KESEHATAN
10 Oktober 2019

Perlu Dicoba, Ini Dia 9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat!

Hasil maksimal dalam durasi waktu yang minimal? Apa mungkin?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Moms, masih bermasalah dengan berat badan berlebih? Ingin punya tubuh yang lebih ideal? Jangan khawatir, ada beberapa tips yang kami siapkan untuk dicoba di rumah.

Tapi, jangan lupa. Secepat-cepatnya berat badan turun, ada baiknya tidak terlalu ekstrim.

“Tips penurunan berat badan dengan cepat memang terdengar menggoda. Namun program diet ketat semacam ini bukanlah cara yang benar untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan,” ujar Dokter kedokteran integratif dan penulis laris, Andrew Weil.

Oke, mari kita lihat, seperti apa cara menurunkan berat badan dengan cepat?

Baca Juga: 6 Camilan Ini Bersahabat Baik dengan Berat Badan, Lho!

1. Lemon di Awal Hari

lime-lemon-orange-slices_1339-4600.jpg

Buah lemon mengandung potasium yang berguna untuk meningkatkan massa otot. Dengan demikian, lemak jenuh dalam tubuh akan lebih mudah terbakar.

Cara paling praktis mengonsumsi buah lemon adalah dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian lalu peras buah tersebut ke dalam air putih dingin. Simpel, dan tepat sasaran.

Baca Juga: Berat Badan Bayi Moms Normal? Yuk, Cek Di Sini

2. Olahraga

Olahraga-Hero.jpg

Ingin tubuh yang lebih seksi dan daya tahan yang lebih fit? Sekarang, ada banyak video tutorial di YouTube yang mengajarkan olahraga mudah. Sebaiknya lakukan olahraga bersama teman atau pasangan. Biar makin semangat!

3. Kurangi Karbohidrat

salad buah

Bukan lagi rahasia umum, sumber lemak jenuh yang paling utama adalah karbohidrat. So, mengurangi asupan karbohidrat akan memberikan perubahan yang signifikan pada berat badan!

“Ganti asupan karbohidrat dengan sayuran-sayuran bergizi tinggi sehingga energi tidak cepat habis. Bila masih merasa lapar, Anda bisa mengganti snack dengan mengonsumi jus buah atau camilan sehat di bawah 150 kalori,” jelas Dr Weil.

4. Konsumsi Pisang di Pagi Hari

Pisang

Bila kamu mengonsumsi pisang di pagi hari, Moms akan lebih mudah merasa kenyang dan metabolisme pencernaan tubuh juga menjadi lebih lancar.

5. Jangan Lupa Sarapan!

makanan untuk sarapan

Banyak orang yang salah dalam melakukan diet: bukannya mengganti menu makanan, mereka malah melewatkan sarapan pagi. Asal tahu, sarapan adalah santapan yang paling penting untuk menjalani hari.

“Bila Anda melewatkan sarapan, tubuhmu tidak mendapat energi...maka Anda akan merasa lebih lapar pada siang hari dan mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak,” ungkap Dr Weil.

6. Air Putih

05 Mitos dan Fakta Ibu Hamil Bisa Keracunan Air Putih.jpg

Minum air putih sangat esensial untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Wanita membutuhkan sekitar 2,2 liter air putih per hari untuk menjaga hidrasi tubuh, lho.

Bila Moms seringkali tidak menghabiskan satu botol air dalam jangka waktu 3 jam, urine Moms biasanya berwarna kuning, itu pertanda yang buruk! So, biasakan minum air putih sebanyak mungkin!

7. Kurangi Gula

Gula dan Manisan

Buat yang suka minum kopi dan teh, santai saja! Moms tidak perlu berhenti minum teh. Hanya saja, kurangi gulanya. Kalau bisa, hilangkan gula dari minuman kita. Ganti dengan madu, atau sama sekali tidak manis. Itu lebih baik.

8. Hindari Makan Malam

1 makan malam

Eits, bukannya tidak makan ya. Sebaiknya jangan makan di malam hari.Apapun yang Moms konsumsi setelah jam 7 malam konon katanya akan menjadi lemak bagi tubuh.

Apalagi kalau kita tidak banyak beraktivitas setelah makan. Jika tetap ingin makan, pastikan buah dan sayur menjadi pilihan.

9. Tidur yang Cukup

Mengapa Susah Tidur Saat Hamil, Ini Penjelasannya 01.jpg

Cukup istirahat sangatlah vital bagi kesehatan tubuh. Kalau waktu istirahat berkurang maka tubuh akan lebih cepat merasa lapar. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur lebih awal, biar kita tidak sering merasa lapar dan bisa cepat menurunkan berat badan.

Baca Juga: Apakah Diet Coke Bisa Menurunkan Berat Badan?

Artikel Terkait