KELUARGA
19 Februari 2020

5 Tanda Hubungan LDR Berada di Ujung Tanduk, Bahaya!

Banyak yang menyerah di tengah jalan dan memilih untuk pisah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengambil keputusan untuk menjalani hubungan LDR (long distance relationship) memang kadang sangat berat sehingga tidak sedikit yang akhirnya berpisah karena khawatir hubungan rumah tangga tidak akan bertahan lama jika tidak tinggal bersama.

Apakah hal ini yang juga Moms rasakan? Apakah Moms terus ragu dengan keputusan Moms berjauhan dengan Dads dan merasa ini adalah hal yang salah? Apakah hubungan LDR Moms dan Dads tidak berjalan dengan baik?

Tanda Hubungan LDR Berada di Ujung Tanduk

Nah, apa saja tanda hubungan LDR Moms dan Dads berada di ujung tanduk? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: LDR dengan Suami, Begini 3 Cara Agar Tetap Romantis

1 . Keintiman dalam Hubungan Berkurang

5 Tanda Kalau Hubungan Jarak Jauh Moms Berada di Ujung Tanduk 4.jpg

Foto: Unsplash.com

Tanda hubungan LDR berada di ujung tanduk yang pertama adalah keintiman dalam hubungan berkurang. Apapun hubungannya, keintiman menjadi hal yang penting dan akan menjadi masalah jika hal tersebut akhirnya hilang.

Hal ini terjadi jika misalnya Moms terbiasa berbicara setiap hari selama sekitar satu jam atau lebih, namun tiba-tiba dalam belakangan ini Moms hanya ngobrol sekitar seminggu sekali. Berarti, keintiman tersebut perlahan sudah pudar.

Atau misalnya dalam hal keintiman seksual di mana Moms atau pasangan tiba-tiba berhenti melakukan phone sex tanpa alasan yang jelas. Ini berarti chemistry dan gairah Moms atau pasangan berubah.

Tiap kali bertemu dengan pasangan pun, Moms tidak lagi merasakan kedekatan seperti dulu. Maka, hal ini bisa menjadi pertanda kalau hubungan jarak jauh sudah menemui jalan buntu.

2. Berpikiran Negatif Terus Menerus

5 Tanda Kalau Hubungan Jarak Jauh Moms Berada di Ujung Tanduk 5.jpg

Foto: Unsplash.com

Tanda hubungan LDR berada di ujung tanduk yang selanjutnya adalah berpikir negatif terus menerus. Satu-satunya cara untuk tetap bertahan dalam hubungan jarak jauh adalah dengan menerapkan prinsip optimisme dalam melihat kehidupan cinta.

Hal ini dikarenakan waktu dan jarak tidak akan menjadi masalah asalkan Moms melihat hubungan yang dijalani dari pandangan yang tepat.

Orang berpikiran negatif akan terus menerus berimajinasi tentang skenario terburuk dalam hubungan yang dijalani hingga kadang terobsesi sendiri dengan hal-hal tidak baik yang sebenarnya tak perlu terjadi.

Terkadang memfokuskan diri terlalu serius dapat mengakibatkan hal-hal buruk yang semula hanya imajinasi bisa terjadi dalam kehidupan nyata.

Baca Juga: LDR Setelah Menikah, Ini 3 Masalah yang Rentan Terjadi

3. Sering Berbohong

5 Tanda Kalau Hubungan Jarak Jauh Moms Berada di Ujung Tanduk 1.jpg

Foto: Unsplash.com

Tanda hubungan LDR berada di ujung tanduk yang selanjutnya adalah sering berbohong. Menurut loveisrespect.org, komunikasi yang terbuka, jujur, dan aman adalah bagian mendasar dari hubungan yang sehat.

Hal ini pun disetujui oleh banyak pasangan yang sukses menjalani hubungan hingga masa tuanya, bahwa kejujuran dan kepercayaan merupakan fondasi utama hubungan.

Namun, jika Moms atau pasangan terus menerus melakukan kebohongan, hubungan jarak jauh ini mungkin tidak akan bisa bertahan lama. Kebohongan ini tidak akan tampak di awal, namun seiring berjalannya waktu, apapun yang ditutup-tutupi pasti akan ketahuan juga.

4. Tidak Menjadikan Pasangan sebagai Prioritas

5 Tanda Kalau Hubungan Jarak Jauh Moms Berada di Ujung Tanduk 4.jpg

Foto: Freepik.com

Tanda hubungan LDR berada di ujung tanduk yang selanjutnya adalah tidak menjadikan pasangan sebagai prioritas. Susan Winter, seorang relationship expert dan love coach menyebut jika Moms atau pasangan tidak pernah memprioritaskan waktu bersama, hal ini adalah masalah besar.

Membuat pasangan menjadi prioritas bisa semudah menjadwalkan video call di waktu senggang atau ingin selalu mendengar kabar terbaru dan aktivitas yang dikerjakan pasangan.

Moms dan pasangan diharapkan mampu meluangkan waktu untuk mengisi kekosongan akibat perpisahan secara fisik. Penekanan pada pentingnya menjadi terbuka dan saling percaya menjadi kunci untuk tetap membuat pasangan menjadi nomor satu.

Namun sayangnya, jika Moms dan pasangan sudah tak lagi puas dengan beberapa aspek dari hubungan dan tidak berusaha untuk memperbaikinya dengan cara berkomunikasi, ini berarti hubungan memang sudah benar-benar berada di ujung tanduk.

5. Komunikasi jadi Membosankan

5 Tanda Kalau Hubungan Jarak Jauh Moms Berada di Ujung Tanduk 3.jpg

Foto: Unsplash.com

Tanda hubungan LDR berada di ujung tanduk yang selanjutnya adalah komunikasi jadi membosankan. Kapan terakhir kali Moms atau pasangan mendapat kejutan entah itu dalam perayaan ulang tahun, valentine atau ulang tahun pernikahan?

Meski hal-hal tersebut terdengar cringe, namun kejutan kecil menjadi jadi bumbu dalam hubungan yang seringkali terlupa.

Semua orang yang berada dalam hubungan jarak jauh pasti mengandalkan komunikasi melalui telepon untuk mempererat hubungan. Tetapi jika hadiah kecil dan komunikasi bahkan sudah terdengar tak lagi menyenangkan, bisa berarti hubungan ini sudah sampai di jalan buntu.

Jika Moms sudah tak lagi mau menerima telepon untuk percakapan panjang dan seringkali membuat alasan agar tak lagi berbicara atau bahkan bertemu dengan pasangan, ini sudah menjadi masalah serius dalam perjalanan cinta Moms bersama pasangan.

Baca Juga: LDR dengan Suami, Begini 3 Cara Agar Tetap Romantis

Itulah tanda-tanda apabila hubungan LDR Moms dan Dads berada di ujung tanduk. Hubungan jarak jauh memang punya lebih banyak tantangan dibanding dengan hubungan yang normal bertemu setiap hari.

Maka, dibutuhkan pengertian kedua belah pihak untuk saling mengerti dan toleransi apabila hubungan mau terus dilanjutkan.

Artikel Terkait