KESEHATAN
15 Juni 2019

Terlalu Banyak Makanan Digoreng akan Tingkatkan Risiko Kematian Perempuan?

Ini efek negatif terlalu banyak makan gorengan yang diklaim bisa tingkatkan risiko kematian.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Siapa yang tidak suka dengan gorengan? Makanan digoreng, mulai dari ayam, ikan, hingga olahan goreng lainnya memang menggugah selera.

Namun, jika terlalu sering memakan makanan digoreng pastinya akan menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Ya, menggoreng merupakan salah satu metode memasak yang umum digunakan. Ini sering digunakan oleh restoran, bahkan ibu rumah tangga sebagai cara cepat untuk mengolah makanan.

Makanan yang digoreng ini pun akan menimbulkan rasa gurih dan renyah sehingga membuat siapapun menjadi suka.

Tetapi, ada banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan dari makanan digoreng ini. Bahkan, bisa meningkatkan risiko kematian perempuan. Benarkah?

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Kalau Anak Terlalu Sering Makan Gorengan

Efek Negatif Makanan Digoreng

Terlalu Banyak Makanan Digoreng akan Tingkatkan Risiko Kematian Perempuan 01.jpg

Banyak orang menyukai gorengan. Namun makanan ini cenderung tinggi kalori dan lemak trans, jadi ini dapat memiliki efek negatif pada kesehatan kita.

Gorengan sangat tinggi kalori dan tinggi lemak trans. Hal ini bisa membuat siapapun yang memakan gorengan dalam jumlah banyak dan dalam waktu tertentu, bisa menyebabkan obesitas.

Selain obesitas, gorengan dikaitkan dengan risiko yang lebih besar terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Kedokteran Northwestin Feinberg, Departemen Kedokteran, Chicago, menemukan bahwa wanita yang makan satu atau lebih porsi ikan goreng per minggu memiliki risiko 48% lebih tinggi mengalami gagal jantung, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 1-3 porsi per bulan.

Sedangkan, mereka yang mengonsumsi 4-6 porsi makanan digoreng per minggu adalah 39% lebih mungkin untuk menderita diabetes tipe 2, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi per minggu.

Baca Juga: Mau Tetap Awet Muda? Yuk Kurangi Asupan Kalori Sebanyak 15 Persen!

Gorengan Bisa Sebabkan Kematian Bagi Perempuan?

Terlalu Banyak Makanan Digoreng akan Tingkatkan Risiko Kematian Perempuan 02.jpg

Sebuah studi yang dipublikasikan secara online oleh The BMJ menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi satu atau lebih porsi ayam goreng 13% lebih mungkin meninggal sebelum waktunya daripada perempuan yang tidak makan makanan goreng apa pun.

Penelitian ini juga membawa kabar buruk bagi pecinta makanan laut goreng. Perempuan yang makan ikan goreng atau kerang setiap hari adalah 7% lebih mungkin meninggal karena sebab apa pun dan 13% lebih mungkin meninggal daripada wanita yang tidak makan makanan digoreng.

Peningkatan risiko kematian dini bagi penyuka gorengan tetap disesuaikan dengan faktor lainnya, seperti gaya hidup, diet keseluruhan, pendidikan, dan tingkat pendapatan.

"Meskipun tidak dianjurkan, makan gorengan mungkin baik-baik saja, jika seseorang juga makan makanan yang sehat," kata Kelley Bradshaw, manajer klinis dan ahli diet senior untuk layanan nutrisi dan kesehatan di Brigham and Women's Hospital yang berafiliasi dengan Harvard.

Baca Juga: Balita Malas Menggosok Gigi Berpotensi Terkena Sakit Jantung?

Jadi, masih diperbolehkan makan gorengan asal diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan banyak makan buah dan sayur. Serta, kurangi konsumsi gorengan ya Moms.

(SA)

Artikel Terkait