KESEHATAN
17 Februari 2020

4 Minuman untuk Meredakan Tenggorokan Sakit, Konsumsi Saat Perih

Bisa menggunakan berbagai bahan yang alami dan mudah didaptkan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Kita tidak bisa berbicara, sulit untuk menelan dan mungkin memiliki perasaan menjengkelkan di tenggorokan yang cukup mengganggu. Jika Moms merasa seperti itu, sudah tidak diragukan lagi Moms menderita sakit tenggorokan.

Meski tidak seperti sakit flu atau batuk, rasa sakit di tenggorokan sudah cukup membuat kita untuk sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan kita mungkin perlu beristirahat selama beberapa hari.

Baca Juga: 5 Tips Redakan Sakit Tenggorokan

Menurut College of Family Physicians of Canada, sakit tenggorokan, juga dikenal sebagai faringitis, yang merupakan peradangan faring (bagian belakang tenggorokan antara amandel dan kotak suara) dan dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk virus, ragi, dan bakteri.

Minuman untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Alih-alih membeli obat ke apotek, ada banyak makanan dan minuman di lemari es dan dapur yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Apa saja minuman untuk meredakan sakit tenggorokan?

1. Cuka Apel

meredakan sakit tenggorokan

Cuka apel bersifat asam dan dapat membunuh bakteri di tenggorokan, dan juga melapisi dan meredakan sakit tenggorokan. Selain itu juga bisa melonggarkan dahak yang mungkin mengiritasi tenggorokan.

Mengutip dari Medicine Net, jika Moms ingin menggunakannya sebagai obat kumur, campur 1 sendok teh cuka sari apel dengan 8 ons air. Bisa juga dikombinasikan dengan 1 sendok teh garam untuk obat cuka air garam (berkumur dengan obat air garam hangat).

Untuk menciptakan rasa yang lebih enak, bisa juga menambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 sendok makan madu ke teh kita.

2. Teh untuk Tenggorokan

meredakan sakit tenggorokan

Throat coat adalah teh herbal yang dijual untuk meredakan sakit tenggorokan. Teh herbal Throat Coat mengandung akar licorice, kulit bagian dalam elm, akar marshmallow, dan ekstrak kering berair akar licorice dan dijual untuk membantu meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Sebuah penelitian kecil menunjukkan teh ini dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan selama 30 menit setelah meminumnya.

3. Teh Chamomile

meredakan sakit tenggorokan

Teh chamomile secara alami juga dapat menenangkan. Teh ini telah lama digunakan untuk pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Minuman ini sering digunakan untuk sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringent.

Penelitian dari US National Library of Medicine mengenai teh chamomile menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk meredakan sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh kita melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

4. Madu

meredakan sakit tenggorokan

“Madu adalah salah satu obat terbaik untuk meredaka sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alami yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, juga bekerja untuk mengurangi peradangan,” jelas Patti Mahautmr, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Ia juga menambahkan bahwa madu dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus.

Campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan aduk rata. Minumlah beberapa kali sehari sesuai kebutuhan. Namun, Dr. Patti Mahautmr memperingatkan bahwa madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun.

Itu dia Moms beberapa minuman untuk meredakan sakit tenggorokan. Coba buat di rumah dan minum dengan teratur ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait