KESEHATAN
26 September 2019

Tak Perlu Cemas, 4 Cara Alami Ini Bantu Hilangkan Uban

Selain henna, ada lagi pilihan alami lainnya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Baru menikah tapi sudah punya uban? Tak usah merasa diri sudah setua itu Moms. Banyak alasan mengapa seseorang bisa memiliki uban. Hal itu tidak hanya terkait karena masalah usia. Biasanya, adanya uban bisa terjadi akibat pola makan, polusi, genetik keturunan dan yang terakhir usia yang menua.

Sel-sel pigmen yang disebut melanosit memberi warna pada rambut Anda. "Ada sel-sel pigmen yang disebut melanosit dalam folikel rambut Anda yang memberikan warna rambut Anda, yang disebut melanin," kata Debra Jaliman, MD, penulis buku ‘Aturan Kulit: Rahasia Dagang dari Dermatologis New York Top.

Ketika Anda berhenti memproduksi melanin ini, rambut mulai berubah menjadi abu-abu. “Biasanya uban terjadi setelah berusia 30,” tambahnya.

Ingin mengembalikan atau menghilangkan uban yang mulai mengganggu? Ada banyak produk pewarna kimia di luaran sana. Namun, pilihan alami tentu akan lebih baik. Tertarik untuk mencoba? Kita intip cara alami menghilangkan uban berikut ini.

1 . Bubuk Henna

uban rambut

Foto: cloudfront.net

Cara alami menghilangkan uban yang pertama jatuh pada Henna. Dia telah membantu banyak perempuan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah uban. Henna adalah tanaman bunga yang luar biasa dengan sifat pewarnaan merah-oranye yang alami.

Biasanya, kaum hawa memilih Henna karena juga mampu memperkuat dan mengilaukan rambut, menghilangkan ketombe, dapat digunakan secara teratur tanpa efek samping dan tidak mudah luntur. Untuk mencobanya, siapkan bahan-bahan berikut:

Tiga sendok makan bubuk Henna, mangkuk, air panas, foil plastik, kondisioner dan sarung tangan.

Caranya, masukkan bubuk Henna ke dalam mangkuk dan campurkan dengan air panas. Aduk hingga teksturnya seperti pasta kental. Tunggu setidaknya 12 jam hingga campuran siap.

Oleskan campuran tersebut ke rambut Moms dengan menggunakan sarung tangan, setelah itu bungkus kepala Anda dengan foil plastik dan tunggu setidaknya satu jam. Kemudian bilas sampai bersih.

Baca Juga: Masih Muda Sudah Beruban, Kenali Penyebabnya

2. Bubuk Alma

uban rambut

Foto: Vripmaster.com

Alma atau biasa disebut Gooseberry India, adalah buah yang dapat dimakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Di antara manfaat kesehatannya yang luar biasa adalah mencegah rambut beruban sebelum waktunya.

Ini dapat terjadi karena Alma memiliki efek antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel Anda agar tidak mempercepat proses penuaan. Alma juga mengandung vitamin C, yang mampu membuka pori-pori di kulit kepala Anda dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk membuatnya, bahan yang dibutuhkan adalah:

Dua sendok teh bubuk Alma, satu sendok teh minyak Fenugreek, satu cangkir minyak kelapa, sebuah panci atau wajan, wadah dengan penutup yang rapat.

Cara membuatnya dengan memasukkan bubuk Alma, minyak fenugreek, dan minyak kelapa ke dalam wajan. Kemudian dimasak dengan api kecil. Tunggu sampai minyak berubah warna menjadi cokelat. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga campuran tersebut menjadi dingin tetapi tidak akan menjadi padat.

Saring campuran dan tuangkan dalam wadah kedap udara. Oleskan minyak ke kulit kepala Moms sebelum tidur sambil dipijat. Tunggu semalam dan bilas di pagi hari.

3. Jus Lemon

uban rambut

Foto: lessismorebeauty.com

Jika biasanya Lemon bisa kita makan atau minum, ternyata jusnya juga bisa membuat uban menghilang. Kandungan jus Lemon mengandung vitamin B dan C dan fosfor yang menyehatkan rambut, dan juga melindungi folikel rambut dari kerusakan.

Untuk membuatnya bekerja, Moms harus mencampur jus Lemon dengan minyak kelapa. Minyak kelapa bertindak sebagai pelembap, merangsang pertumbuhan dan membuat rambut Moms lebih berkilau. Jika ingin mencoba, Moms cukup menyiapkan:

Tiga sendok teh jus lemon, setengah cangkir minyak kelapa, mangkuk, dan sampo.

Moms tinggal mencampurkan semua bahan, kemudian mengoleskan campuran tersebut ke kulit kepala sambil dipijat. Tunggu dua jam, kemudian bilas dengan sampo. Ulangi hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang Moms inginkan.

Baca Juga: Benarkah Sering Mencabut Uban Bikin Rambut Rontok?

4. Sage dan Rosemary

uban rambut

Foto: organiclivestockandcrops.org

Cara alami menghilangkan uban yang terakhir adalah dengan menggunakan sage dan rosemary. Sage telah lama digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit, termasuk rambut beruban dan kebotakan. Dia memiliki kemampuan alami untuk menggelapkan rambut dan menutupi setiap helai uban.

Hal yang sama berlaku untuk rosemary, yang juga merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, bahan yang diperlukan adalah:

Dua gelas air, setengah cangkir rosemary kering, setengah cangkir Sage kering, panci, dan sampo

Caranya, masukkan air ke dalam panci dan tambahkan rosemary dan sage. Rebus ramuan selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan dingin selama beberapa jam. Saring campurannya.

Kemudian, cuci rambut Moms seperti biasanya dengan sampo. Gunakan ramuan rosemary dan sage saat membilasnya. Tunggu sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Ulangi seminggu sekali.

Sayangnya, tidak ada solusi lain untuk menghentikan tumbuhnya uban. Yang bisa Moms lakukan adalah menunda dan meminimalisir pertumbuhannya. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menurunkan peluang Moms mendapatkan banyak uban sebelum waktunya.

Artikel Terkait