RUPA-RUPA
16 Agustus 2020

Super Seru! Ini 8 Lomba 17 Agustus yang Pasti Ada Setiap Tahunnya

Lomba panjat pinang membutuhkan kerjasama anggota tim yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memasuki bulan Agustus, biasanya mulai marak dengan persiapan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan perlombaan 17 Agustus.

Ada beberapa permainan di lomba 17 Agustus yang mungkin pernah Moms ikuti dan masih tidak lekang oleh zaman hingga menginjak usia dewasa.

Berikut ini daftar lomba 17 Agustus yang pasti diadakan setiap tahunnya.

1. Lomba Balap Karung

lomba 17 agustus-1.jpg

Foto: instagram.com/deo_titus

Balap karung menjadi lomba yang khas dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tak hanya menyenangkan, lomba ini juga membutuhkan alat yang sederhana.

Lomba ini dilakukan dengan para peserta yang memakai karung goni, lalu berusaha mencapai garis finish dengan melompat jauh.

Pada lomba ini, biasanya banyak peserta terjatuh karena terlalu terburu-buru saat melompat.

Baca Juga: Unik! Ada Lomba Bayi Nangis di Jepang

2. Lomba Makan Kerupuk

lomba 17 agustus-2.jpg

Foto: instagram.com/antijamur

Ini menjadi salah satu lomba yang tidak hanya seru, tetapi juga enak karena bisa makan kerupuk secara gratis. Cara bermainnya adalah berusaha menghabiskan kerupuk paling cepat.

Namun, apa yang membuat permainan ini seru adalah peserta yang dilarang menggunakan tangan saat berusaha menghabiskan kerupuk tersebut.

3. Lomba Balap Kelereng

lomba 17 agustus-3.jpg

Foto: instagram.com/rakaonex

Lomba balap kelereng membutuhkan keseimbangan dan fokus yang tinggi untuk bisa menjadi pemenangnya, lomba ini bisa dikatakan mungkin cukup sulit jika dilakukan terburu-buru.

Caranya, kelereng diletakkan diatas sendok, lalu dibawa sampai garis finish hanya dengan menggunakan mulut. Jika kelereng jatuh di tengah jalan, maka peserta akan didiskualifikasi dan tidak boleh meneruskan pertandingan.

4. Lomba Panjat Pinang

lomba 17 agustus-4.jpg

Foto: instagram.com/dadang.agus58

Lomba yang satu ini mungkin membutuhkan ketahanan fisik yang tinggi, dan biasanya hanya bisa diikuti oleh orang dewasa.

Peserta secara berkelompok berusaha untuk memanjat hingga ke ujung tiang, lalu mengambil beberapa hadiah yang beragam. Sehingga, kerjasama antar anggota tim menjadi penting.

Tantangan dari panjat pinang adalah tiang tersebut telah dilumuri oli dan peserta tidak boleh memakai baju, hal ini membuat permukaan tiang sangat licin dan susah dipanjat.

Baca Juga: 4 Lomba 17 Agustus Unik untuk Ibu dan Anak, Biar Makin Kompak!

5. Lomba Tarik Tambang

lomba 17 agustus-5.jpg

Foto: instagram.com/toekang_sajoer

Lomba tarik tambang juga membutuhkan kekuatan fisik dan kerjasama antar tim. Biasanya, lomba ini diisi oleh 5-10 orang.

Menggunakan tali tambang, kedua tim berusaha menarik tambang hingga ke batas yang ditentukan untuk bisa menjadi pemenangnya.

6. Lomba Bakiak

lomba 17 agustus-6.jpg

Foto: instagram.com/nuriyahatizalfa

Perlombaan bakiak melibatkan 3-4 orang dengan menggunakan bakiak yang terbuat dari kayu dan karet. Dalam permainan ini, juga membutuhkan kekompakan antar anggota tim.

Peserta harus berjalan menggunakan bakiak secara bersama-sama sehingga bisa sampai ke garis finish lebih dulu.

Baca Juga: 4 Permainan Seru untuk Melatih Jari Si Kecil

7. Lomba Memindahkan Belut

lomba 17 agustus-7.jpg

Foto: instagram.com/rakaonex

Lomba memindahkan belut merupakan permainan yang seru sekaligus menantang. Biasanya, kaum perempuan akan merasa geli ketika hendak ikut permainan ini.

Karena belut terkenal sebagai hewan dengan kulit yang sangat licin, maka akan sulit jika tidak tahu teknik menangkap belut yang benar.

Dalam perlombaan ini, pemenangnya adalah peserta yang paling banyak memindahkan belut dari ember satu ke ember lain dengan durasi waktu yang telah ditentukan panitia.

8. Lomba Mengambil Koin dari Semangka

lomba 17 agustus-8.jpg

Foto: instagram.com/arsekal_

Sama dengan lomba makan kerupuk, lomba mengambil koin dari semangka juga mengharuskan peserta mengikat tangannya ke belakang.

Lalu, beberapa koin ditusukkan ke buah semangka, yang sudah dibalut dengan oli atau cokelat. Tugas peserta di sini yaitu mengambil koin sebanyak-banyaknya hanya dengan menggunakan mulut.

Pemenang lomba ini adalah peserta yang bisa mengambil koin paling banyak.

Nah, itu dia beberapa permainan 17 Agustus yang pasti diadakan setiap tahunnya. Mana permainan yang menjadi favorit Moms kala itu?

Artikel Terkait