KEHAMILAN
3 April 2020

Seberapa Sering Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil?

Jarang tidak baik, begitu pula terlalu sering!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika berencana untuk hamil, Moms mungkin tertarik untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan peluang kehamilan, termasuk waktu dan intensitas berhubungan intim agar cepat hamil.

Benarkah berhubungan intim terbaik untuk program hamil harus disesuaikan dengan masa subur dan siklus ovulasi?

Terlalu Jarang Berhubungan Intim Mungkin Menurunkan Peluang Hamil

Seberapa Sering Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil? 1

Foto: pixabay.com

Moms dan Dads mungkin berpikir bahwa mengurangi intensitas berhubungan intim, misalnya hanya saat masa subur atau mendekati waktu ovulasi, mungkin dapat menjaga kesehatan sperma dan meningkatkan peluang kehamilan. Sayangnya, pemikiran tersebut ternyata tidak benar.

“Sangat mudah untuk melewatkan masa subur jika berhubungan intim hanya ketika Anda (pikir) sedang berovulasi padahal sebenarnya tidak,” kata Samuel Wood, MD, direktur medis di The Reproductive Sciences Center di La Jolla, California, seperti dikutip dari Parents.

“Jadi, teruskanlah berhubungan intim sesering mungkin dan berikan perhatian lebih pada waktu sekitar ovulasi.”

Baca Juga: Moms, Coba Lakukan Cara Ini Agar Cepat Hamil

Berhubungan Intim 1 Hingga 2 Hari Sekali Mungkin Membantu

Seberapa Sering Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil? 2

Foto: pixabay.com

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, berhubungan intim setiap 1 hingga 2 hari sekali dapat meningkatkan peluang hamil.

Namun, peneliti menekankan bahwa sebenarnya intensitas berhubungan intim agar cepat hamil yang paling optimal adalah yang paling nyaman menurut preferensi Moms dan Dads.

Peneliti menyebutkan bahwa terlalu mengatur jadwal berhubungan intim, misalnya harus benar-benar 1 hingga 2 hari sekali, justru akan membuat pasangan menjadi stres.

Padahal stres yang berhubungan dengan program hamil dapat mengurangi hasrat, kepuasan dan intensitas untuk berhubungan intim.

Baca Juga: Memperbaiki Kualitas Sel Telur Agar Cepat Hamil Dalam 90 Hari

Bagaimana Jika Moms dan Dads Berhubungan Setiap Hari?

Seberapa Sering Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil? 3

Foto: pixabay.com

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed menemukan bahwa berhubungan intim setiap hari tidak berdampak negatif pada peluang hamil, tetapi justru dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil karena setiap perempuan memiliki masa ovulasi yang berbeda-beda.

Bukan hanya itu, peneliti dari studi terkait juga menemukan bahwa sering melakukan hubungan intim dapat mempersiapkan sistem kekebalan wanita untuk kehamilan.

Wanita yang aktif secara seksual (peserta studi) terbukti memiliki tingkat sitokinin yang lebih tinggi.

Sitokinin sendiri merupakan molekul yang dilepaskan oleh sel T helper tipe 2 dari sistem kekebalan tubuh yang membantu menurunkan antibodi sperma, embrio atau apa pun yang mungkin dianggap musuh dan diserang oleh tubuh beberapa wanita.

Namun, berhubungan setiap hari pun ternyata tidak selalu lebih baik. “Semakin sering hubungan intim yang Anda lakukan, semakin mudah dan cepat Anda akan hamil.

Tetapi lebih sering tidak selalu lebih baik. Meskipun sering berhubungan intim tidak mengurangi potensi sperma pria, seperti yang banyak diyakini orang, terlalu sering berpotensi menyebabkan masalah,” jelas Dr. Wood.

Baca Juga: Cara Cepat Hamil: Hentikan 12 Kebiasaan Buruk Ini!

“Jika tujuan hubungan intim hanya untuk reproduksi saja, berhubungan intim setiap hari atau bahkan hanya beberapa hari sekali saja dapat menyebabkan ‘kelelahan’ dan pasangan mungkin mulai memandang seks tidak lebih dari tugas pra-ovulasi.”

Jadi, intensitas berhubungan intim agar cepat hamil seharusnya tidak perlu diatur dengan ketat sampai membuat diri sendiri stres dan tertekan.

Konsultasikan dengan dokter jika Moms tidak kunjung hamil setelah 1 tahun menikah dan melakukan intim tanpa pelindung secara rutin.

Artikel Terkait