KESEHATAN
4 September 2019

Perlu Dicoba, 7 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Sakit akibat gigi berlubang sangat menganggu aktivitas. Namun, bisa diatasi dengan beberapa bahan alami. Ayo disimak!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sakit gigi lebih berbahaya dari sakit hati. Rasanya menyiksa dan berkepanjangan. Bikin kita kehilangan nafsu makan, dan pandangan berkunang-kunang.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam. Salah satunya sakit karena gigi berlubang. Untuk yang satu ini, kerap membuat kita memegang pipi dengan tangan. Bukan karena takut hilang, melainkan rasa nyerinya tajam karena sudah menyerang syaraf gigi.

Jika Moms termasuk orang yang sering mengalami sakit gigi berlubang, ada beberapa obat alami yang bisa dipilih untuk meredakan sakit gigi yang menyerang!

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

1. Garam

Garam untuk Sakit Gigi berlubang

Foto: shutterstock.com

Saat sakit gigi berlubang terasa menyakitkan, Moms bisa mencoba untuk meredakannya dengan larutan air garam.

“Cukup tambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air. Perbandingan ini akan menghasilkan larutan dengan kandungan garam 0,9% sampai dengan 1,8%. Ini sesuai dengan komposisi air yang ada dalam tubuh. Dengan begitu, sakit gigi akibat gusi bengkak bisa sedikit mereda,” ungkap tim peneliti Alphasciencelab Canada, seperti dikutip dari Huffington Post.

Baca Juga: Masih Alami Sakit Padahal Gigi Sudah Dicabut? Jangan-Jangan Anda Alami Kondisi Ini

2. Bawang Merah

Bawang merah mengandung anti-mikrobial dan anti-septik yang efektif mengendalikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Buat yang terbiasa makan bawang merah, langsung kunyah saja di bagian gigi yang sakit. Namun, buat yang tidak terbiasa, haluskan bawang merah dan tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

“Menurut percobaan, bawang memusnahkan empat jenis bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Meski makan bawang kadang membuat kita memiliki killer breath, namun khasiatnya luar biasa,” ungkap drg Ron Smith, presiden Asosiasi Gigi Kanada seperti dilansir besthealthmag.ca.

Tentu saja, setelah makan bawang mentah Anda mungkin berakhir dengan napas pembunuh! Untuk itu, jangan lupa bersikat gigi.

3. Bawang Putih

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - bawang putih.jpg

Foto: pixabay.com

Mengandung anti-septik alami, bawang putih dipercaya dapat mengobati sakit gigi berlubang. Bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Cara pakainya kurang lebih sama dengan bawang merah.

Baca Juga: Gigi Berlubang Tapi Tidak Sakit saat Hamil, Apa Sebabnya?

4. Es Batu

Es batu untuk Sakit Gigi berlubang

Foto: shutterstock.com

Mengurangi sakit gigi berlubang bisa menggunakan es batu. Suhu dingin yang dihasilkan es batu efektif mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyeri. Moms cukup kompres bagian gigi yang sakit sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

5. Minyak Cengkeh

Sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang oleh masyarakat tradisional. Kandungan eugenolnya berfungsi sebagai anestesi alami yang dapat menghilangkan sakit. Cara pakainya sederhana, gunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh. Kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

6. Cuka Apel

Cuka Apel untuk Gigi Berlubang

Foto: health.com

Cuka apel adalah obat alami untuk sakit gigi berlubang. Kandungan antimikrobal dan antibakteriannya dapat mengurangi rasa sakit. Cukup larutkan 1 sdm cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan untuk berkumur.

Cara lain, bisa dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

7. Daun Jambu Biji

Memiliki kandungan analgesik, anti radang dan anti mikroba, daun jambu biji mampu menghentikan rasa sakit gigi berlubang. Caranya, tumbuk daun jambu biji secukupnya. Tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin, gunakan sebagai obat kumur.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait