KEHAMILAN
30 September 2020

Tak Hanya Enak, Ini 13 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Bernutrisi!

Temukan manfaat kacang hijau jika dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ada berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang tidak perlu diragukan lagi.

Berdasarkan jurnal Food Science and Human Wellness, banyak kandungan nutrisi bermanfaat dalam kacang hijau, seperti asam folat, tiamin dan zat besi. Ketiga vitamin dan mineral tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

Saat hamil, kita diminta untuk mengonsumsi meningkatkan asupan makanan sehat.

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi, karena ibu hamil membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk membantu kesehatan tumbuh kembang janin.

Moms mungkin setuju dengan penyataan kalau bubur kacang hijau menjadi makanan favorit banyak orang. Biasanya bubur kacang hijau disajikan dengan ketan hitam atau roti, bubur kacang hijau sangat nikmat disantap selagi masih hangat.

Ternyata, ada manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang juga memiliki nilai nutrisi yang baik. Memangnya apa manfaat yang bisa didapatkan dari kacang hijau jika dikonsumsi selama masa kehamilan?

Baca Juga: Bolehkah Memberikan Kacang Hijau Sebagai MPASI?

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil-1.jpg

Foto: healthline.com

Nah, untuk mengetahui manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, sebaiknya Moms menyimak ulasan berikut ini agar tidak termakan mitos belaka, ya.

1. Baik untuk Perkembangan Bayi

Pada dasarnya, segala jenis kacang-kacangan itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Moms akan mendapatkan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Studi dari Food Chemistry mengungkapkan, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Kacang hijau kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan masih banyak lagi.

Perlu Moms pahami, tubuh kita tidak dapat memproduksi asam amino esensial sendiri, sehingga butuh asupan makanan yang mendukungnya.

Kebutuhan protein selama kehamilan juga akan meningkat, bersama dengan persyaratan untuk nutrisi lainnya.

“Protein dapat memengaruhi berat lahir dan komposisi tubuh bayi, lingkar kepala. Selain itu, memengaruhi risiko diabetes, penyakit jantung, atau obesitas jangka panjang bayi. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan kecukupan protein saat hamil,” ujar Monica Reinagel, ahli nutrisi dari Amerika Serikat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain bermanfaat untuk perkembangan janin, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Studi yang dikembangkan dalam jurnal Circulation menyebutkan, kacang hijau mampu membantu menurunkan tekanan darah. Alasannya, kacang hijau menjadi sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik.

Studi tersebut telah menghubungkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah.

Kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Kandungan serat dalam kacang hijau juga dapat mengurangi risiko sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau, Cocok untuk Hangatkan Tubuh

3. Sumber Folat untuk Kehamilan

Moms, wanita hamil disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan. Folat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal janin di kandungan.

Studi dari Reviews in Obstetrics & Gynecology mengungkapkan, sebagian besar wanita yang tidak mendapatkan folat yang cukup berisiko alami cacat lahir yang lebih tinggi.

Nah, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah kacang ini mengandung folat, dan juga kaya akan zat besi, di mana ibu hamil membutuhkannya lebih banyak selama kehamilan.

Jika Moms ingin makan bubur kacang hijau juga sebenarnya tidak ada larangan. Namun, tetap perhatikan asupan gula yang dimasukkan ke dalam semangkuk bubur kacang hijau agar tidak melebihi kebutuhan gula setiap harinya, ya.

4. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Salah satu zat yang terkandung dalam kacang hijau ini adalah thiamin yang disebut juga vitamin B1. Manfaat utama tiamin adalah mengubah karbohidrat menjadi energi. Ini menjadi manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya.

Meskipun Moms sedang hamil, memenuhi kebutuhan tiamin sangat membantu dalam menjaga kesehatan bayi kita saat lahir kelak. Selain berperan dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, dan jantung pada ibu hamil, fungsi tiamin juga penting dalam membantu perkembangan otak bayi.

Baca Juga: Apa Beda Folat dan Asam Folat? Mana yang Harus Dikonsumsi Saat Program Hamil?

5. Meningkatkan Sel Darah Merah pada Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil kaya akan folat, vitamin B9, atau asam folat yang membantu tubuh untuk terus memproduksi sel darah merah yang baru. Ini lah mengapa khususnya ibu hamil sangat membutuhkan asupan folat.

Ibu hamil harus mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan folat bahkan saat mereka baru merencanakan program kehamilan sekalipun.

Kekurangan asam folat dalam kehamilan penyebab cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang. Memiliki asam folat yang cukup perlu diperhatikan sebelum dan sesudah kehamilan.

6. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah kaya vitamin dan mineral. Kacang hijau kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Menurut Nutrition Data, satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus mengandung:

  • Kalori: 212
  • Lemak: 0,8 gram
  • Protein: 14,2 gram
  • Karbohidrat: 38,7 gram
  • Serat: 15,4 gram
  • Folat (B9): 80% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Mangan: 30% dari RDI
  • Magnesium: 24% dari RDI
  • Vitamin B1: 22% dari RDI
  • Fosfor: 20% dari RDI
  • Besi: 16% dari RDI
  • Tembaga: 16% dari RDI
  • Kalium: 15% dari RDI
  • Seng: 11% dari RDI
  • Vitamin B2, B3, B5, B6 dan selenium

Kacang ini adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Mereka kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin dan banyak lagi. Asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri.

