KESEHATAN
30 September 2019

Perlu Dicoba, Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Dengan es batu, kunyit, dan jeruk nipis hanya butuh waktu sehari untuk menghilangkan bekas jerawat ringan di wajah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Jerawat tidak hanya membawa masalah saat muncul di wajah. Setelah menghilang pun, bopeng atau jaringan parut yang ditimbulkannya tetap menyisakan masalah karena wajah jadi tidak mulus.

Selain meninggalkan bekas berupa noda, jerawat sering kali menyebabkan bekas berupa bopeng. Bopeng di wajah banyak ragamnya dan tidak melulu disebabkan jerawat, seperti misalnya akibat:

  • Luka terkena benda tajam atau tumpul yang cukup dalam.
  • Serangan cacar.
  • Bisul yang berkepanjangan.
  • Gatal akibat bakteri atau pemakaian kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cepat?

Banyak yang memilih untuk langsung ke klinik kecantikan demi mendapatkan perawatan berteknologi canggih. Bopeng bekas jerawat memang bisa dihilangkan dengan cepat di klinik, tetapi biayanya jelas tidak sedikit.

Buat yang masih berpikir soal biaya, ternyata ada kok metode penghilang bekas jerawat yang cepat dan murah. Simak caranya!

Baca Juga: Cara Membersihkan Muka Untuk Kulit Berjerawat

1. Kunyit dan Es Batu

9 yuk menjaga kecantikan kulit wajah dengan ragam manfaat es batu4

Jika Moms memiliki jerawat membandel yang meradang, biasanya pada kulit yang bermasalah itu akan timbul lubang luka yang nantinya membekas sebagai bopeng. Nah, fungsi kunyit dan es batu adalah menghentikan peradangannya, sehingga luka pada kulit bisa dicegah.

Caranya tidak sulit. Untuk kasus ini, sebelum mengompreskan es batu ke wajah, lumuri kulit yang berjerawat dengan air perasan kunyit seperti memakai masker. Kunyit kaya akan vitamin C dan mengandung zat anti peradangan.

Diamkan dahulu selama 10 menit. Vitamin C dari kunyit memiliki khasiat mencerahkan warna kulit yang bernoda. Warna kulit jadi lebih rata. Bekas-bekas jerawat bisa sekaligus dihilangkan. Setelah itu, basuh wajah dengan air bersih dan kompreskan es batu dalam kain ke wajah hingga terasa nyaman.

Baca Juga: Pelajari Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya!

2. Jeruk Nipis

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

Adakalanya, kosmetik yang Moms pakai tidak cocok dan menimbulkan jerawat. Pemakaian yang terus-menerus bisa merusak jaringan kulit dan menyebabkan timbulnya cekungan yang teriritasi. Iritasi, meskipun telah sembuh bekasnya cenderung berwarna gelap.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan iritasi ini cukup mudah dan cepat. Oleskan air jeruk nipis ke sekitar bekas jerawat dan bopeng yang ada di wajah. Lalu diamkan hingga 30 menit.

Kemudian, kompres dengan es batu yang sudah dibungkus sapu tangan atau handuk tipis. Lakukan setiap hari, sebelum dan setelah bangun tidur. Wajah akan terasa lebih segar, dan warna kulit pun kembali merata.

3. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-Pori Besar pada Wajah

Bekas jerawat dan bopeng akan berkurang apabila pori-pori kulit mengecil. Untuk mengecilkan pori dan menghilangkan bekas jerawat dengan cepat gunakan air jeruk nipis yang dicampur stroberi.

Haluskan stroberi yang sudah masak. Lantas campurkan dengan air jeruk nipis. Oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit. Setelahnya, basuh wajah dengan batu es untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Perlu diingat, Moms! Meskipun terasa menyegarkan, jangan pernah meletakkan es batu terlalu lama pada wajah kita. Es batu yang terlalu lama ditempelkan pada wajah akan mengganggu aliran darah. Akibatnya, saraf-saraf halus dan pembuluh darah di sekitar wajah akan tertekan, terhenti sesaat dan tidak lancar akibat suhu dingin es batu yang terlalu ekstrem.

Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Artikel Terkait