TREN
11 April 2019

Resep Brownies Bakar Lezat Untuk Dinikmati Keluarga

Buat brownies dengan cara dibakar yang anti-mainstream!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Baik itu sedang berkemah bersama keluarga, atau hanya memanggang di pekarangan rumah sembari adakan acara keluarga, tentu akan lebih nikmat jika bisa menyantap cemilan brownies yang lezat.

Namun, ketimbang menggunakan oven atau mengukusnya, Moms bisa membuat brownies bakar! Kunci untuk memanggang brownies yang sempurna adalah menjaga suhu tetap konstan, seperti halnya oven. 

Jika Moms memiliki alat panggang dengan arang, dan ingin membuat brownies, bisa dengan mencoba resep brownies bakar ini, dikutip dari My Spice Sage.

Porsi: 8-10 potong

Tingkat Kesulitan: Mudah

Waktunya memasak: 45 menit

Waktu Persiapan: 15 Menit

Baca Juga: Coba Masak Enak Ikuti Resep Sup Iga yang Menggoda Ini, Yuk

brownies 3

Foto: taste.com.au

Bahan:

  • 1 dan 1/2 batang (atau setara 12 sdm) Mentega
  • 5 sdm Bubuk kakao
  • 4 butir Telur
  • 2 cangkir Gula
  • 1,5 sdt sendok teh Pasta kacang vanilla
  • 1 sdt Garam laut
  • 1 sdt Bubuk pengembang
  • 1,5 cup Tepung
brownies 2

Foto: tastemade.com

Cara Membuat: 

1. Panaskan panggangan hingga 176 derajat Celcius. Pastikan suhunya tetap konstan.

2. Lelehkan mentega sepenuhnya dalam wajan kecil, sambil masukan bubuk kokoa dan angkat dari api. Sisihkan agar dingin saat nantinya digabungkan dengan bahan-bahan lainnya.

3. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula dengan garpu sampai halus. Tambahkan vanilla, garam, dan baking powder.

4. Perlahan tambahkan campuran kakao ke adonan telur, aduk merata. Tambahkan tepung ke dalam campuran dan aduk hanya sekitar 35-40 kali. Pengadukan berlebihan dapat menyebabkan brownies menjadi keras. Biarkan adonan saat Moms menyiapkan wajan.

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

brownies 1

Foto: myspicesage.com

5. Moms bisa gunakan wajan besi, atau pakai wadah apa pun yang aman digunakan. Potong dua lembar aluminium foil dengan hati-hati dan silangkan di bagian bawah panci. Tekan ke bawah dan ke sisi loyang. Ini bermanfaat untuk mengangkat brownies dari wajan setelah dingin.

6. Tuang adonan yang sudah didiamkan tadi. Tempatkan wajan di atas panggangan yang sudah dipanaskan. Tutup dan panggang selama 35-45 menit.

7. Biarkan dingin sepenuhnya sebelum disajikan, setidaknya 40 menit. Angkat dari loyang dengan pegangan aluminium foil. Iris dan sajikan!

Nah, itu dia Moms cara membuat brownies bakar yang lezat. Moms bisa berkreasi memberikan topping lain dengan bahan yang disukai Si Kecil. Selamat mencoba Moms!

(AP/IRN)

Artikel Terkait