Karena kacang hijau juga dikonsumsi sebagai kecambah, penting untuk diperhatikan bahwa kecambah mengubah komposisi nutrisinya. Jurnal dalam Food Science and Human Wellness menyebutkan bahwa kacang kecambah mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak asam amino dan antioksidan bebas daripada yang tidak berkecambah.

Terlebih lagi, kacang yang bertunas mengurangi kadar asam fitat, yang merupakan antinutrien. Antinutrien dapat mengurangi penyerapan mineral seperti seng, magnesium, dan kalsium.

Baca Juga: 7 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, BIsa Kurang Risiko Preeklamsia

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil Tua

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: smithsonianapa.org

Nah, kacang hijau memang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Untuk Moms yang sedang hamil tua, berikut manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tua dan bayi.

7. Mencegah Berat Lahir Bayi Rendah dan Kelahiran Prematur

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak kalah pentingnya yaitu sebagai sumber zat besi. Wanita hamil sebaiknya mendapatkan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada trimester kedua dan kehamilan

Kekurangan zat besi selama kehamilan akan meningkatkan risiko bayi berat lahir rendah, bayi prematur dan kematian bayi. Selama hamil, ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, yaitu sekitar 25 mg per hari.

8. Mencegah Cacat Lahir pada Bayi

Asam folat yang terkandung dalam kacang hijau sangat dibutuhkan selama masa kehamilan Moms, sehingga sering disebut-sebut sebagai zat pahlawan bagi ibu hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat sebelum kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir termasuk cacat tabung saraf, seperti spina bifida, encephalocele dan anencephaly.

Konsumsi 400 mcg asam folat per hari sebelum dan selama kehamilan akan membantu mencegah bayi lahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Jadi jangan lupa masukan bubur kacang hijau sebagai camilan sehat Moms saat sedang lapar, dan rasakan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil ini, ya!

Baca Juga: Menghindari Bayi Cacat Lahir Sejak Hamil, Simak Penjelasannya

9. Menurunkan Risiko Celiac pada Anak

Ternyata ada hubungannya antara serat yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan risiko penyakit celiac pada anak-anak. Ini menjadi manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya.

“Ibu hamil yang rutin mengonsumsi serat dapat mencegah penyakit celiac pada anak-anak nantinya. Jadi, disarankan untuk setiap ibu hamil makan serat 10 gram lebih banyak karena dapat menurunkan risiko 8 persen anak untuk alami penyakit celiac,” ujar Dr. Ketil Størdal, dokter dari Norwegia.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena kacang hijau kaya akan antioksidan seperti flavonoid, jenis kacang ini bisa mengurangi kerusakan pembuluh darah sebagai akibat dari radikal bebas dan inflamasi ringan. Mereka membantu aliran darah yang bebas, yang bekerjasama dengan vitamin B untuk mempertahankan kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan magnesiumnya yang tinggi mengurangi kematian akibat penyakit kardiovaskular terutama untuk wanita.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

11. Tingkat Antioksidannya yang Tinggi Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Dalam U.S. National Library of Medicine, dikatakan bahwa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan banyak lagi.

Antioksidan membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan menimbulkan kerusakan. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Studi tabung reaksi telah menemukan bahwa antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

12. Serat dan Pati dalam Kacang Hijau Dapat Membantu Kesehatan Pencernaan

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Pertama, mereka kaya serat, memberikan 15,4 gram yang mengesankan per cangkir masak (202 gram).

Dalam African Journal Of Agricultural Research, secara khusus, kacang hijau mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menjaga usus kita tetap teratur dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus kita.

Kacang hijau, seperti kacang-kacangan lainnya, juga mengandung pati resisten. Jenis pati ini bekerja serupa dengan serat larut, karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat.

Bakteri kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, butirat khususnya.

Studi menunjukkan bahwa butirat meningkatkan kesehatan pencernaan dalam banyak hal. Misalnya, dapat memberi makan sel-sel usus besar kita, meningkatkan pertahanan kekebalan usus dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

Terlebih lagi, karbohidrat dalam kacang hijau tampaknya lebih mudah dicerna daripada yang ditemukan pada kacang-kacangan lainnya. Oleh karena itu, kacang hijau cenderung menyebabkan perut kembung dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya (24).

13. Folat dalam Kacang Hijau Dapat Menunjang Kehamilan yang Sehat

Wanita disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan. Folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal calon buah hati kita.

Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup folat, yang dikaitkan dengan risiko cacat lahir yang lebih tinggi. Kacang hijau menyediakan 80% RDI untuk folat dalam satu cangkir yang dimasak (202 gram). Mereka juga tinggi zat besi, protein, dan serat, yang dibutuhkan wanita lebih banyak selama kehamilan.

Namun, wanita hamil harus menghindari makan tauge mentah karena dapat membawa bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Kacang dan kecambah yang dimasak harus aman.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Yuk, seimbangkan dengan nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi Moms dan Si Kecil dapat terpenuhi dengan baik, ya!

Artikel Terkait