FASHION & BEAUTY
6 Maret 2020

4 Skincare Alami Bagi Masalah Kulit Ibu Hamil

Banyak ketakutan menggunakan produk kecantikan saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat wanita melalui masa kehamilan, ada sebagian di antaranya yang terganggu dengan perubahan hormon yang dapat berdampak bagi perubahan psikis dan fisik.

Salah satunya adalah masalah kulit yang sering terjadi seperti kulit gatal, pigmentasi, dan berjerawat yang bersifat sementara, namun bukan menjadi hal yang dapat diabaikan.

Dilansir dari Healthline, beberapa wanita yang sedang hamil mengalami jerawat yang biasanya terjadi selama trimester pertama dan kedua.

Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon androgen yang menyebabkan kelenjar di kulit tumbuh dan menghasilkan sebum atau zat minyak.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Skincare Alami untuk Ibu Hamil

Dilansir dari American Academy of Dermatology, wanita hamil dianjurkan untuk menghentikan obat jerawat berjenis Isotretinoin, Tazarotene, dan Spironolactone, karena dapat membahayakan kesehatan Moms dan janin.

Sebenarnya, Moms tetap dapat menggunakan produk skincare atau obat jerawat lainnya, asal bahan-bahan skincare tersebut aman untuk ibu hamil.

Namun, kalau Moms masih ragu, bisa juga mencoba skincare alami selama hamil supaya tetap aman. Yuk simak rekomendasinya!

1. Stretch Marks

4 Skincare Alami Bagi Ibu Hamil.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Manfaat kelapa untuk merawat kulit telah dikenal berabad-abad. Asam lemak pada minyak kelapa ini dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berbahaya.

Minyak kelapa ini dapat menjadi skincare alami ibu hamil. Selama masa kehamilan, sebagian besar wanita hamil mengalami gatal-gatal dan tanda peregangan pada bagian perut dan payudara.

Minyak kelapa dapat melembapkan, menghilangkan makeup, juga menghilangkan stretch mark sampai batas tertentu jika diaplikasikan secara teratur.

Waktu terbaik untuk menggunakan minyak kelapa sebagai skincare alami ibu hamil adalah setelah mandi.

Moms, harus memulai menggunakan pelembap alami yang efektif seperti minyak kelapa, minyak zaitun, lidah buaya mulai dari awal kehamilan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: 4 Skincare Aman untuk Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

2. Pigmentasi

4 Skincare Alami Bagi Ibu Hamil 2.jpg

Foto: india.com

Kondisi kulit yang sebelumnya belum pernah terjadi, mendadak muncul saat sedang hamil. Salah satunya adalah pigmentasi kulit di beberapa area tubuh.

Dermatolog dr. Michael Rich menuturkan bahwa pigmentasi saat masa kehamilan berkaitan dengan peningkatan kadar estrogen.

Beberapa wanita akan mengalami pigmentasi pada bagian pipi, leher, dahi, bahkan pada bagian ketiak, suatu kondisi yang dikenal dengan sebutan Chloasma.

Untuk mengurangi hal tersebut, Moms dapat mengoleskan jus lemon yang dicampur dengan jus mentimun pada flek secara teratur dalam beberapa hari.

Selain itu, skincare ibu hamil lainnya yang dapat diaplikasikan adalah masker oat madu untuk pengelupasan kulit diikuti masker wajah yang terbuat dari kunyit dan susu mentah untuk mengurangi bintik-bintik.

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat. Untuk membuat warna kulit yang kurang jelas atau bekas luka, Moms dapat mencampurkan kunyit dengan dadih.

3. Kulit Kering dan Pecah-pecah

4 Skincare Alami Bagi Ibu Hamil 3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Tidak sedikit ibu hamil mengalami kulit kering, bibir dan tumit mengalami pecah-pecah, dan disertai rambut rontok pada beberapa tahap selama kehamilan.

Moms dapat menggunakan krim susu, minyak kelapa, dan minyak gandum sebagai skincare alami ibu hamil yang dapat menghilangkan kulit kering dan pecah-pecah.

Moms juga dapat mengoleskan minyak gandum yang kaya akan vitamin esensial dan asam lemak di bagian puting susu untuk mencegah kulit kering pada bagian tersebut.

Baca Juga: 4 Produk Skincare yang Sebaiknya Tidak Digunakan Saat Hamil

4. Kulit Gatal

4 Skincare Alami Bagi Ibu Hamil 4.jpg

Foto: curiousnut.com

Salah satu gangguan masalah kulit pada ibu hamil adalah rasa gatal yang sering terjadi terutama pada bagian perut. Hal ini terjadi karena suplai darah ke kulit meningkat.

Moms tentu tak ingin sembarangan melakukan perawatan kulit saat hamil untuk mencegah risiko yang nantinya bisa jadi berakibat fatal.

Maka dari itu, Moms perlu mengetahui skincare alami ibu hamil yang aman untuk diaplikasikan.

Gel lidah buaya, minyak almond, dan minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami yang dapat menjaga kulit Moms tetap lembut, kenyal, dan bergizi selama kehamilan.

Untuk bantuan sementara meredakan gatal, Moms dapat menggunakan sesuatu yang dingin seperti menaruh irisan mentimun dia area yang gatal.

Bahan-bahan alami di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tetap aman menjaga kulit selama kehamilan. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan-bahan kimia, dan tetap menggunakan bahan alami secara tepat dan teratur.

Artikel Terkait