KESEHATAN
23 April 2019

Sering Main Gadget, Waspada Bahaya Sinar Biru dari Layar

Lebih bijak dalam menggunakan gadget ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Smartphone, laptop, monitor, televisi, dan semua perangkat genggam lainnya yang mengirimkan cahaya dapat membahayakan kondisi kesehatan mata lho Moms, terutama efek dari cahaya biru (blue light).

Sinar biru atau blue light adalah sinar yang termasuk dalam golongan high-energy visible light (HEV Light). Sinar biru berguna untuk meningkatkan kecerahan atau terangnya layar perangkat elektronik yang Moms gunakan setiap hari.

Sudah Dibuktikan dari Penelitian

Menurut Ajith Karunarathne, PhD, asisten profesor di University of Toledo’s Department of Chemistry and Biochemistry, mengatakan bukan rahasia lagi kalau sinar biru dapat merusak penglihatan kita dengan terlebih dahulu merusak retina.

Pernyataan itu didukung oleh penelitian yang dilakukan Universitas Toledo di Amerika Serikat dengan hasil mengejutkan, di mana paparan sinar biru dari smartphone dan perangkat gadget lainnya dapat memicu molekul beracun.

Baca Juga: Daripada Main Gadget, Mari Lakukan 5 Aktivitas Berkebun yang Cocok untuk Balita di Luar Rumah

5afaec8fcc061c2a008b4ab3 750 422

Mencegah Risiko Sinar Biru Pada Mata

1. Istirahatkan Mata

Terapkan metode 20/20/20 saat Moms menggunakan perangkat gadget, maksudnya adalah setiap Moms menatap layar selama 20 menit, maka harus mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan ke objek sejauh 20 kaki (6 meter).

2. Mengatur Jarak Pandang

Saat Moms atau Si Kecil menggunakan gadget atau laptop, lebih baik atur jarak pandangnya sekitar 30 cm. Hal ini bertujuan untuk mengurangi lelahnya mata saat berkonsentrasi menatap layar dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Ini 4 Tanda-Tanda Anda Sudah Kecanduan Gadget!

blue light affects skin lede

3. Tetap Berkedip

Menurut asisten profesor klinis oftalmologi di NYU Langone di New York City, Anam Qureshi mengatakan saat Moms berkonsentrasi pada layar, Moms mengurangi tingkat kedipan yang bisa menyebabkan air mata menguap dari permukaan mata. Hal itu bisa menyebabkan penglihatan kabur, kemerahan, iritasi, dan rasa sakit.

4. Gunakan Mode Pengurang Sinar Biru

Beberapa merek smartphone sudah membenamkan fitur atau mode untuk mengurangi sinar biru yang berbahaya ini, seperti fitur Nightshift pada iPhone dan Night Mode pada ponsel Android.

Jika tidak, sudah ada beberapa aplikasi yang berguna untuk mengurangi sinar biru pada layar smartphone, salah satunya adalah f.lux.

Baca Juga: Mengatur Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

cr health inlinehero blue light affects sleep 03 19

5. Jangan Menatap Layar Sebelum Tidur

Jika sudah mendekati waktu tidur malam, sebaiknya kurangi penggunaan gadget dengan layar terang benderang. Moms bisa mematikan smartphone satu jam sebelum waktu tidur.

Pilih aktivitas sebelum tidur yang kurang merangsang seperti membaca buku atau mendengarkan musik dengan volume pelan.

Nah Moms, itu dia bahaya sinar biru yang muncul dari layar smartphone atau gadget yang Moms miliki. Sebaiknya lebih bijak lagi ya Moms dalam menggunakan gadget.

(IRN/CAR)

Artikel Terkait