3-12 BULAN
18 Mei 2019

Tahapan Memelihara Kesehatan Mulut Bayi Baru Lahir Sampai Tumbuh Gigi

Tak perlu bingung lagi, begini tahapan yang tepat untuk memelihara kesehatan gusi bayi yang baru lahir hingga ia tumbuh gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

https://www.shutterstock.com/image-photo/cute-beautiful-boy-bathroom-washing-his-418388125?src=euQmtEPUlmpZLlESFGFWlg-2-24

https://www.shutterstock.com/image-photo/kid-boy-brushing-teeth-smiling-760371922?src=euQmtEPUlmpZLlESFGFWlg-4-6

Moms, rasanya setuju kalau dikatakan saat ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi dengan kemajuan teknologi yang cepat.

Mulai dari masa kehamilan, melahirkan, hingga proses menyusui, semua informasi bisa didapatkan dengan mudah.

Begitu pula dengan cara merawat kesehatan bayi serta tips agar pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu.

Namun, terkadang informasi yang mudah didapatkan tersebut menimbulkan rasa bingung dan kekhawatiran sendiri bagi seorang ibu.

Terlebih lagi jika ini adalah pengalaman pertama mempunyai anak, pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anak, kan?

Salah satu permasalahan yang sering dialami seorang ibu adalah ketidaktahuan dalam merawat kesehatan mulut dan gigi anak. Area mulut dan gigi anak sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Masalahnya, sedikit saja masalah terjadi pada area tersebut memengaruhi keseluruhan sistem pencernaan dalam tubuhnya.

Jika sistem pencernaan terganggu, maka asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya menjadi tidak maksimal. Hal ini berisiko membuat anak menjadi kekurangan nutrisi dan gizi.

Duh, pastinya Moms tidak mau hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, penting untuk merawat area mulut anak bahkan ketika ia belum tumbuh gigi.

Tak perlu bingung lagi, kali ini dokter gigi spesialis anak, drg. Rizka Aulia Zaim akan memberitahukan tentang tahapan yang tepat dalam merawat mulut bayi hingga ia nanti tumbuh gigi. Yuk, simak ulasannya!

Baca Juga: Benarkah Empeng Dot Bisa Merusak Gigi Bayi?

Perawatan Mulut Bayi yang Baru Lahir

Tahapan Memelihara Kesehatan Gusi Bayi Baru Lahir sampai Tumbuh Gigi-2.jpg

Bayi yang baru lahir masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga penting untuk selalu menjaga kesehatan mulutnya.

Jangan sampai bayi terinfeksi penyakit yang bersarang pada area mulutnya. Tahapan ini dilakukan sejak bayi baru lahirsampai ia belum tumbuh gigi.

“Saat bayi belum punya gigi, cara membersihkan mulut dan gusinya cukup dengan menyeka dengan kasa yang sudah dibasahi dengan air matang hangat, ya. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Idealnya adalah setelah ia sarapan dan menjelang ia tidur,” ujar drg. Rizka pada Kulwap Orami Community, Kamis (21/2) lalu.

Selalu perhatikan juga area lidah bayi, ya Moms. Umumnya di lidah bayi akan terlihat putih karena bekas ASI, namun jika bercak putih tidak menghilang maka hal ini dapat menjadi indikasi infeksi jamur. Segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak untuk memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

Perawatan Mulut untuk Anak yang Mulai Tumbuh Gigi

Tahapan Memelihara Kesehatan Gusi Bayi Baru Lahir sampai Tumbuh Gigi-3.jpg

Jika bayi sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, maka tahapannya akan berbeda.

Adapun tanda bayi mulai tumbuh gigi adalah gusi membengkak, air liur berlebih, dan terkadang ia menjadi rewel dan sulit untuk diberikan makanan. Tenang saja, ini adalah proses yang wajar terjadi, ya, Moms.

“Setelah bayi menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, gunakan sikat jari silikon sambil dilakukan pemijatan untuk merangsang giginya keluar,” ujar drg. Rizka yang praktek di Brawijaya Women & Children, Bandung ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Balita Rewel Karena Tumbuh Gigi

Perawatan Mulut untuk Anak yang Sudah Tumbuh Gigi

Tahapan Memelihara Kesehatan Gusi Bayi Baru Lahir sampai Tumbuh Gigi-4.jpg

Anak yang sudah tumbuh gigi harus diajarkan untuk menyikat giginya. Semakin dini, maka semakin rendah kemungkinan anak akan rewel ketika diminta untuk sikat gigi. Lalu, anak sudah boleh menggunakan pasta gigi ketika ia sudah bisa berkumur sendiri.

Jika belum, sebaiknya ia hanya sikat gigi dan diajarkan untuk berkumur dengan air hangat, ya, Moms.

Tak lupa juga untuk mengajak anak memeriksakan giginya ke dokter gigi spesialis anak sejak ia tumbuh gigi pertama kali.

Kesehatan gigi dan mulut anak berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya, jadi pastikan Moms mengikuti tahapan yang tepat, ya!

(DG/INT)

Artikel Terkait