KESEHATAN
27 Juni 2019

Selain Kopi, Makanan dan Minuman Ini Dapat Membuat Moms Bebas Kantuk

Nggak disangka ternyata air putih bisa menjadi pengganti kopi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Carla Octama

Terkadang, rasa kantuk seringkali datang di waktu yang tidak tepat. Mungkin ketika Moms sedang akan mengerjakan pekerjaan rumah, sedang bekerja di kantor, atau justru sedang menjaga si kecil bermain.

Biasanya Moms akan mencari cara supaya tetap fokus dan berusaha melawan rasa kantuk terebut bukan?

Tidak hanya kopi lho yang bisa diandalkan untuk menjaga mata Moms tetap terjaga. Ada sejumlah makanan dan minuman yang bisa dijadikan pengganti kopi, apalagi ketika Moms tidak suka mengonsumsi kopi.

Ini dia daftarnya menurut penjelasan Rhiannon Lambert BSc MSc RNutr, seorang nutritionist dalam laman Daily Mail:

1. Apel

makanan anti kantuk

Foto: quallsag.com

Buah apel menjadi sumber quercetin, zat antioksidan yang secara aktif melindungi sel-sel otak.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Moms bebas rasa kantuk.

Selain itu, quercetin juga dapat menangkal tubuh dari radikal bebas, yang biasa dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif.

Buah lain yang mengandung quercetin adalah paprika, tomat, dan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

2. Telur

makanan anti kantuk

Foto: eatingwell.com

Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi di planet ini dan telur bukan hanya sebagai sumber protein paling kaya.

Kuning telur mengandung vitamin B yang bertanggung jawab untuk mengubah makanan menjadi energi.

Mikronutrien lain yang terkandung di dalam telur adalah kolin, di mana berperan penting untuk membangun dan mendukung tingkat energi tubuh, sehingga Moms merasa lebih segar tanpa rasa kantuk.

3. Kacang-Kacangan

makanan anti kantuk

Foto: verywellfit.com

Magnesium adalah mineral paling berlimpah dalam tubuh manusia. Setiap sel dalam tubuh Moms membutuhkan mineral ini untuk berfungsi.

Apalagi ketika Moms berolahraga, tubuh membutuhkan 20% lebih banyak magnesium daripada ketika Moms sedang beristirahat.

Kacang almond dan kacang mede mempunyai kadar magnesium paling tinggi dan mengandung protein dan nutrisi lain yang membuat Moms merasa lebih kenyang dan bebas kantuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengenyahkan Kantuk Saat Bekerja

4. Dark Chocolate

makanan anti kantuk

Foto: medicalnewstoday.com

Jika Moms mengonsumsi cokelat untuk mendapatkan energi, berarti Moms membutuhkan cokelat dengan kadar konsentrasi setinggi mungkin.

Cokelat di klaim dapat membantu melawan stres dan meningkatkan energi serta membantu untuk lebih fokus.

Cokelat hitam mengandung kafein yang bermanfaat bagi orang yang ingin menambah energi dengan cepat dan menghilangkan rasa kantuk.

5. Air Putih

makanan anti kantuk

Foto: simplemost.com

Moms, ternyata nggak perlu mengonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Air putih menjadi sumber energi paling penting dalam tubuh.

Jika Moms merasa lesu dan mengantuk, cobalah mengonsumsi air putih supaya tubuh Moms bisa terhidrasi.

Nah itu dia Moms jenis makanan dan minuman yang bisa dicoba untuk bebas kantuk saat beraktivitas.

Apalagi sangat cocok dikonsumsi ketika Moms memiliki permasalahan lambung yang tidak bisa mengonsumsi kopi dengan kadar kafein tinggi.

(IRN/CAR)

Artikel Terkait