TRIMESTER 2
15 Mei 2019

Prenatal Yoga, Apa Manfaatnya dan Teknik yang Dilakukan?

Jaga kesehatan tubuh ibu saat kehamilan dengan olahraga yang tepat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memasuki masa kehamilan, kita biasanya akan aktif mencari informasi mengenai kehamilan, apalagi untuk Moms yang sedang hamil anak pertama.

Selain itu, berbagai program kesehatan untuk kehamilan pun menjadi penting dan menarik untuk kita, salah satunya Prenatal Yoga.

Prenatal Yoga ini sangat berguna untuk ibu hamil karena dapat membantu ibu bergerak lebih luwes di masa kehamilannya. Di samping itu, juga dapat membantu ibu mempersiapkan energi menjelang persalinan nantinya. Agar lebih jelas, yuk kita cari tahu lebih lanjut.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Yuk Ikut Senam Yoga

Apa itu Prenatal Yoga?

WhatsApp Image 2019-05-01 at 12.14.49.jpeg

Prenatal yoga adalah bentuk olahraga yang bisa dilakukan para ibu hamil. Program yoga ini menekankan pada teknik dan intensitas yang sebelumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis dari ibu hamil dan calon bayinya.

Dalam sesi latihannya, prenatal yoga terbagi menjadi beberapa tahapan atau teknik yaitu, pemanasan, pernapasan, meditasi, dan relaksasi.

Meditasi di sini berguna sebagai media self help yang akan memberi kenyamanan, ketentraman, sekaligus memperkuat diri Moms saat menjalani kehamilan.

Dengan kata lain, prenatal yoga akan membantu mempersiapkan calon ibu secara fisik, mental, dan spiritual untuk menghadapi masa persalinan nantinya.

Selain itu, yoga ini juga bisa melatih otot seputar kaki, panggul dan otot rahim sehingga nantinya bisa memudahkan pada saat melahirkan.

Tidak ada patokan usia kandungan ibu hamil yang boleh melakukan prenatal yoga. Olahraga yoga ini bisa dilakukan sedini mungkin, tergantung dari kondisi ibu hamil.

Manfaat Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil

abdomen-active-activity-396133 (1).jpg

Prenatal yoga dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Bukan hanya manfaat untuk fisik Moms saja, tetapi juga memberikan manfaat mental dan spiritual untuk Moms. Apa saja manfaat yang diberikan? Berikut daftarnya!

1. Fisik

  • untuk membantu ibu meningkatkan energi dan stamina saat melahirkan
  • mengurangi keluhan fisik akibat kehamilan seperti sakit pinggang, sakit punggung, atau nyeri di selangkangan
  • membuat tubuh ibu bugar dan sehat

2. Mental

  • membantu mengurangi stress pada ibu hamil
  • meningkatkan kepercayaan diri ibu untuk melahirkan dengan lancar
  • membantu pikiran menjadi lebih tenang dan rileks

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

3. Spiritual

  • memperdalam ikatan batin antara ibu dan calon bayi
  • membantu ibu untuk berkomunikasi lebih sering dengan calon bayi

Itulah beragam manfaat yang akan ibu hamil dapatkan dari prenatal yoga. Tentunya semua sangat membantu ibu hingga proses kelahiran nantinya.

Elemen Penting Prenatal Yoga

active-adult-aerobics-1103254.jpg

Dengan rutin melakukan olahraga ini, ibu hamil akan merasakan banyaknya perubahan, mulai dari perubahan hormonal, bentuk tubuh, hingga berat tubuh ibu sendiri.

Meski terlihat mudah untuk dilakukan, nyatanya prenatal yoga lebih sulit dari kelihatannya.

Ada tiga elemen penting yang perlu ibu perhatikan saat melakukan prenatal yoga. Penasaran? Yuk baca lebih lanjut.

1. Pernapasan

Hal paling dasar yang dipelajari dalam prenatal yoga adalah melatih pernapasan. Mengapa? Karena bernapas merupakan kunci dari kesadaran. Napas juga merupakan simbol dari kehidupan.

Napas dalam prenatal yoga akan membantu pengasupan nutrisi dan oksigen untuk perkembangan janin, serta membantu ibu menjadi lebih rileks dan tenang.

2. Postur

Postur dan gerakan dalam prenatal yoga berfokus pada latihan otot dasar panggul, panggul, pinggul, paha, dan punggung. Sehingga keluhan yang ibu rasakan seperti sakit pinggang, sakit punggung, atau nyeri akibat kehamilan, bisa teratasi dengan prenatal yoga.

Baca Juga: 5 Do's & Don'ts Saat Melakukan Yoga Bersama Bayi

3. Meditasi dan Relaksasi

Dalam setiap sesi prenatal yoga, akan diakhiri dengan relaksasi selama 5-10 menit. Di saat ini, tubuh kita akan dibuat merasa rileks, tenang, dan damai setelah sesi yang membutuhkan banyak gerak sebelumnya.

Itulah berbagai manfaat yang akan ibu hamil dapatkan selama mengikuti prenatal yoga. Jika tertarik mencoba, Moms sudah bisa mendapatkan gambaran umum seperti apa dan apa yang akan dilakukan dalam kelas prenatal yoga.

Selamat mempersiapkan diri Moms!

Artikel Terkait