PROGRAM HAMIL
10 Juli 2020

Suami Tidak Subur, Pilihan Program Hamil Apa Yang Tepat?

Ini pilihannya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Wanita sering kali menjadi pihak yang dianggap tidak subur ketika ada pasangan suami istri yang tidak kunjung memiliki anak.

Padahal persepsi ini tidak sepenuhnya benar. Karena berdasarkan studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nursing, sekitar 30% kasus sulit hamil disebabkan karena suami tidak subur.

Lantas, apa saja pilihan promil jika suami tidak subur?

Masalah Kesuburan Pada Suami

Suami Tidak Subur, Pilihan Promil Apa Yang Tepat? 1

Foto: freepik.com

Infertilitas pada pria adalah suatu kondisi di mana saluran reproduksi pria dan sperma telah berkurang kapasitasnya untuk mengarah pada pembuahan sel telur, yang pada akhirnya untuk menghasilkan embrio,” jelas Melissa Esposito, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi di Shady Grove Fertility Center, Washington.

“Terkadang infertilitas pada pria dapat menjadi satu-satunya masalah bagi pasangan yang mencoba untuk hamil, tetapi gangguan kesuburan juga dapat disebabkan oleh kombinasi faktor wanita dan pria.”

Baca Juga: Makan Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Ini Kata Ahli!

Apa Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria?

Suami Tidak Subur, Pilihan Promil Apa Yang Tepat? 2

Foto: freepik.com

Berbagai penyebab dari ketidaksuburan pada pria, sebagaimana dikutip dari Mayo Clinic antara lain:

  • Produksi atau fungsi sperma yang abnormal karena testis tidak turun (undescended testicles), cacat genetik, masalah kesehatan seperti diabetes, atau infeksi seperti klamidia, gonore, gondok, atau HIV. Di mana pembesaran vena di testis juga dapat mempengaruhi kualitas sperma.
  • Gangguan distribusi sperma karena masalah seksual seperti ejakulasi dini, penyakit genetik tertentu seperti cystic fibrosis, masalah struktural seperti penyumbatan di testis, atau kerusakan maupun cedera pada organ reproduksi.
  • Paparan berlebihan terhadap faktor lingkungan tertentu seperti pestisida dan bahan kimia lainnya, atau radiasi. Termasuk pula sering terpapar panas sauna, gaya hidup yang buruk (merokok, konsumsi alkohol, ganja), serta konsumsi obat untuk infeksi bakteri, darah tinggi dan depresi.
  • Kerusakan yang berkaitan dengan kanker dan perawatannya, termasuk radiasi atau kemoterapi.

Baca Juga: Hati-hati! Obat Anti-alergi Antihistamin Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

Perawatan Kesuburan Pria Untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Suami Tidak Subur, Pilihan Promil Apa Yang Tepat? 3

Foto: freepik.com

Ketika berbicara mengenai rencana promil jika suami tidak subur, hal pertama yang disarankan oleh dokter kemungkinan besar adalah perawatan kesuburan yang bertujuan untuk meningkatkan peluang hamil secara alami.

Mengutip WebMD, tergantung pada masing-masing pasien, berikut merupakan perawatan kesuburan untuk mengatasi gangguan kesuburan pada pria:

  • Pembedahan untuk memperbaiki varikokel dan menutup pembuluh darah abnormal.
  • Pemberian obat-obatan atau pembedahan untuk menangani kelainan hormon.
  • Pembedahan untuk mengatasi obstruksi pipa saluran sperma.

Di masa lalu, jika penanganan di atas tidak berhasil, kasusnya sering kali berakhir menjadi masalah infertilitas seumur hidup yang artinya tidak akan bisa memiliki anak. Namun, saat ini telah tersedia berbagai pilihan program hamil untuk menghindari risiko tersebut.

Baca Juga: Yuk Dads, Mulai Konsumsi 5 Makanan untuk Kesuburan Pria Ini

Solusi Promil Jika Suami Tidak Subur

Suami Tidak Subur, Pilihan Promil Apa Yang Tepat? 4

Foto: freepik.com

IUI atau intrauterine insemination adalah program hamil yang paling direkomendasikan bagi pasangan dengan masalah infertilitas faktor pria. Hal ini dikarenakan sampel sperma suami yang telah disiapkan akan dimasukkan langsung ke dalam serviks atau rahim untuk memudahkan terjadinya pembuahan.

Namun, berdasarkan studi dalam International Journal of Development Research, menemukan bahwa tingkat kehamilan dengan IUI pada kasus infertilitas faktor pria dengan jumlah sperma kurang dari 3 juta / mililiter cairan mani hanya sebesar 6%. Sehingga para peneliti lebih menyarankan agar pasangan dengan kasus serupa untuk menjalani program hamil lainnya seperti IVF atau ICSI.

ICSI atau Intracytoplasmic Sperm Injection sendiri adalah suatu proses di mana satu sperma sehat yang telah dipilih melalui proses khusus disuntikkan ke dalam sitoplasma atau pusat dari sel telur. Metode ini diklaim memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi, bahkan pada kasus infertilitas faktor pria yang parah. Khususnya ketika digabungkan dengan in vitro fertilization (IVF).

“Selama beberapa dekade para dokter telah mencoba membantu pria dengan infertilitas. Beberapa tahun yang lalu pengobatan untuk infertilitas faktor pria mengalami revolusi dengan diperkenalkannya ICSI,” kata Dr. McClamrock. “ICSI adalah jawaban untuk hampir semua masalah faktor pria.”

Jadi, itu dia penjelasan dan beberapa pilihan promil jika suami tidak subur. Jangan lupa untuk mengajak Dads saat berkonsultasi mengenai rencana promil dengan dokter ya, Moms.

Baca Juga: Hati-hati! Obat Anti-alergi Antihistamin Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

Artikel Terkait