BALITA DAN ANAK
18 Oktober 2019

Perjalanan Lebih Menyenangkan, Ini 4 Tips Traveling Bareng Anak Ala Traveler Moms

Pahami apa kebutuhan anak yang kira-kira diperlukan saat traveling
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak ada yang lebih dinantikan dari momen-momen traveling bersama keluarga. Moms akan bersiap-siap mengukir kenangan indah dengan suami dan Si Kecil.

Namun, jika berbicara dari sudut pandang yang realistis, bepergian dengan anak-anak bisa menjadi hal yang cukup merepotkan dan dapat memakan waktu.

Misalnya, anak yang rewel ketika di dalam pesawat atau kereta, atau bingung dalam menentukan barang-barang apa saja yang perlu dibawa.

Lalu, bagaimana sebaiknya dalam mengatasi masalah saat traveling dengan anak?

Baca Juga: 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

1. Ketahui dan Pahami Apa Saja Kebutuhan Anak

traveling bareng anak-2.jpg

Karenanya, traveling dengan anak adalah sebuah tantangan tersendiri, termasuk bagi influencer dan traveler Annisa Malati.

"Tantangan traveling dengan anak itu biasanya barang bawaan jadi lebih banyak. Aku terbiasa selalu jaga-jaga karena takut terjadi sesuatu, jadi bawa barang-barang yang sekiranya diperlukan," jelasnya.

Bagi Annisa, dalam menangani problema anak saat traveling, penting untuk memahami kebutuhan anak tersebut.

"Karena yang tahu tentang kebutuhan anak 'kan kita sendiri. Jadi, seharusnya Ibu lebih paham tentang apa saja yang kemungkinan dihadapi saat traveling bareng anak," ungkap Annisa.

2. Cari Lokasi Travel yang Family-Friendly

traveling bareng anak-1.jpg

Lebih lanjut, saat traveling dengan anak, penting untuk memilih lokasi yang ramah keluarga.

"Biasanya, aku suka searching lokas-lokasi yang family-friendly, hal ini akan sangat memudahkan untuk mengajak anak traveling," katanya.

Baca Juga: 4 Pilihan Wisata Edukasi Bersama Anak Untuk Liburan Tahun Baru

3. Bawa Jaket dan Obat-obatan

traveling bareng anak-4.jpg

Selain itu, tips traveling bareng anak yang tidak kalah penting adalah membawa jaket serta obat-obatan untuk anak. Terutama bila Si Kecil punya penyakit jenis tertentu.

"Barang-barang yang harus dibawa itu baju ganti sudah pasti. Jaket, kemanapun aku bawa, baik itu ke pantai atau gunung, untuk berjaga-jaga," terang Annisa.

Selain itu, Annisa juga tidak lupa membawa obat-obatan secukupnya.

"Bawa obat-obatan yang kemungkinan penyakit anak akan muncul jika anak kelelahan atau letih. Seperti obat panas, batuk dan flu, juga bawa termometer," jelasnya.

Baca Juga: Tak Harus Mahal Kok, Ini 6 Tips Hemat Traveling Bersama Anak-Anak

4. Menikmati Momen Traveling dengan Anak

traveling bareng anak-3.jpg

Terlepas dari masalah yang akan dihadapi saat traveling dengan anak, jangan lupa bahwa Moms perlu menikmati liburan keluarga dan bersantai.

Bagi Annisa, kegiatan traveling bareng keluarga ini akan meningkatkan bonding dan kasih sayang antara anggota keluarga.

"Pastinya quality time bareng keluarga makin terasa, makin meningkatkan rasa sayang sesama keluarga, baik itu ibu ke anak, anak ke ibu, suami ke istri, anak ke ayah," tutup Annisa.

Itu dia Moms, beberapa tips traveling bareng keluarga yaang dapat menjadikan perjalanan lebih menyenangkan. Selamat liburan!

Artikel Terkait