NEWBORN
13 September 2019

Ketahui Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan dan Tidak Dibutuhkan

Banyaknya produk bayi membuat Moms dan Dads kesulitan mengetahui mana yang dibutuhkan dan tidak
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Saat belanja perlengkapan bayi baru lahir, Moms dan Dads pasti akan sedikit banyak larut dalam lautan segala keperluan Si Kecil.

Bahkan, tak jarang membeli di luar dari daftar yang sudah disusun sedemikian rupa. Perlu diingat yang senang adalah si pemilik toko karena mereka ingin Moms dan Dads membeli semua yang mereka punya.

Seorang dokter anak di Sherbrooke, Que, Claude Cyr, mengungkapkan walaupun orangtua kini tidak hidup di zaman batu, ada saja yang membuang-buang uang dengan alasan sangat menyenangkan untuk dimiliki.

"Barang-barang yang dibeli pun terkadang hanya dekoratif dan tidak terlalu berguna bahkan produk yang dibeli tidak aman untuk bayi," ujarnya.

Baca Juga: Tak Perlu Gengsi, Ini 4 Keuntungan Menyewa Perlengkapan Bayi

Ada baiknya, Moms dan Dads membaca artikel ini sebelum berbelanja sehingga bisa menghindari mendapatkannya serta tidak perlu membeli barang ini:

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tidak Diperlukan

1. Booties dan Sepatu

Sepatu Bayi

Si Kecil yang baru lahir tidak dapat banyak bergerak, apalagi berjalan di mana saja, jadi sepatu tidak diperlukan. Meskipun mereka menggemaskan, tendangan kecil bisa membuat sepatu mudah terlepas dari kaki bayi.

Jika, Moms dan Dads mengkhawatirkan Si Kecil kedinginan, pilih beberapa sepatu boots yang terkunci sehingga tidak mudah terlepas dan hilang tanpa diketahui jejaknya.

2. Bumper Box

Bumper Boks

Siapa yang tidak ingin melindungi Si Kecil dari menabrak dinding keras serta dingin? Tapi tahukah Moms dan Dads, kalau bumper yang empuk telah membuktikan mereka sebagai ancaman mati lemas.

Bahkan, American Academy of Pediatrics menyarankan agar tidak menggunakan semua bumper untuk menghindari ancaman kematian pada bayi yang baru lahir. Jadi, ada baiknya Moms dan Dads memikirkan ulang pembelian bumper box.

3. Pakaian Ukuran Newborn

Pakaian ukuran newborn

Moms dan Dads sangat mudah untuk tergoda oleh pakaian seukuran Si Kecil yang baru lahir. Pakaian itu sangat kecil dan tentunya imut. Tapi, pakaian ini hanya muat sesaat saja.

Sangat besar kemungkinan ia tumbuh lebih besar bahkan sebelum dilahirkan. Untuk membeli pakaian, Moms dan Dads disarankan untuk membeli pakaian dengan ukuran 0-3 bulan.

Baca Juga: Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Si Kecil Dirawat di RS

4. Meja Ganti Popok

meja ganti.jpg

Satu hal yang hebat tentang Si Kecil adalah mereka tidak terikat pada satu ruangan saja ketika mengganti popok.

Moms dan Dads tanpa disadari dapat mengganti popok Si Kecil di tempat tidur, sofa, bahkan lantai. Sehingga, meja ganti popok adalah perlengkapan bayi baru lahir yang sebenarnya tidak diperlukan.

5. Selimut Bayi

Selimut bayi

Moms dan Dads tidak perlu repot-repot membeli selimut untuk Si Kecil. Baik tetangga, kerabat, teman dan kolega akan menghujani Si Kecil dengan selimut yang nyaman.

Kecuali ada selimut khusus yang Moms dan Dads inginkan. Percayalah banyak kado menanti untuk buah hati!

6. Terlalu Banyak Hal Dibeli

Bayi menangis

Si Kecil merupakan makhluk yang rewel dan tidak ada duanya. Bahkan bila ia memiliki kakak, belum tentu kepekaan terhadap krim popok, lotion, sabun, dan lainnya pun sama.

Kejadiannya pun terjadi setelah Moms dan Dads membeli hingga berstok-stok. Jadi, bersiaplah untuk trial and error untuk apa yang disukai Si Kecil dan apa yang bekerja untuknya.

