BAYI
15 Januari 2020

Ternyata! Ada Manfaat Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir

Mencegah hipotermia hingga menurunkan risiko hipoglikemia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di kebanyakan rumah sakit, memandikan bayi segera setelah dilahirkan seolah menjadi sebuah keharusan.

Padahal para ahli hingga WHO merekomendasikan untuk menunda memandikan bayi baru lahir, khususnya pada jam-jam pertama kehidupan.

Mengapa demikian? Karena ada banyak manfaat menunda memandikan bayi baru lahir.

Manfaat Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir

1. Meningkatkan Ikatan Ibu dan Bayi

Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir, Ketahui Manfaatnya 1

Foto: premierhealth.com

The Childrens Mom Docs mengungkapkan bahwa bayi baru lahir perlu diberi kesempatan untuk melakukan kontak skin-to-skin dengan Ibunya dan menyusu.

Oleh karena itu, beberapa menit atau jam pertama kehidupan bayi tidak seharusnya dihabiskan bersama perawat atau profesional kesehatan untuk dibersihkan.

Selama bayi tidak membutuhkan bantuan pernapasan atau resusitasi segera, bayi dapat dipeluk atau digendong oleh Moms untuk melakukan kontak skin-to-skin.

Di mana ini memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah untuk meningkatkan ikatan antara Moms dan Si Kecil.

2. Meningkatkan Peluang Keberhasilan Menyusui

Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir, Ketahui Manfaatnya 2

Foto: todaysparent.com

“Moms yang selalu berada dekat dengan bayi mereka lebih mungkin mengenali tanda-tanda pemberian makan dini pada bayi dan menyusui pada waktu yang tepat,” jelas Jennifer DiPace, MD, direktur medis perawatan bayi di NewYork-Presbyterian Komansky Children’s Hospital dan Weill Cornell Medicine, seperti dikutip dari Parents.

“Produksi ASI yang mencukupi tergantung pada stimulasi payudara secarateratur, Moms yang melewatkan waktu menyusui, terutama dalam beberapa hari pertama kehidupan bayi, mungkin memiliki pasokan ASI yang tidak memadai dan perlu bergantung pada suplementasi susu formula untuk bayi mereka.”

Dr. Jennifer DiPace juga mengatakan bahwa semakin sering kontak skin-to-skin pada hari-hari pertama setelah kelahiran, semakin besar pula kemungkinan keberhasilan menyusui.

3. Mengurangi Risiko Infeksi

Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir, Ketahui Manfaatnya 3

Foto: neuro-central.com

Bayi baru lahir memang tidak langsung terlihat bersih karena dibalut oleh cairan putih bernama vernix di sekujur tubuhnya.

Tetapi lapisan putih itu sebenarnya bukanlah kotoran yang harus segera dibersihkan, karena memiliki banyak manfaat untuk bayi.

Bahkan menurut penelitian yang dipublikasikan pada laman Indian Journal of Dermatology, vernix mengandung antioksidan dan antibiotik yang membantu mengurangi risiko infeksi pada bayi baru lahir.

Sementara manfaat menunda memandikan bayi baru lahir yang didapatkan dengan membiarkan vernix tetap berada di tubuh bayi lebih lama antara lain dapat membantu mengatur kehangatan tubuh bayi dan menjaga kelembapan kulit bayi.

4. Menurunkan Risiko Hipoglikemia Neonatal

Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir, Ketahui Manfaatnya 4

Foto: parenting.firstcry.com

Studi menunjukkan bahwa menunda memandikan bayi baru lahir dapat menurunkan tingkat hipoglikemia neonatal (kadar gula darah rendah pada bayi) sebesar 50% pada bayi berisiko tinggi dan dapat memberikan manfaat serupa pada bayi berisiko rendah.

Dalam beberapa jam pertama setelah lahir, bayi harus menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim, termasuk kehilangan plasenta sebagai sumber gula darah.

Memandikan bayi segera setelah lahir hanya akan menyebabkan mereka menangis dan melepaskan hormon stres. Hormon ini dapat menyebabkan gula darah bayi turun.

Turunnya gula darah akan membuat bayi terlalu mengantuk untuk bangun dan menyusu, yang menyebabkan gula darah semakin turun hingga mengalami hipoglikemia neonatal.

Pada kasus yang jarang, hipoglikemia neonatal dapat menyebabkan cedera neurologis.

5. Mengurangi Risiko Hipotermia Neonatal

Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir, Ketahui Manfaatnya5

Foto: humanosphere.org

Bayi baru lahir masih belum mampu mengendalikan suhu tubuh mereka sendiri. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko hipotermia neonatal sangat penting memastikan tubuh bayi selalu dalam kondisi hangat.

Salah satu caranya adalah dengan tidak memandikan mereka, khususnya pada jam-jam pertama setelah dilahirkan.

Nah, demikianlah beberapa manfaat menunda memandikan bayi baru lahir. Tetapi, semua keputusan ada di tangan Moms. Coba diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.

Referensi:

  1. https://icea.org/wp-content/uploads/2018/02/ICEA-Position-Paper-Delayed-Bathing.pdf
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29223208
  3. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0884217515318967
  4. https://childrensmd.org/browse-by-age-group/pregnancy-childbirth/delaying-babys-first-bath-8-reasons-why-doctors-recommend-waiting-up-to-48-hours-before-bathing-a-newborn/
  5. https://www.parents.com/news/new-study-shows-delaying-first-bath-may-help-babies-breastfeed/
Artikel Terkait