RESEP
5 Juli 2020

Resep Angel Food Cake, Mirip Chiffon Cake tapi Rendah Kalori

Kue ini tak memakai kuning telur, mentega, maupun minyak, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms sedang mengurangi konsumsi lemak tapi ngidam makan cake? Resep angel food cake ini perlu Moms coba. Percaya atau tidak, kue ini tidak menggunakan mentega, minyak, maupun kuning telur!

Angel food cake adalah kue asal Amerika Serikat yang sudah ada sejak abad ke-19. Bahan utama kue ini hanya putih telur, gula, dan tepung protein rendah (tepung cake).

Angel food cake original berwarna putih di bagian dalamnya. Bagian luarnya beremah dan berwarna cokelat muda serta agak kenyal. Kue ini tinggi, ringan rasanya, mengembang seperti kapas, dan manis.

Perbedaan Angel Food Cake dan Chiffon Cake

resep angel food cake vs chiffon cake.jpg

Foto: tatyanaseverydayfood.com / meredithcorp.io

Tampilan angel food cake memang mirip chiffon cake karena putih telur dikocok hingga mengembang dan menggunakan loyang khusus yang sama. Namun, berdasarkan informasi dari blog Cupcake Project, pada dasarnya kedua kue ini berbeda.

  • Angel food cake tidak mengandung sumber lemak, sedangkan chiffon cake menggunakan kuning telur dan minyak.
  • Angel food cake lebih boros telur dibanding chiffon cake.
  • Chiffon cake lebih kokoh dibanding angel food cake. Sebab, chiffon cake mengandung bahan pengembang kimiawi (baking powder dan baking soda). Jadi, adonannya bisa dicampur dengan beragam bahan tambahan, termasuk jus buah atau kacang cincang. Topping-nyapun bisa bermacam-macam. Sementara itu, angel food cake hanya bisa diberi topping yang ringan agar tidak amblas dan sudah terlalu manis jika diberi icing.
  • Chiffon cake memiliki rasa yang lebih kaya karena mengandung lemak dan memiliki tekstur yang lebih beremah dibanding angel food cake yang rasanya cenderung hanya manis.

Baca Juga: Resep: Chocolate Carrot Cake

Resep Angel Food Cake

Resep Angel Food Cake.jpg

Foto: tmbi.com

Ini resep angel food cake versi Kitchn:

Bahan

  • 12 putih telur dari telur besar, suhu ruang
  • 1,2 sdt cream of tartar
  • ¼ sdt garam
  • 200 gram gula pasir
  • ½ sdt ekstrak vanili
  • ½ sdt ekstrak almond
  • 120 gram terigu protein rendah (tepung cake)
  • 120 gram gula halus

Baca Juga: Tips Menyimpan Sisa Cake yang Tidak Habis

Cara Membuat

  1. Panaskan oven dengan suhu 1700C. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah sampai berbuih, sekitar dua menit
  3. Tambahkan cream of tartar dan garam. Naikkan kecepatan menjadi sedang-tinggi dan kocok sampai soft peak, sekitar 1-2 menit
  4. Perlahan tuang gula dengan stabil selagi putih telur dikocok dengan kecepatan sedang-tinggi selama sekitar 30 detik
  5. Tambahkan ekstrak vanili dan almond. Kikis adonan dari sisi-sisi dalam mangkuk, lalu kocok lagi dengan kecepatan sedang-tinggi sampai stiff peak atau sekitar 2-3 menit. Matikan mikser.
  6. Ayak terigu dan gula halus ke dalam adonan, lalu aduk lipat dengan spatula sampai tercampur rata.
  7. Tuangkan adonan ke loyang chiffon cake tanpa perlu diolesi mentega. Gerakan pisau ke seluruh adonan secara perlahan untuk memecahkan gelembung udara di dalam adonan. Lalu, rapikan permukaannya.
  8. Panggang sampai bagian atas kue berwarna cokelat keemasan dan agak membal saat disentuh atau sekitar 40-45 menit.
  9. Keluarkan kue dari oven. Lalu balikkan loyang selama sekitar 1-3 jam sampai cake dingin.
  10. Balikkan lagi loyang, lalu perlahan gerakkan pisau memutar di pinggir kue untuk memudahkan cake keluar dari loyang. Keluarkan cake ke piring saji.
  11. Potong-potong kue dengan pisau bergerigi yang tajam karena pisau biasa bisa merusak kue. Sajikan dengan topping yang ringan, seperti gula halus dengan berry segar di pinggirnya, whipped cream, atau glaze.

Angel food cake memang sebaiknya dihabiskan langsung setelah jadi, tapi bisa juga disimpan di suhu ruang selama satu hari dan di kulkas selama lima hari. Karena kue ini mudah kering, bungkus rapat dengan plastic wrap.

Kalau tidak habis, Moms bisa membungkusnya dengan selapis plastic wrap dan selapis aluminium foil, lalu simpan di freezer. Dengan demikian, menurut blog Sally’s Baking Addiction, angel food cake bisa tahan sampai tiga bulan. Saat akan disantap, keluarkan dan biarkan hingga bersuhu ruang.

Baca Juga: 4 Boba Cake Favorit Para Food Influencer

Angel food cake juga bisa jadi dasar strawberry shortcake atau dipotong dadu dan disebar dalam trifle. Nah, semoga resep angel food cake tadi bermanfaat, ya, Moms!

Artikel Terkait