RESEP
4 Juli 2019

Resep Scalloped Potato, Hidangan Kentang Panggang yang Creamy

Bahannya mudah didapat, membuatnya gampang, rasanya gurih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mendengar nama “scalloped potatoes”, Moms mungkin akan mengira bahwa hidangan ini menggunakan kerang dan kentang. Ternyata, sajian panggang ini tidak menggunakan kerang sama sekali lho Moms.

Scalloped potatoes adalah istilah di Amerika Utara yang merujuk pada hidangan yang dikenal juga dengan sebutan “potatoes au gratin“ atau “gratin de pomes de terres”.

Istilah gratin sendiri berasal dari Bahasa Prancis “gratter” yang berarti “memarut” dan “gratiné” yang bermakna “dilapisi kerak atau kulit”.

Ciri khas gratin adalah hidangan panggang dengan permukaan cokelat karena diberi tepung roti, keju parut, telur, atau mentega dan disajikan di wadah berdinding rendah yang tahan panas.

Gratin yang paling populer berbahan utama kentang yang diiris tipis berbentuk bundar, seperti pada scalloped potatoes dan potatoes gratiné. Keduanya dipanggang dan disajikan di wadah kaserol. Rasanya creamy karena menggunakan krim atau susu.

Baca Juga: Resep : Sup Kentang Sayuran

Tapi, ada sedikit perbedaan antara kedua hidangan tersebut. Potatoes au gratiné menggunakan keju parut di antara lapisan kentang, sedangkan scalloped potatoes umumnya tidak memakai keju.

Selain itu, bagian atas gratin biasanya ditaburi tepung roti sehingga menjadi kecokelatan setelah dipanggang, sedangkan scalloped potatoes dibiarkan polos. Potongan kentang pada scalloped potatoes juga agak lebih tebal dibanding pada gratin.

Ternyata, bikin scalloped potatoes mudah lho Moms. Anak-anak pun akan suka karena teksturnya lembut dan rasanya creamy. Coba saja resep scalloped potato berikut ini!

Bahan Scalloped Potato:

  • 1 ¼ kg kentang, kupas, cuci, dan iris-iris bundar tipis
  • 6 sdm mentega
  • ½ bombai, cacah
  • 9 sdm terigu
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 700 ml susu cair

Baca Juga: Resep Baked Potato, Kentang Panggang yang Hangat Gurih

Cara Membuat Scalloped Potato:

  1. Panaskan oven dengan suhu 1900C.
  2. Olesi loyang ukuran 23 x 33 cm dengan mentega. Sisihkan.
  3. Di panci kecil, lelehkan mentega, kemudian tumis bombai hingga transparan.
  4. Masukkan terigu, garam, dan merica. Aduk rata.
  5. Tuangkan susu sambil diaduk. Pastikan adonan tidak menggumpal. Masak sampai mendidih, kemudian matikan api.
  6. Tata kentang di loyang. Tuangkan adonan tadi di atasnya sampai setinggi permukaan kentang.
  7. Panggang scalloped potato selama satu jam sampai kentang lembut.
  8. Keluarkan scalloped potato dari oven dan diamkan sampai uapnya hilang. Potong-potong atau sendok langsung dari wadahnya. Scalloped potato lebih enak dinikmati hangat.

Untuk: 6 porsi

Menurut allrecipes.com, per porsi hidangan ini mengandung 396 kalori, 15,8 gram lemak, 55 gram karbohidrat, 9,9 gram protein, 43 mg kolesterol, serta 171 mg sodium. Bikin yuk Moms!

(EMA/IRN)

Artikel Terkait