GAYA HIDUP
2 Juni 2019

Ternyata Membayangkan Wajah Pasangan Bisa Mengurangi Stres!

Tak perlu susah-susah untuk mengurangi stres
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Tak bisa dipungkiri, perempuan sehari-seharinya akrab dengan yang namanya stres.

Nah, kalau stres begini biasanya apa yang Moms lakukan untuk menghilangkannya? Shopping? Atau kumpul dengan teman-teman?

Ternyata, ada cara gampang dan gratis untuk menghilangkan stres itu.

Moms bisa menutup mata sejenak, menarik nafas panjang, dan bayangkan pasangan anda, itu akan menurunkan tingkat stres!

Menurut sebuah studi baru dari Universitas Arizona, membayangkan orang yang Moms cintai sama manfaatnya dengan kehadiran mereka secara fisik di masa sulit Moms, yaitu untuk mengurangi kadar stres.

Dilansir huffpost.com, penelitian yang diterbitkan Jurnal Psycophysiology itu mengamati 102 pasangan yang telah berhubungan lama.

Baca Juga : Stres Bisa Bikin Susah Hamil?

Mereka diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah yang membuat stres dan seolah-olah berada dalam situasi Titanic, yaitu merendam kaki mereka ke dalam es sedalam tiga inci selama 4 menit.

“Percobaan itu 100 persen aman, hanya tidak begitu menyenangkan, tergantung pada toleransi dingin seseorang,” kata ketua peneliti dan mahasiswa doktoral psikologi UA Kyle Bourassa.

Sebelumnya, para peserta secara acak dibagi menjadi tiga kelompok.

Dalam kelompok pertama orang-orang duduk diam bersama pasangannya.

Kelompok kedua, diminta untuk memikirkan pasangan mereka sebagai sumber motivasi mereka selama tugas, tetapi tidak hadir secara fisik.

Kelompok ketiga, yang juga tidak bersama pasangan di ruangan tersebut, diinstruksikan untuk memikirkan hari-hari mereka.

Hasilnya, kelompok kedua memiliki tekanan darah yang sama dibandingkan kelompok yang pertama. D

engan kata lain, ketika Anda berada di saat-saat yang menegangkan lalu membayangkan wajah pasangan, sama saja rasanya ketika dia berada di samping Moms secara fisik.

Baca Juga : Rahasia Agar Rumah Tangga Selalu Bahagia

“Penelitian menunjukkan bahwa selama masa stres, membayangkan pasangan terkasih Anda, secara psikologis mungkin bermanfaat dalam merespon tekanan darah. perluasan dari penemuan ini menunjukkan bahwa ia memiliki kesehatan fisik juga," kata Bourassa.

Nah, bagaimana nih buat yang single? Bourassa mengatakan, juga bisa memikirkan seseorang atau sesuatu yang Moms sayangi seperti orangtua, sahabat, atau bahkan kucing atau anjing peliharaan Anda.

Sebagaimana yang dilansir referensi medis, webmd.com, Moms juga bisa menarik nafas panjng, membayangkan diri Anda berada di tempat yang menyenangkan. Lakukan ini 5 sampai 10 menit, tingkat stres Moms akan menurun.

(MAG)

Artikel Terkait