2-3 TAHUN
17 Juli 2020

Pentingnya Sumber Protein Nabati untuk Tumbuh Kembang Anak

Kedelai menjadi sumber protein yang digemari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Protein adalah salah satu nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Karena itu, pastikan anak mendapatkan cukup asupan protein, terutama pemberian sumber protein nabati untuk anak.

Mengutip Food Insight, protein adalah salah satu nutrisi yang merupakan bahan penyusun, disimpan dalam otot dan kolagen.

Protein dan asam amino, berfungsi sebagai hormon, enzim, dan pengangkut nutrisi lainnya.

Ketahui lebih lanjut tentang jenis protein yang tersedia, dan apa sumber protein terbaik yang bisa diberikan untuk Si Kecil berikut ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

Jenis-jenis Protein

sumber protein nabati untuk anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Children's Health, anak-anak biasanya membutuhkan sekitar 20-35 gram dalam sehari, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan berat badan Si Kecil.

Terdapat dua jenis klasifikasi protein yang mungkin sudah Moms ketahui, yaitu protein nabati dan hewani. Ketahui seperti apa penjelasannya dan sumber dari kedua jenis protein ini.

1. Protein Nabati

Sesuai namanya, protein nabati adalah sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Protein nabati tidak hanya jadi sumber protein yang baik, tetapi juga menyediakan nutrisi lain seperti serat, vitamin dan mineral.

Mengutip Medical News Today, sumber protein nabati dapat termasuk makanan berikut ini:

  • Kedelai dan produk olahannya (tahu dan tempe)
  • Edamame
  • Kacang-kacangan (kacang polong, kacang hijau)
  • Almond
  • Biji chia
  • Sayuran kaya protein (brokoli, kale)

2. Protein Hewani

Selain protein yang berasal dari tumbuhan, ada juga jenis protein yang berasal dari hewani, disebut sebagai protein hewani. Beberapa contohnya adalah:

  • Dada ayam
  • Telur
  • Daging merah (sapi, kambing)
  • Ikan dan makanan laut
  • Susu dan olahannya (yogurt, keju)

Pemenuhan sumber protein untuk anak, terutama protein nabati, dalam menu makanan hariannya penting untuk menghindari dampak dari kekurangan protein yang bisa dialami Si Kecil.

Harvard School of Public Health menyebutkan, efek samping kekurangan protein dan malnutrisi seperti kegagalan pertumbuhan, kehilangan massa otot, penurunan kekebalan, melemahnya jantung dan sistem pernapasan, bahkan kematian.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Kedelai Jadi Sumber Protein Nabati Terbaik di Indonesia

sumber protein nabati untuk anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Pada jurnal Academy of Nutrition and Dietetics, anak-anak dan remaja dengan pola makan vegetarian berisiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, dibanding temannya yang bukan vegetarian.

Salah satu sumber protein nabati untuk anak yang menjadi andalan adalah kedelai. Apalagi, ada ragam produk olahan dari kedelai yang tentunya banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Dalam sebuah esai yang ditulis Cornelia Budimarwanti, Dra., M.Si., dosen Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Kimia, menjelaskan bahwa biji kedelai diminati masyarakat luas karena kandungan gizi tinggi, terutama kadar protein nabati.

Melansir jurnal Processing and Impact on Antioxidants in Beverages, meski profil asam amino susu sapi dan susu kedelai berbeda, tetapi susu kedelai mengandung protein dalam jumlah yang kira-kira sama dengan susu sapi.

Baca Juga: Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

Pentingnya Memilih Produk Kedelai dengan Serat Tinggi

sumber protein nabati untuk anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Ikatan Dokter Anak Indonesia, susu formula kedelai (soya) menggunakan kedelai sebagai sumber protein untuk mengganti komponen susu sapi.

Penting memberikan sumber protein nabati untuk anak, salah satunya dengan memilih produk susu formula soya tinggi serat dan nutrisi yang lengkap.

Berikan Si Kecil susu Bebelac Gold Soya 3, yang cocok dikonsumsi bagi anak dengan alergi susu sapi, atau bahkan tanpa alergi.

Bila anak Moms tidak alergi, ia tetap bisa mengonsumsi Bebelac Gold Soya 3 karena memiliki berbagai nutrisi penting yang mendukung tumbuh kembangnya, yaitu:

  • Bebelac Gold Soya 3 dapat mendukung kemampuan berpikir anak dengan minyak ikan yang mengandung DHA, Omega 3, Omega 6, Zat Besi, Kolin, dan Seng.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung kesehatan pencernaan dan perut anak, dengan Advansfibre Soy dan FOS Inulin, yang bersumber dari nabati.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan protein soya yang mengandung isolate protein soy, dan 9 asam lemak esensial.
  • Bebelac Gold Soya 3 juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral untuk pertumbuhan optimal, termasuk Kalsium & Vitamin D untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Dengan kandungan nutrisi dan serat yang diberikan, Moms tidak perlu khawatir karena konsumsi susu Bebelac Gold Soya 3 tetap memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat Si Kecil.

Nah, itu dia Moms, pentingnya pemberian sumber protein nabati untuk anak, terutama dengan susu formula berbasis kedelai untuk tumbuh kembang Si Kecil yang optimal.

(ADV)

Artikel Terkait