PROGRAM HAMIL
18 Maret 2019

Catat, Ini Perdarahan yang Normal Terjadi di Awal Kehamilan

Jangan keburu panik jika terjadi perdarahan
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kehamilan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap pasangan yang menikah. Tak sedikit dari pasangan yang menikah langsung mau memiliki momongan.

Program kehamilan dan menambah ilmu seputar kehamilan menjadi buruan Moms dan pasangan setelah resmi menikah.

Namun, tak sedikit dari Moms yang kurang siap dan tak mau mencari ilmu perihal kehamilan. Sehingga saat terjadi beberapa kondisi, kepanikan akan melanda Moms.

Salah satu hal yang perlu diketahui dalam kahamilan ialah perdarahan. Banyak Moms yang menyangka bahwa perdarahan saat hamil terjadi ada masalah seperti keguguran. Tahukah Moms bahwa perdarahan sebenarnya normal terjadi?

Ketika perdarahan saat hamil terjadi Moms jangan khawatir melainkan langsung bisa mengecek ke dokter kandungan Moms karena sebenarnya ini tidak berbahaya untuk Moms dan janin.

“Sebagian besar bercak darah aman,” kata Alyssa Stephensom-Famy,M.D., spesialis kedokteran Ibu dan Janin di Uniersitas Wasington di Seattle.

Baca Juga: 5 Dampak Polusi Bagi Ibu Hamil, Sangat Berbahaya!

Penyebab Perdarahan Saat Hamil

pendarahan yang normal terjadi di awal kehamilan 01

Agar Moms mengetahui lebih banyak hal, berikut merupakan penyebab perdarahan yang terjadi di awal kehamilan. Sebab, 25 sampai 40 persen ibu hamil akan tetap mengalami perdarahan seperti waktu menstruasi sebelum kehamilan.

Perdarahan implantasi biasanya ini terjadi saat minggu ke 4 dalam kehamilan. Hal ini juga tak perlu dikhawatirkan.

Hubungan seksual juga bisa menyebabkan hal ini. Kalau Moms dan pasangan tetap melakukan hubungan seks saat hamil khususnya saat trimester kedua dan ketiga lalu terjadi perdarahan maka jangan panik.

Hal itu terjadi karena saat itu terjadi pembengkakan serviks. Infeksi perdarahan serviks juga biasanya karena infeksi. Saat ini bisa Moms lakukan pencegahan dengan pengobatan meski bukan begitu hal yang ditakutkan.

Hal di atas bisa menjadi patokan mengapa keluar darah saat hamil sedang melanda. Jika Moms mengalami hal tersebut jangan panik dan jika Moms bingung boleh langsung menuju dokter kandungan untuk berkonsultasi.

Baca Juga: Flek Saat Hamil, Ini Bedanya yang Normal dan Berbahaya

Perdarahan Saat Hamil Berbahaya, Jika...

pendarahan yang normal terjadi di awal kehamilan cover

Dengan membaca beberapa hal di atas tentang apa yang membuat perdarahan bisa keluar saat hamil bukan berarti hal ini berbahaya untuk Moms.

Ada beberapa hal juga yang berbahaya buat Moms dan bayi jika Moms mengalami perdarahan. berikut beberapa hal yang bisa menjadi konsentrasi dan waspada.

1. Perdarahan subkorionik biasanya terjadi di sekitar plasenta. Hal ini bisa membuat Moms tetap melahirkan dengan baik, tetapi dengan penanganan yang baik dari dokter. Kondisi ini nyatanya dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

2. Kehamilan kimia. Hal ini terjadi disebabkan karena kegagalan pada saat sel telur sedang dibuahi dan tidak pada posisi rahim.

3. Keguguran. Tentunya ketika Moms mengalami perdarahan bisa langsung cek ke dokter karena kemungkinan terjadi keguguran. Hal ini biasanya disertai oleh kram perut dan sakit yang terus menerus.

4. Kehamilan ektopik. Kondisi ini terjadi ketika Moms hamil di luar rahim. Biasanya terjadi di daerah saluran tuba. Hal ini tidak normal terjadi dan bahaya bagi Moms dan bayi.

5. Kehamilan mola. Masalah ini ditandai dengan pertumbuhan yang tidak baik pada plasenta.

Apakah Moms pernah mengalami perdarahan saat hamil? Bila hal itu terjadi, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(GSA)

Artikel Terkait