3-12 BULAN
8 Juli 2019

Simak Istimewanya Manfaat Berbicara dengan Bayi Sejak Dini

Mungkin hanya tatapan bayi yang Moms dapatkan, namun berbicara dengan bayi akan memaksimalkan perkembangannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Menyanyikan lagu untuk bayi baru lahir, berbicara dengan bayi tentang rutinitas harian, atau membacakan bayi sebuah cerita dari buku anak-anak. Saat melakukan ini, mungkin Moms hanya akan mendapatkan respon berupa tatapan datar dari bayi yang belum begitu mengerti akan apa yang Moms ucapkan. Kegiatan-kegiatan tadi memang sangat menyenangkan. Namun tidak hanya itu, bicara pada bayi ternyata juga menjadi hal yang krusial untuk mendorong perkembangan bayi. Simak penjelasannya.

Manfaat Berbicara dengan Bayi

Simak Istimewanya Manfaat Berbicara dengan Bayi Sejak Dini 01.jpg

Foto: nyc.gov

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang tua yang banyak bicara pada bayi sedini mungkin dapat meningkatkan kekuatan otak dan perkembangan bahasa mereka.

“Berbicara dengan bayi dapat meningkatkan kosa kata dan pemahaman bahasa yang lebih baik,” ungkap Ahli Patologi Bicara-Bahasa dari Integrated Pediatric Therapies di JCFS Chicago, seperti dikutip dari jcfs.org.

Ini karena orang tua yang banyak bicara pada bayi akan menggunakan beragam suara serta kata yang berbeda. Saat mendengar lebih banyak kata, maka hal tersebut akan meningkatkan pemahaman bahasa dan jumlah serta variasi kata yang dapat Si Kecil pahami dan gunakan.

Tidak hanya kemampuan berbahasa dan kekuatan otak, berbicara dengan bayi sejak dini juga akan membantu membantu Si Kecil belajar lebih baik ketika sekolah.

Baca Juga: Punya Bayi Prematur, Begini Perkembangannya di Usia 2-3 bulan

Kapan Dapat Mulai Bicara Pada Bayi?

Simak Istimewanya Manfaat Berbicara dengan Bayi Sejak Dini 02.jpg

Foto: montessoritraining.blogspot.com

Sejak lahir, bayi sebenarnya sudah bisa menyerap banyak informasi tentang kata dan pembicaraan, hanya dengan mendengar dan melihat Moms berbicara dengan bayi.

“Moms perlu bicara pada bayi sejak hari pertama. Kamu akan membangun sebuah pikiran, pikiran yang akan membuat konsep untuk memikirkan masa lalu serta masa depan,” ungkap psikolog perkembangan di Universitas Stanford, Prof Anne Fernald, seperti dikutip dari theguardian.com.

Percakapan dengan bayi mungkin terasa berat sebelah, namun Si Kecil akan mencoba untuk bergabung dalam percakapan tersebut melalui tangisan, kontak mata dan mendengarkan Moms berbicara.

Kemudian, Si Kecil akan tersenyum, tertawa, membuat lebih banyak suara, serta menggerakan tubuhnya untuk berkomunikasi seiring bertambahnya usia bayi.

Baca Juga: Kenali Tahapan Perkembangan Kemampuan Berbicara Bayi

Bagaimana Cara Berbicara dengan Bayi?

Simak Istimewanya Manfaat Berbicara dengan Bayi Sejak Dini 03.jpg

Foto: thestir.cafemom.com

Berbicara dengan bayi sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Moms bisa mulai dengan berbicara tentang hal sehari-hari di rumah atau apapun yang sedang Moms lakukan pada bayi.

Misalnya saat sedang mengganti popok bayi, maka Moms bisa bicara pada bayi mengenai proses penggantian popok atau menghiburnya dengan nyanyian. Saat Si Kecil mulai bisa mengeluarkan suara, Moms bisa ikut serta mengikuti bunyi suara yang dikeluarkan bayi.

Bermain dengan bayi juga merupakan salah satu kesempatan Moms berbicara dengan bayi, sekaligus membangun kedekatan antara Moms dan bayi.

“Kurangi waktu bermain alat elektronik untuk melakukan kontak mata dan bicara pada bayi,” ungkap Jennie Marble M.A. CCC-SLP, Direktur di Integrated Pediatric Therapies di JCFS Chicago, seperti dikutip dari jcfs.org.

Baca Juga: 5 Tahap Penting Perkembangan Motorik Bayi, Apa Sudah Sesuai?

(GS)

Artikel Terkait