3-12 BULAN
10 Agustus 2020

Perkembangan Bayi 14 Bulan, Perhatikan Hal-hal Ini Moms

Moms, berikut ini perkembangan bayi 14 bulan yang bisa diketahui.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, sesudah memasuki usia 1 tahun, akan semakin banyak perkembangan yang ditunjukkan oleh Si Kecil.

Pada masa-masa ini, bayi membutuhkan perhatian yang lebih intens. Sebab, bayi sudah mulai mampu berjalan dan akan mengeksplor hal-hal di sekitarnya.

Perkembangan anak juga terjadi dalam segi motorik, bahasa, komunikasi, kognitif, dan sosialnya.

Sebagian besar bayi yang sudah berusia 14 bulan dapat berdiri sendiri dan mengambil beberapa langkah tanpa bantuan.

Ada juga yang sudah bisa berjalan dengan baik. Umumnya, berat badan bayi 14 bulan adalah 11 kilogram dan tinggi badan 78 sentimeter. Lantas, apa saja yang menjadi perkembangan bayi 14 bulan? Ini ulasannya.

Baca Juga: Flat Feet Pada Bayi, Benarkah Sebabkan Bayi Terlambat Berjalan?

Perkembangan Bayi 14 Bulan

Perkembangan Bayi 14 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Perkembangan bayi 14 bulan yang paling terlihat adalah kemampuannya untuk berdiri sendiri dan bahkan berjalan tanpa bantuan orang lain.

Namun, kadang ia akan merangkak lalu berdiri kembali. Selain itu, bayi akan menggunakan gerakan dan menunjuk untuk memberitahu apa yang ia inginkan.

Dilansir dari laman Baby Centre, meskipun bayi 14 bulan sudah bisa mulai berjalan, sebaiknya hindari memberikannya sepatu.

Ternyata, barefoot atau bertelanjang kaki membantu bayi untuk menciptakan kekuatan neuromuskuler serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasinya. Hanya saja, Moms perlu mengawasi agar ia selalu berada pada tempat yang aman.

“Bayi yang bertelanjang kaki menciptakan fokus dan kesadaran berjalan serta bergerak melalui ruang. Hal ini juga membuat bayi lebih terbiasa dengan lingkungannya,” ungkap Dr. Kacie Flegal, chiropractor vitalistik dan anggota dari International Chiropractic Pediatrics Association (ICPA).

Tentunya, hal ini juga dibarengi dengan perkembangan motorik yang semakin baik dalam koordinasi mata dan tangannya.

Bayi 14 bulan akan banyak mengeksplor hal-hal di sekitarnya. Jadi, jangan heran ya, Moms kalau tiba-tiba ia mungkin akan menaiki tangga atau bahkan perabotan saat Moms sedikit lengah.

Tipsnya, tetap awasi bayi dengan seksama. Ketika ia terlalu banyak merangkak, Moms bisa memberikan semangat dan mengajak dia untuk berdiri.

Maka, bayi biasanya akan menekukkan lengannya untuk belajar berdiri sendiri. Hal ini akan membantu keseimbangannya agar ia tidak mudah terjatuh.

Ketika ia sudah mampu berjalan beberapa langkah, berikan apresiasi dengan tepuk tangan atau raut wajah yang bangga.

Hal ini akan membuat bayi merasa dihargai dan semakin semangat untuk melangkah.

Namun, Moms tidak perlu khawatir apabila bayi belum berjalan dengan lancar sampai berusia 17 hingga 18 bulan.

Hanya saja, perhatikan kakinya agar tumbuh kuat dan mampu menahan berat badannya.

Jika setelah 18 bulan Si Kecil masih tidak mampu berjalan normal, maka Moms bisa memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Baca Juga: Simak 6 Ide Permainan Untuk Membuat Bayi Tertawa Ini, Yuk

Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Bayi 14 Bulan

perkembangan bayi 14 bulan secara bahasa.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari studi yang diulas oleh University of Washington, perkembangan bayi berusia 14 bulan dalam aspek komunikasi adalah mampu mengucapkan satu hingga beberapa kata dengan jelas.

Si Kecil juga akan menunjukkan objeknya yang menarik perhatiannya. Dia tahu apa yang diinginkannya dan akan menunjukkannya pada Moms.

Misalnya, Si Kecil menunjukkan boneka teddy bear favoritnya yang artinya ia meminta mainan tersebut.

Pada masa-masa ini, bayi sedang menegaskan kemandiriannya. Moms dan Dads bisa membantunya dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa dengan terus mengajaknya berbicara.

Coba ajak Si Kecil untuk memahami apa yang terjadi di sekitarnya serta menanggapi apa yang ia katakan.

Moms bisa bicara padanya dengan perlahan dan jelas, atau menggunakan kata-kata sederhana dan kalimat pendek.

“Cara mengajak bayi lancar berbicara dengan jelas dengan tetap selangkah lebih maju. Artinya, hindari menggunakan bahasa bayi ketika mengajaknya berbicara. Orang tua harus menggunakan kata-kata yang tepat dan jelas,” ungkap Dr. Stuart Teplin, dokter anak dari Greensboro, North Carolina.

Dilansir dari Canadian Pediatric Society, bayi berusia 14 bulan juga akan merespon ketika dipanggil namanya.

Ia juga akan menurut ketika mendengar kata “tidak”. Ia juga akan mengucapkan setidaknya beberapa kata dengan makna.

Untuk itu, tetap ajak bayi untuk berbicara dan mengenal lebih banyak kata, ya, Moms.

Baca Juga: 3 Kekhawatiran Saat Bayi Baru Bisa Berjalan

Kualitas Tidur Bayi 14 Bulan

kualitas tidur dalam perkembangan bayi 14 bulan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kualitas tidur Si Kecil sudah semakin matang di usianya ke 14 bulan. Biasanya mereka akan tetap tidur dalam jumlah waktu sekitar 14 jam sehari, yang dibagi menjadi tidur siang dan tidur malam.

Bayi 14 bulan biasanya akan tidur siang sebanyak 2 kali per hari, namun bayi mungkin mulai menunjukkan tanda-tanda tidur siang sekali sehari saja.

Sehingga, totalnya 1,5-2 jam untuk tidur siang dan selama 11-12 jam tidur malam.

Namun, Moms harus tahu tanda-tanda Si Kecil mungkin belum siap untuk transisi menjadi satu kali tidur siang.

Di antaranya seperti tidur siang kurang dari 1,5 jam, sering terbangun di malam hari, dan resistensi sebelum tidur yang belum berjalan dengan baik.

Dalam perkembangan bayi 14 bulan, ia masih memiliki periode tidur yang lebih ringan sehingga mereka cenderung untuk bergerak, tapi lebih sering terjadi menjelang akhir malam.

Namun, terpenting bagi orang tua untuk tetap memastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya. Sebab, kualitas tidur juga memegang peranan penting dalam tumbuh kembangnya.

"Faktanya, tidur memengaruhi setiap aspek perkembangan bayi, mulai dari pertumbuhan fisik hingga perkembangan emosi," kata Lisa Meltzer, Ph.D., spesialis tidur dan profesor pediatri di National Jewish Health di Denver, CO.

Selain itu, disebutkan kalau bayi yang memiliki kualitas tidur lebih banyak memiliki kenaikan berat badan, panjang, dan lingkar kepala yang lebih baik.

Tidur membantu proses otak bayi dan mengatur kembali informasi yang dipelajari di siang hari, mengembangkan keterampilan sosial yang lebih kuat, dan memiliki interaksi ibu/anak yang lebih baik.

Jadi, Moms harus memerhatikan kualitas tidur Si Kecil setiap hari, ya.

Baca Juga: Bayi Tidur Siang dalam Waktu Lama, Wajarkah?

Stimulasi Perkembangan Bayi 14 Bulan

tingkatkan perkembangan bayi 14 bulan dengan bermain.jpg

Foto: Orami Photo Stock

1. Mengajaknya Jalan

Fokus stimulasi dalam perkembangan bayi 14 bulan melingkupi cara mengajaknya untuk lebih banyak belajar berjalan dan berbicara.

Sebab, sebagian besar bayi yang sudah berusia 14 bulan dapat berdiri sendiri dan mengambil beberapa langkah tanpa bantuan.

Usaha untuk mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, Moms bisa mengajak bayi untuk belajar berjalan di atas rerumputan, permukaan tanah, atau daun-daunan yang basah.

Biarkan bayi tetap bertelanjang kaki dan tidak memakai sepatu. Namun, pastikan bayi terhindar dari permukaan yang tajam atau berbahaya.

Selama mengajaknya belajar berjalan, Moms bisa menjelaskan tentang lingkungan, misalkan mengenalkan ia tentang rumput, tanaman, daun-daunan.

Lalu, ajak Si Kecil untuk merasakan betapa menyenangkannya menginjak-injak rumput dengan kaki telanjang.

Nah, kebiasaan sederhana ini mampu mengenalkan Si Kecil dengan berbagai lingkungan yang berbeda-beda. Lakukan kegiatan ini setiap hari.

Hasilnya, kegiatan ini mampu mengembangkan pusat otak yang lebih tinggi yang bertanggung jawab untuk pengendalian emosi, pemecahan masalah, bahasa, keterampilan sosial, dan kepercayaan diri.

2. Melatihnya Lebih Mandiri

Stimulasi yang tepat untuk perkembangan motorik halus bayi 14 bulan, Moms bisa mendorongnya untuk mampu menggunakan sendok sendiri, minum memakai gelas, atau melepaskan topi.

Dilansir dari laman Raising Children, keterampilan ini melibatkan gerakan otot kecil dan besar, serta melatih kemampuan anak untuk berpikir tentang apa yang ia lakukan.

3. Ajak Mengenal Variasi Kata

Cara melatih bayi 14 bulan untuk mengenal lebih banyak kata dengan mengajaknya mengucapkan bagian-bagian tubuh, mainan, dan barang-barang rumah tangga seperti sendok dan kursi.

Hal ini melatih untuk Si Kecil mudah mengenal dan mengucapkan lebih banyak kata.

4. Bermain Tanpa Gadget

Bermain juga masih menjadi stimulasi yang penting untuk bayi 14 bulan.

Moms bisa meluangkan waktu untuk bermain di dalam maupun di luar ruangan. Namun, sebaiknya hindari permainan menggunakan gadget sebelum usianya 2 tahun, ya, Moms.

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan anak banyak pelukan dan ciuman. Hal ini menjadi perhatian positif untuk perkembangan emosi anak.

Baca Juga: 5 Cara Ini Pastikan Bayi Aman Saat Belajar Berjalan

Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi 14 Bulan

makanan untuk perkembangan bayi 14 bulan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

1. Cukupi Asupan Gizinya

Bayi 14 bulan masih memiliki perut yang kecil sehingga ia tidak mampu makan dalam jumlah yang besar.

Namun, Moms perlu mengatur waktu makan tiga kali sehari yang mencakup semua kelompok makanan utama ditambah dengan makanan ringan dan susu.

Cukupkan kebutuhan karbohidrat dan protein melalui daging, ikan, dan biji-bijian untuk menambah berat badannya.

Pola makan sederhana ini dapat diterapkan untuk menjaga tubuh anak tetap sehat, tidak kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan.

Secara alami, anak-anak akan berhenti makan ketika sudah kenyang. Jadi, Moms harus memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi setiap hari tercukupi dengan baik, ya.

2. Biasakan Makan Bersama

Dilansir dari Baby Centre, dalam perkembangan bayi 14 bulan, coba ajarkan untuk memiliki kebiasaan makan yang baik.

Contohnya dengan makan bersama dengan anggota keluarga lainnya. Hal ini membantu ia untuk lebih semangat makan.

Saat makan bersama, Moms juga bisa mengenalkan varian makanan yang baru dan menunjukkan rasanya yang nikmat.

Sebab, bayi akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Maka, hal ini juga menumbuhkan minatnya mencoba makanan yang baru.

Selain itu, menurut studi Family Dinner Project dari Harvard University mengungkapkan, anak-anak yang secara teratur makanan bersama dengan keluarganya memiliki manfaat kesehatan secara signifikan.

Anak akan lebih banyak makanan bernutrisi, tingkat obesitas yang jauh lebih rendah, dan menghindari gangguan makan.

Mereka juga mempunyai harga diri yang lebih tinggi dan pandangan positif terhadap diri sendiri.

Anak-anak juga terhindar dari perilaku sekolah dan risiko depresi.

Hal ini menunjukkan banyaknya manfaat dari makan bersama keluarga. Nah, Moms bisa mengajarkannya sejak dini.

3. Berikan Produk Susu

Apabila Si Kecil tidak makan banyak, atau bahkan apa pun, dalam satu kali makan, ada cara lain untuk membuatnya tetap tercukupi nutrisinya.

Beri dia produk susu penuh lemak seperti susu murni, yoghurt, dan keju. Ini memberinya energi dan vitamin untuk pertumbuhan.

4. Tambahkan Camilan dan Suplemen

Tawarkan camilan sehat di antara waktu makan untuk membuat tubuhnya tetap sehat.

Nah, cara untuk mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkannya, Moms bisa memberikan suplemen yang mengandung vitamin A, C, dan D.

Jika Moms tidak merasa yakin harus memberikan suplemen yang mana, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter anak, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Bayi di Bawah 1 Tahun, Yuk Kenalkan!

Itulah beberapa perkembangan bayi 14 bulan yang penting untuk diketahui. Setiap perkembangan anak akan menjadi pengalaman yang menakjubkan bagi orang tuanya.

Jadi, nikmati setiap prosesnya dan berikan stimulasi dan nutrisi yang tepat agar pertumbuhannya optimal.

Artikel Terkait