Ada baikya membeli dalam ukuran kecil atau sampel sebelum mencoba membeli secara borongan.

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Saat Liburan ke Pantai

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan

Sementara itu, inilah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dimasukkan ke daftar belanjaan Moms dan Dads:

1.. Popok dan Tas Popok

4 Cara Membuat Acara Mengganti Popok Bayi Lebih Menyenangkan -3.jpg

Si Kecil menggunakan kain atau popok sekali pakai? Tenang, tidak ada jawaban yang benar.

"Setiap keluarga harus memutuskan mana yang terbaik bagi mereka," kata Allison Coleman, pendiri Austin Baby Guru.

Pada saat Si Kecil berusia satu minggu, ia akan memiliki setidaknya empat popok dan enam popok basah setiap hari.

Moms dan Dads pun membututhkan tempat dengan tutup yang pas dan tas popok untuk memasukkan krim popok, tisu bayi, pakaian bayi, krim bayi,

"Selama musim panas, sertakan topi karena Anda tidak bisa mengenakan tabir surya pada bayi baru lahir," tambah James Mandelik, MD, seorang dokter anak di Cleveland Clinic Children's.

2. Perlengkapan Mandi

bak mandi bayi.jpg

Moms dan Dads harus menunda memandikan bayi baru lahir sampai tali pusatnya terlepas dan area tersebut sembuh. Itu bisa memakan waktu satu atau dua minggu.

Sampai saat itu, bersihkan area popoknya dengan baik dan tempelkan pada spons. Yang diperlukan adalah bak plastik tidak perlu ukuran newborn, kain lap, handuk dengan tudung kepala, sampo bayi, dan sabun bayi.

3. Tempat Penyimpanan Obat

gejala dan pengobatan tbc pada anak 3.jpg

Jika Si Kecil sakit atau terluka, Moms dan Dads harus mempersiapkan pertolongan pertama seperti thermometer.

"Pilih thermometer yang digital hindari thermometer telinga atau dahi yang tidak akurat pada bayi di bawah 12 bulan," kata Danelle Fisher, MD, ketua pediatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John.

Selanjutnya, cool mist humidifier berguna menambah kelembapan ke udara dan membantu membersihkan hidung yang kecil dan pengap.

Krim popok, krim antibakteri, gunting kuku keselamatan, perban kecil dan obat demam (bayi di bawah enam bulan tidak boleh meminum obat bebas.

Ini termasuk ibuprofen dan obat flu serta batuk. Bila Si Kecil yang baru lahir demam atau sakit hubungi dokter anak).

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa Ketika Melakukan Perjalanan Darat

4. Perlengkapan Menyusui

Ketahui Efek Samping dari Penggunaan Botol Susu pada Gigi Anak-1.jpg

Sebelum Si Kecil lahir, putuskan apakah Moms akan menyusui atau menggunakan susu formula.

"Ibu menyusui perlu membangun sistem pendukung yang berperan penting dalam hal memberi susu," ujar dokter anak, Renee A. Alli, MD.

Saat menyusui, Moms membutuhkan kain bersendawa, bantal menyusui, pompa payudara, tas penyimpanan susu, botol yang bebas BPA, sterilisasi botol atau bisa dengan merebus air di panci dan bila ingin memberikan susu formula, baik Moms dan Dads harus berbicara dengan dokter tentang merk untuk dicoba.

5. Pakaian Bayi

adorable-asleep-baby-2111997.jpg

Tidak perlu membeli terlalu banyak pakaian Si Kecil, karena ia akan tumbuh lebih cepat dari yang Moms dan Dads kira. Kemudian, berapa baju yang diperlukan?

  • Enam hingga delapan onesies, campuran pendek dan lengan panjang
  • Enam baju tidur
  • Tiga hingga empat selimut tebal
  • Satu atau dua selimut ringan

Perlu diingat bahwa bayi tidak perlu mahal. "Buatlah si bayi bahagia dan nyaman tapi tentunya sehat tanpa merusak rekening bank," ujar Renee.

Nah, itu dia perlengkapan bayi baru lahir yang Moms perlukan dan tidak perlukan. Jangan sampai salah membeli ya!

(WAR/ERW)

Artikel Terkait