SELEBRITI
1 Juli 2019

Ramai Dibahas Sunat Deddy Corbuzier, Ini Manfaat Sunat untuk Pria Dewasa

Sunat ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri pria lho Moms
placeholder

Foto: instagram.com/mastercorbuzier

placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Deddy Corbuzier yang kini memeluk Islam cukup menyita banyak perhatian masyarakat. Tidak berhenti di situ, banyak orang yang penasaran dengan apakah Deddy juga sudah memenuhi syariat sunat yang dilakukan seorang muslim.

Berdasarkan berbagai sumber di media massa, mantan mentalis itu sudah melakukan sunat, jauh sebelum memeluk Islam.

Sunat memang memiliki banyak manfaat selain tentunya menjadi kewajiban seorang muslim. Mau tahu apa saja manfaat sunat bagi pria dewasa? Ini daftarnya!

Baca Juga: Kapan Usia Tepat Anak Laki-laki Disunat?

1. Mencegah Berbagai Penyakit

scalpel-in-hand.jpeg

Foto: Bloemfoentincourant.co.za

HIV AIDS paling banyak ditularkan melalui kegiatan seksual dan untuk laki-laki yang telah sunat, risiko terkena AIDS bisa berkurang hingga 60 persen. Namun, tentu saja menjaga kehidupan seksual juga sama pentingnya.

Selain itu, lelaki dewasa yang sudah sunat juga bisa mengurangi sedikit risiko kanker penis, kanker ini sangat jarang, namun umumnya pria yang disunat memiliki risiko lebih kecil. Kanker prostat, serta terjadinya infeksi saluran kemih, termasuk infkesi menular seksual.

Dengan sunat, risiko tertular herpes genital juga turun sebesar 28-34 persen. Selain itu, manfaat sunat dewasa juga menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit menular pada wanita pasangannya.

2. Sensasi Lebih saat Bercinta

Pic-3.jpg

Foto: Drmasel.com

Tingkat kepuasan seksual tidak sepenuhnya ditentukan oleh apakah pria telah disunat atau tidak. Sebuah penelitian yang melibatkan ribuan pria di Uganda menunjukkan, mereka yang disunat ketika dewasa mengaku bahwa sunat tidak mempengaruhi kepuasan seksual atau menyebabkkan sakit selama atau setelah melakukan hubungan seksual.

Namun, banyak pria dewasa di Amerika Serikat merasa kalau pria yang disunat mempunyai risiko lebih rendah untuk mengalami disfungsi seksual ketimbang mereka yang tidak disunat. Ditambah lagi, pria yang tidak disunat juga cenderung ejakulasi dini karena kepala penis yang masih sangat sensitif apabila tidak disunat.

Menurut penelitian John N. Krieger, MD, Supriya D. Mehta, PhD, MHS, pada The Journal Sexual Medicine, sunat pada pria dewasa tidak berhubungan dengan disfungsi seksual. Pria yang disunat melaporkan peningkatan sensitivitas penis dan peningkatan kemudahan mencapai orgasme. 

Data ini menunjukkan bahwa integrasi sunat laki-laki ke dalam program untuk mengurangi risiko HIV tidak mungkin berdampak buruk pada fungsi seksual laki-laki.

Baca Juga: 5 Perbedaan Bercinta dengan Pria yang Disunat dan Tidak

3. Lebih Mudah Dibersihkan

download (3).jpg

Foto: Herbalsuite.com

Sunat membuat pria lebih mudah mencuci dan membersihkan bagian intimnya, sehingga kebersihannya terjaga. Sedangkan pria yang tidak disunat, sulit untuk menjaga kebersihan area genitalnya karena adanya kulup yang menutupi.

Kulup pada pria yang belum disunat menjadi tempat berkembangnya kuman yang bukan hanya merugikan si pria namun juga pasangannya.

4. Memberikan Kepercayaan Diri

download (2).jpg

Foto: Kinbox.com

Ternyata pria yang disunat juga bisa merasa lebih percaya diri akan sisi kelaki-lakiannya atau sisi maskulinitasnya. Pria usia 20-25 tahun merasa lebih percaya diri setelah disunat.

Hal itu disebabkan bagian tersebut jadi lebih bagus sehingga lebih meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi ada pula anggapan kalau tidak sunat, masih seperti anak-anak.

Yasin Aydogmus, MD, Murat Semiz, MD, dan Muhammet Fatih Kilinc, MD mengatakan, penelitian di Turki menunjukkan bahwa kecemasan sosial dan tingkat kecemasan menurun setelah sunat pada pria Turki dewasa, dan kepuasan tubuh mereka meningkat. 

Ditemukan pula bahwa tidak disunat dapat berdampak negatif pada individu di masa dewasa ketika datang ke citra tubuh dan kepuasan seksual, namun, keduanya membaik setelah sunat.

Baca Juga: Ternyata Sunat Bermanfaat untuk Hubungan Seks

Wah, ternyata, manfaat sunat untuk pria dewasa cukup banyak ya Moms!

(TPW)

Artikel Terkait