam popok bayi, Moms bisa bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

orami wag

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait