RUPA-RUPA
22 Juli 2019

Pramugari Garuda Indonesia Berkebaya, Cari Tahu Dulu Sejarahnya

Mulai dari seragam biasa hingga kebaya semua sudah pernah dicoba
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pramugari untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah beberapa kali mengganti seragam yang dikenakan.

Transformasi seragam pramugari maskapai penerbangan Garuda Indonesia ini telah beberapa kali dilakukan, bahkan sejak tahun 1949 hingga tahun 2017 lalu, tercatat Garuda Indonesia sudah belasan kali mengganti seragamnya.

Diantaranya para pramugari ini pernah beberapa kali tampil dengan mengenakan pakaian tradisional Indonesia, kebaya. Baru-baru ini, para pramugari Garuda Indonesia terlihat mengenakan kebaya.

Apa yang melatarbelakangi hal ini? Yuk kita sama-sama cari tahu.

Baca Juga: Salut! Pramugari Ini Menyusui Bayi Penumpang yang Kelaparan di Pesawat

Pramugari Garuda Indonesia Mengenakan Kebaya

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Rabu, 3 Juli 2019, pramugari maskapai penerbangan Garuda Indonesia terlihat mengenakan seragam berupa kebaya yang diketahui merupakan desain dari perancang busana terkenal, Anne Avantie.

Hal ini diketahui dilakukan karena merupakan bagian dari program penerbangan khusus yang diberi nama ‘Kebaya Pertiwi’.

Dalam akun Instagram resmi Garuda Indonesia, terlihat para pramugari mengenakan setelan kebaya berwarna soft pink dengan selendang berwarna sama terikat pada masing-masing pinggang pramugari.

Untuk bawahannya, mereka mengenakan kain batik berwarna cokelat, lengkap dengan aksen bordiran di ujung kakinya. Cantik dan elegan sekali.

Para pramugari Garuda Indonesia mengenakan seragam ini pada penerbangan GA 238 dari Jakarta menuju ke Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Tergiur Harga Tiket Pesawat Terlalu Murah!

Hal ini dilakukan sebagai wujud dari komitmen Garuda Indonesia untuk membantu memelihara dan melestarikan kebaya sebagai contoh hidup dari warisan budaya nusantara dan karakteristik wanita Indonesia.

Mengutip dari Travel Guide by The Jakarta Post, Anne Avantie langsung berpartisipasi dalam program ini dengan menyambut para penumpang yang tiba di Semarang dan memberi mereka masing-masing selendang batik khusus.

"Kebaya Pertiwi ini dibuat khusus untuk Garuda Indonesia dengan harapan agar dapat terus membuat Indonesia bangga dalam skala global," kata Anne Avantie.

Program ini merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menawarkan nilai tambah kepada pelanggannya melalui kampanye "The New Flight Experience".

Sebelumnya sudah banyak inovasi yang dilakukan beberapa kali seperti konser musik akustik di pesawat yang dijuluki #GIAcoustic, menghidangkan berbagai ‘Signature Dishes’ Indonesia, merayakan Hari Kartini dengan ‘Penerbangan Laki-Laki’ yang sudah pasti dari awak dan penumpangnya adalah laki-laki.

Pernah juga dilakukan sebuah penerbangan yang mirip dengan perjalanan waktu khusus yang disebut dengan ‘Penerbangan Vintage’. Wah ternyata seru-seru sekali ya Moms jika kita melakukan perjalanan dengan Garuda Indonesia.

Artikel Terkait