RESEP
6 Agustus 2019

Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

Buah dicampur kacang-kacangan dan krim? Enak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Salad buah yang populer di Indonesia biasanya terdiri dari potongan aneka buah segar yang diaduk bersama saus campuran yoghurt dan susu kental manis. Kalau di negara lain, resep salad buahnya seperti apa, ya?

Salad adalah hidangan yang terbuat dari campuran buah-buahan yang dipotong kecil dan biasanya disajikan di suhu ruang atau dingin. Buah yang sering digunakan adalah stroberi, nanas, madu, semangka, anggur, dan kiwi.

Di Indonesia, salad buah kadang mengandung sari kelapa dan jeli. Alternatif saus yang lebih sehat bisa terbuat dari yoghurt yang diberi madu. Salad buah di Indonesia biasa diberi topping berupa keju parut. Rujak buah juga termasuk salad, lho!

Ternyata, di beberapa negara lain, salad buah seringkali menggunakan buah kalengan. Campurannya berupa sedikit sayur, kacang-kacangan, buah kering, kelapa, dan bahkan makanan manis seperti marshmallow dan es krim. Sausnya bisa berbahan whipped cream, sour cream, atau mustard selain susu kental manis dan yoghurt.

Ini beberapa resep salad buah dari Amerika, Meksiko, dan Filipina. Siapa tahu bisa menginspirasi Moms kalau bosan dengan salad buah biasa!

Baca Juga: Resep Salad Buah Saus Yoghurt

1. Ambrosia

salad buah

Foto: shutterstock.com

Ambrosia adalah salad buah yang berasal dari Amerika. Umumnya ambrosia berisi nanas kalengan atau segar, potongan jeruk Mandarin kalengan, marshmallow mini, dan kelapa parut. Ambrosia juga bisa ditambahi manisan ceri, pisang, stroberi, anggur kupas, dan/atau kacang pecan.

Sausnya berupa mayones atau whipped cream, sour cream, cream cheese, puding, yoghurt, dan/atau cottage cheese. Buah dan sausnya kemudian disimpan di kulkas selama beberapa jam atau semalaman agar meresap sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Som Tam, Salad Pepaya Mentah dari Thailand

2. Bionico

salad buah

Foto: nibblesandfeasts.com

Salad buah satu ini berasal dari Meksiko. Isinya adalah buah-buahan yang dipotong-potong dadu, dituangi crema (krim dalam Bahasa Meksiko), lalu diberi topping granola, kelapa parut, kismis, dan kadang madu.

Jenis buah yang biasa dipakai adalah pepaya, melon oranye, melon hijau, stroberi, apel, dan pisang, meski sebenarnya buah apa saja bisa digunakan.

Biasanya crema merupakan campuran susu kental manis dan sour cream. Jika tidak memakai crema, bionico bisa menggunakan cottage cheese dan madu.

3. Salad Buah Filipina

salad buah

Foto: shutterstock.com

Salad buah Filipina pada dasarnya hanya menggunakan koktail buah kalengan, krim, dan kental manis.

Tapi, versi lengkapnya bisa ditambahi manisan ceri, kelapa muda atau sari kelapa, boba (tapioca pearl), dan kolang-kaling. Salad buah ini biasa disajikan saat pesta, Natal, dan perayaan lainnya.

Baca Juga: Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Sayuran yang Ada di Salad Beserta Manfaatnya

4. Waldorf

salad buah

Foto: shutterstock.com

Salad ini juga berasal dari Amerika. Isinya berupa batang seledri besar, apel, walnut, dan anggur yang diaduk bersama mayones dan disajikan di atas beberapa lembar selada.

Resep awal Waldorf salad hanya menggunakan apel, seledri, dan mayones. Kacang baru ditambahkan belakangan. Kalau seledrinya diganti dengan kembang kol, namanya akan berubah menjadi emerald salad.

Versi modernnya bisa ditambah dengan daging ayam, daging kalkun, atau buah kering dengan saus berbahan dasar mayones atau yoghurt. Parutan kulit jeruk atau lemon juga sering ditambahkan ke salad.

Tinggal campur semua bahan dan dinginkan, salad buah unik dari berbagai negara siap disajikan!

(EMA)

Artikel Terkait