KEHAMILAN
4 September 2019

Tidak Ada Alasan untuk Malas, Ini 4 Gerakan Senam Hamil Paling Mudah

Bisa dilakukan kapan pun, bahkan jika perut Moms sudah semakin membesar
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Senam hamil bisa dilakukan dengan mudah. Moms nggak perlu ikut klub senam ibu hamil yang biasanya disediakan oleh klinik-klinik persalinan. Gerakan senam ini sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan kok.

Latihan-latihan kehamilan yang sederhana ini dapat mencegah penambahan berat badan Moms, meredakan sakit-sakit, dan menguatkan otot-otot Moms buat proses persalinan agar berjalan dengan cepat dan lancar.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan Selama Kehamilan

Itulah mengapa penting untuk Moms mencoba senam kehamilan ini. Gerakan-gerakannya sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah kok Moms. Seperti apa? Simak di bawah ini yuk.

1. Melatih Bisep dengan Posisi Berdiri

senam hamil

Foto: fysioterapeuten.no

Gerakan senam hamil ini berguna untuk membantu memperkuat lengan dan bahu, ketika Moms harus menggendong bayi nantinya dan memperbaiki postur tubuh ibu hamil.

Cara melakukannya sangat mudah, Moms hanya perlu berdiri dengan kaki selebar pinggul dan lutut ditekuk menjadi setengah jongkok, sambil memegang halter di depan paha. Tekuk untuk mengangkat beban ke dada dan perlahan turunkan kembali ke bawah. Begitu seterusnya.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Berbahaya yang Dilarang Saat Hamil

Tenang Moms, saat perut mulai membesar, gerakan ini tetap bisa dilakukan kok. Ambil posisi lebih lebar dan luruskan kaki, posisi ini akan membantu menstabilkan tubuh kita.

2. Posisi Squat seperti Akan Melahirkan

senam hamil

Foto: verywellfamily.com

Gerakan ini akan melatih kekuatan kaki, pantat, dan bagian pinggul kita. Moms hanya perlu berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar pinggul, kemudia tekuk bagian lutut ke posisi berjongkok, lakukan hingga posisi kita hanya berjarak beberapa inci dari matras atau lantai ya.

Selanjutnya letakkan tangan dalam posisi berdoa di depan dada dan gunakan siku untuk membuka lutut dengan lembut. Tahan posisi senam hamil ini selama 30 detik.

3. Posisi Berbaring Miring

senam hamil

Berbaringlah di sisi kanan dengan lutut ditekuk, kepala diletakkan di lengan kanan. Lalu buka kaki sehingga lutut mengarah ke atas, tahan selama tiga detik dan turunkan. Kemudia ulangi hal yang sama, namun di sisi kiri.

Baca Juga: 3 Manfaat Olahraga Saat Hamil Bagi Janin yang Wajib Diketahui

Gerakan ini berguna untuk melatih bagian perut ibu hamil, pantat, paha, dan dasar panggul. Bila perut Moms semakin membesar, mungkin akan sulit menyeimbangkan. Triknya adalah dengan menempelkan bagian punggung ke dinding.

4. Memanjangkan Kaki

senam hamil

Foto: parents.com

Perut yang semakin membesar adalah kendala untuk melakukan posisi ini. Sebagai solusinya, dapat dilakukan dengan gerakan yang perlahan untuk melindungi lutut.

Posisi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah, bagian abs, dan dasar panggul.

Caranya dengan memulai gerakan merangkak, lalu luruskan kaki kanan secara perlahan dan angkat kaki setinggi pinggul. Tahan selama tiga detik, turunkan, dan ulangi dengan kaki kiri; lanjutkan secara bergantian.

Gerakan-gerakan hamil ini sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selain itu, juga tetap bisa dilakukan meski perut Moms semakin membesar.

(AWD)

Artikel Terkait