TREN
23 Agustus 2018

Buat Pecinta Sushi, Sudah Tahu Belum Tata Cara Makan Sushi yang Benar?

Jangan sampai salah makan sushi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Siapa yang tak suka makanan Jepang? Rasanya hampir semua orang mencintai masakan Jepang terutama sushi.

Meski mengaku pecinta sushi, tapi rasanya tak semua orang tahu bagaimana cara makan sushi yang benar bukan? Bila Moms salah satu pecinta sushi yang juga belum tahu bagaimana cara makan sushi yang benar, yuk simak tata caranya berikut!

Dimakan Secara Bersamaan

1 nigiri

foto: tastessence.com

Mayoritas sushi terbuat dari nasi dan ikan atau disebut dengan nigiri. Terkadang banyak yang bingung bagian mana yang harus dimakan terlebih dahulu.

Apakah bagian nasi atau ikannya terlebih dahulu? Keduanya tak ada yang benar Moms. Seharusnya sushi langsung dimakan sekaligus, hal ini agar tak mengurangi kualitas dari rasa keduanya.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Sushi?

Fungsi Jahe

2 sushi

foto: sushiginger1.com

Hal yang juga sering salah adalah urusan jahe, karena banyak yang mengira jahe harus diletakkan di dalam saus maupun di atas sushi.

Tahukah bahwa sebenarnya jahe tersebut harusnya dimakan secara terpisah tanpa mencampurnya dengan sushi? Karena fungsi jahe ini memang untuk menetralisir rasa sushi sebelumnya, sebelum beralih ke jenis sushi yang lain.

Cara Mencelupkan Sushi

3 sushi

foto: lovefood.com

Tak lengkap tentunya makan sushi bila tak menggunakan saus, namun seringkali hal ini pula yang membuat sushi menjadi berantakan.

Hal ini terjadi karena kesalahan teknik kita dalam mencelupkannya, seharusnya cara yang benar adalah saat mengambil sushi, balikkan sushi agar bagian daging berada di bawah dan nasinya di atas. Barulah mencelupkannya ke dalam saus, dan akan menghindari sushi menjadi berantakan.

Baca Juga: Selain Ramen, Ini 4 Jenis Mie Jepang Lain yang Tak Kalah Lezat

Urutan Menyantap Sushi

4 sushi

foto: rsvpre.com

Sesampainya di restoran sushi, Moms biasanya akan langsung memesan makanan yang diinginkan lalu memakannya sesuai dengan urutan makanan yang datang terlebih dahulu.

Sebenarnya itu salah, bila Moms memesan sashimi, nigiri serta sushi yang digulung, maka yang benar adalah dengan terlebih dahulu menyantap sashimi, dilanjutkan dengan nigiri barulah sushi yang digulung. Bila ada tambahan lain seperti katsu, maka itulah yang akan menjadi makanan paling akhir untuk disantap.

Itulah tadi beberapa tata cara makan sushi yang benar, bagi Moms para pecinta sushi kini sudah semakin tahu bukan bagaimana cara menyantap makanan favorit kalian?

(MDP)

Artikel Terkait