KESEHATAN
18 Agustus 2020

11 Sumber Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi Corona

Ada banyak sumber alami yang bisa dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 adalah salah satu hal yang penting dilakukan.

Tidak hanya dengan rajin mencuci tangan, tetapi juga mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mengutip jurnal Nutrients, vitamin C berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dari lingkungan sekitar.

Karena itu, penting bagi Moms untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, terutama yang didapat dari alam, sehingga membuat tubuh tetap terlindungi di tengah pandemi COVID-19.

Sumber Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

Sebelum mengonsumsi vitamin C, ada baiknya untuk mengetahui takaran yang tepat akan vitamin C per harinya.

Pada data Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, disebutkan kebutuhan vitamin C per hari sebagai berikut:

  • Bayi usia 0 bulan hingga anak usia 12 tahun (40-45 mg/hari)
  • Anak remaja usia di atas 12 hingga 18 tahun (65-90 mg/hari)
  • Orang dewasa +18 tahun (75-90 mg/hari)

Lebih lanjut, berikut ini beberapa rekomendasi sumber vitamin C yang bisa dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh agar lebih optimal.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

1. Jeruk, Menyegarkan dan Mengandung Banyak Vitamin C

Jeruk menjadi buah yang sudah banyak diketahui sebagai sumber vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Jeruk menjadi buah yang sudah banyak diketahui sebagai sumber vitamin C.

Mengutip National Institute of Health, konsumsi 1 buah jeruk ukuran sedang memberikan 70 mg vitamin C, atau 78 persen dari kebutuhan harian.

Tidak hanya vitamin C, buah jeruk juga memiliki nutrisi lain seperti serat, karbohidrat, juga ragam mineral seperti kalium dan folat.

2. Kiwi, Bisa Dijadikan Pengganti Jeruk

kiwi sebagai buah alternatif yang juga menjadi sumber vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms bosan untuk mengonsumsi jeruk, maka bisa memilih kiwi sebagai buah alternatif yang juga menjadi sumber vitamin C terbaik.

Dalam Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, disebutkan bahwa kiwi dapat mengurangi penyakit pilek atau flu, terutama pada kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas usia 65 dan anak-anak.

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran Penambah Imun Tubuh, Perbanyak Konsumsinya!

3. Brokoli, Sayuran Hijau yang Kaya Vitamin

Brokoli, Sayuran Hijau yang Kaya Vitamin

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya buah-buahan, tetapi konsumsi sayuran hijau seperti brokoli juga bisa menjadi sumber vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Mengonsumsi setengah cangkir brokoli yang dimasak menyediakan asupan 51 mg vitamin C, atau 57% dari kebutuhan harian.

Dalam situs Cancer, sayuran brokoli mengandung banyak nutrisi, termasuk beberapa karoten (beta-karoten, lutein, zeaxanthin), vitamin C, E, dan K, folat, dan mineral. Sayuran ini juga merupakan sumber serat yang baik.

4. Stroberi, Sumber Vitamin C yang Baik

Stroberi, Sumber Vitamin C yang Baik

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya punya rasa yang menyegarkan, buah stroberi juga bisa menjadi sumber vitamin C yang terbaik untuk dikonsumsi di tengah pandemi virus corona.

"Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu porsi mengandung 51,5 mg vitamin C, sekitar setengah persen dari kebutuhan harian Anda," kata Madeleine Edwards, ahli diet terdaftar, mengutip Best Health Magazine.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

5. Tomat, Bisa Diolah Jadi Berbagai Masakan

Sumbertomat, vitamin C lain yang bisa dijadikan pilihan

Foto: Orami Photo Stock

Sumber vitamin C lain yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi adalah tomat. Apalagi, menariknya tomat bisa diolah menjadi ragam masakan, jus, atau bahkan dikonsumsi langsung.

"Tomat berukuran sedang memberikan 22 kalori, dan sekitar 5 gram total karbohidrat. Tomat yang rendah kalori dan rendah karbohidrat ini penuh nutrisi, dan memiliki berbagai manfaat kesehatan," jelas Cynthia Sass, MPH, RD, ahli diet, mengutip Health.

6. Bayam, Kaya Vitamin C dan Zat Besi

Bayam, Kaya Vitamin C dan Zat Besi

Foto: mwlc.com

Bayam tidak hanya kaya zat besi utuk mencegah anemia, tetapi bayam kaya beta-karoten untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengubah nutrisi ini menjadi vitamin A dan memicu respons kekebalan tubuh.

Bayam juga mengandung antioksidan, yang dapat melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, dan membantu mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

Menurut jurnal Metabolism, radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang memicu percepatan penuaan dan meningkatkan risiko kanker dan diabetes.

7. Jambu, Juga Mengandung Likopen

satu buah jambu juga mengandung 126 mg vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang suka jambu? Tidak hanya enak, satu buah jambu juga mengandung 126 mg vitamin C. Buah ini juga kaya akan antioksidan likopen.

Journal of Clinical and Diagnostic Research melakukan penelitian terhadap manfaat konsumsi jambu selama 6 minggu pada 45 orang sehat.

Studi ini menunjukkan bahwa mengonsumsi 400 gram atau 7 buah jambu setiap hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Baca Juga: 11 Sumber Vitamin A yang Penting untuk Bayi

8. Paprika Kuning, Tinggi Vitamin C dalam Kondisi Matang

Paprika Kuning, Tinggi Vitamin C dalam Kondisi Matang.jpg

Foto: webmd.com

Paprika kuning juga merupakan sumber vitamin C yang bisa Moms konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C di paprika kuning akan semakin tinggi pada saat makin matang.

Setengah gelas paprika kuning mengandung 137 mg vitamin C atau dua kali lipat dari paprika hijau.

9. Blackcurrant, Buah Mungil Sumber Vitamin C

Blackcurrant, Buah Mungil Sumber Vitamin C.jpg

Foto: foodal.com

1/2 gelas blackcurrant memiliki 101 mg vitamin C. Warna gelap blackcurrant sendiri berasal dari antioksidan bernama antosianin.

Menurut Journal of Food Science, makanan yang mengandung vitamin C dan antosianin bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti gangguan jantung, kanker, dan penyakit fungsi sel neuron.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Buah Berry untuk Camilan Balita

10. Leci, Bermanfaat Bagi Kesehatan Pembuluh Darah

leci adalah salah satu buah sumber vitamin C.jpg

Foto: tasteofhome.com

Siapa sangka kalau leci adalah salah satu buah sumber vitamin C yang baik?

Satu buah leci mengandung 7 mg vitamin C, sedangkan 100 gram leci memiliki 72 mg vitamin C.

Leci juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan hati.

Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa vitamin C sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah dan menambah kolagen dalam tubuh.

11. Sianci, Sumber Vitamin C yang Sangat Tinggi

Sianci, Sumber Vitamin C yang Sangat Tinggi.jpg

Foto: tasteofthetopend.com

Sianci atau disebut juga dengan aserola atau ceri barbados. Buah berwarna merah ini merupakan sumber vitamin C yang tinggi, lho.

Hanya 1/2 gelas sianci mengandung 822 mg vitamin C. Oleh sebab itu, buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga sistem imun dan kesehatan tubuh secara umum.

Baca Juga: 7 Nutrisi untuk Imun Bayi, Kuatkan Daya Tahan Tubuhnya!

Itu dia Moms, sumber vitamin C alami yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini.

Artikel Terkait