KESEHATAN
15 November 2019

4 Tips Mencegah Batu Ginjal Menurut Dokter Gizi Klinis

Mulai batasi garam dalam masakan untuk mencegah batu ginjal
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa minum banyak air putih dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Dr. Melanie Hoenig, asisten profesor kedokteran di Beth Israel Deaconess Medical Center yang berafiliasi dengan Harvard, mengatakan, minum air putih mencairkan substansi dalam urin yang menyebabkan batu.

"Usahakan minum cukup cairan sekitar 2 liter, atau setara delapan gelas," mengutip situs Harvard Health.

Tips Mencegah Batu Ginjal

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, batu ginjal juga bisa dicegah dengan pola makan yang tepat.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp. GK, menjelaskan bahwapola makan sehat yang bisa membantu mencegah batu ginjal.

Seperti apa tips untuk mencegah batu ginjal? Yuk simak ulasannya di bawah ini Moms.

Baca Juga: Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Kena Batu Ginjal, Benarkah?

1. Perbanyak Makanan Berkalsium Tinggi

susu kedelai.jpg

Tips mencegah batu ginjal yang pertama adalah dengan memperbanyak makanan berkalsium tinggi. Menurut Korean Journal of Urology (2014), pola makan rendah kalsium sebenarnya meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal simptomatik.

Penting untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup dalam menu makanan sehari-hari. Ada jenis makanan lain yang mengandung kadar kalsium tinggi selain susu atau keju.

"Beberapa jenis makanan yang tinggi kalsium antara lain sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, atau bok choy, juga ikan sarden, dan ikan salmon," jelas dr. Diana

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik Dikonsumsi Ibu dan Anak

2. Kurangi Konsumsi Garam

Tak Bisa Sembarangan Ternyata Segini Takaran Garam yang Boleh Dikonsumsi Setiap Harinya - takaran garam dan darah tinggi.jpg

Tips mencegah batu ginjal yang selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Moms mungkin juga ingin membatasi pemberian garam pada menu makanan yang dimasak, karena konsumsi garam terlalu banyak dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

"Kandungan garam di dalam urin yang terlalu banyak akan menghambat penyerapan kalsium, dan meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal," terang dr. Diana.

3. Hindari Suplemen Vitamin C Dosis Tinggi

asma suplemen

Tips mencegah batu ginjal yang selanjutnya adalah menghindari suplemen vitamin c dosis tinggi. Meskipun suplemen vitamin C memberikan manfaat bagi tubuh, tetapi mengonsumsinya berlebihan juga dapat menjadi risiko kesehatan, termasuk memicu timbulnya batu ginjal.

"Kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin C, khususnya pria, menyebabkan risiko batu ginjal meningkat. Sebaiknya, pilih makanan yang mengandung vitamin C alami," jelas dr. Diana.

Jenis vitamin C alami yang aman untuk dikonsumsi seperti jeruk, jambu biji, kiwi, lemon, atau stroberi.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

4. Batasi Konsumsi Protein Hewani

Kapan Bayi Boleh Diberi MPASI Daging Sapi Ini Tips dan Triknya 3.jpg

Tips mencegah batu ginjal yang selanjutnya adalah batasi konsumsi protein hewani. Meskipun enak untuk dikonsumsi, penting membatasi konsumsi protein hewani. Makan daging dengan jumlah berlebihan dapat meningkatkan terbentuknya batu ginjal.

"Protein hewani yang terdapat pada daging unggas, babi, dan beberapa jenis ikan bersifat asam. Jika kandungan asam pada urin meningkat, risiko terbentuknya batu ginjal pun meningkat," kata dr. Diana.

Beberapa sumber protein alternatif yang lebih menyehatkan seperti kacang-kacangan, tahu, atau tempe.

Itulah beberapa tips untuk mencegah batu ginjal. Selamat mencoba!

Artikel Terkait