JALAN-JALAN
15 Agustus 2019

Tidak Kalah Hits, Ini 5 Oleh-oleh khas Surabaya yang Tradisional Banget

Moms dan Dads, tidak perlu bingung lagi untuk mencari oleh-oleh tradisional khas Surabaya. Ada lima oleh-oleh tradisional kota yang dijuluki Kota Pahlawan ini sebagai rekomendasi buah tangan untuk orang rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Bila Moms dan Dads sedang berlibur ke Surabaya tentu akan melakukan berbagai kegiatan wisata di sana, salah satunya wisata kuliner. Banyak lho Moms makanan khas kota dengan julukan Kota Pahlawan ini yang bisa membuat lidah bergoyang.

Tapi, Moms dan Dads pun tentu tidak ingin sekedar merasakan sendiri sensasi kuliner di Surabaya. Oleh-oleh khas Surabaya tentu akan dibawa untuk diberikan kepada keluarga ataupun teman.

Memang cukup banyak jenis oleh-oleh khas Surabaya kekinian. Tapi, yang oleh-oleh khas Surabaya yang tradisional banget juga banyak Moms.

Untuk cita rasanya, tentu saja tidak kalah dari oleh-oleh khas Surabaya kekinian. Kira-kira, apa saja oleh-oleh khas Surabaya yang tradisional banget? Berikut daftarnya!

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Bandung yang Tak Boleh Dilewatkan!

1. Siropen Telasih

Siropen Telasih.jpeg

Salah satu produk sirup khas Surabaya ini memiliki riwayat sejarah yang panjang. Dibangun oleh JC Van Drongelen, warga belanda asli pada tahun 1923, bisa dibilang pabrik sirup Siropen Telasih ini merupakan pabrik sirup pertama di Indonesia.

Pabrik Siropen Telasih telah mengeluarkan dua macam produk yaitu Siropen Telasih dan Siropen Premium. Adapun perbedaannya terletak pada kemasan botol.

Kemasan botol dari Siropen Premium didesain lebih kekinian. Bentuknya unik, seperti botol minuman keras. Dibuat sedemikian karena agar menarik minat wisatawan untuk membeli produk tersebut sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Sementara itu, Moms dan Dads bisa memilih berbagai rasa di antaranya rasa Mawar, Frambosen, Cocopandan, Vanila, Jeruk Keprok, Arbei, Leci, dan Melon.

Keunggulan produk khas Surabaya ini dibanding dengan produk lainnya adalah gula yang digunakan yaitu gula pilihan dengan kualitas terbaik dan tidak ada bahan pengawet, lho.

2. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy.jpg

Oleh-oleh khas Surabaya satu ini sangat populer hingga masuk agenda wajib tujuan serta sebagai buah tangan dibawa pulang. Rasa sambal yang super pedas ini mampu membuat Moms dan Dads jatuh cinta.

Ada tiga varian dari sambal ini yaitu sambal bajak, sambal hijau, dan sambal bawang. Tingkat pedasnya pun bermacam-macam.

Perlu diketahui sambal Bu Rudy ini memiliki ciri khas terdapat rasa udang di dalamnya. Tapi, Moms dan Dads tak perlu khawatir dengan bahan yang digunakan, karena Sambal Bu Rudy bebas dari bahan kimia.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

3. Abon Sapi Padmosusatro

Abon Sapi Padmosusatro.jpg

Di Surabaya sendiri ada satu abon yang cukup terkenal yaitu Abon Sapi Padmosusatro. Penggagas utama dari Abon sapi itu adalah Ibu Sarti.

Selain resepnya yang khas, abon sapi ini dapat bertahan enam bulan sejak proses produksi, aman untuk dikonsumsi siapapun, dan bebas bahan pengawet.

Moms dan Dads juga perlu tahu, Abon Sapi Padmosusatro ini juga digemari oleh Presiden Republik Indonesia ketiga yaitu BJ Habibie.

4. Belinjo Udang (Blindang)

Belinjo Udang (Blindang).jpg

Belinjo atau lebih dikenal dengan sebutan melinjo yang biasanya diolah menjadi emping dengan rasa pahit.

Tapi berbeda dengan oleh-oleh khas Surabaya, Belinjo Udang ini tak ada rasa pahit sama sekali karena telah dicampur dengan udang asli serta rempah-rempahan pilihan.

Pertama kali dikenalkan sebagai home industry dengan merk ‘Nikmat Rasa’, Belinjo Udang ini telah ada sejak tahun 1970-an. Hingga kini, Belinjo Udang ini sudah berkembang pesat dan terjual di berbagai outlet Surabaya.

Baca Juga: 6 Oleh-oleh Makanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Terlewatkan

5. Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran.jpg

Sebuah tempat yang terletak di bagian timur Surabaya, Kenjeran, dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Sehingga, warga setempat pun memanfaatkan dengan baik hasil tersebut.

Salah satunya dengan memanfaatkan ikan yang di laut menjadi sebuah kerupuk. Moms dan Dads bisa menjumpai kerupuk mentah maupun siap santap di sini.

Tak hanya kerupuk ikan, ada jenis lainnya seperti kerupuk cumi, kerupuk kerang, kerupuk udang hingga kerupuk rumput laut pun masyarakat buat.

Untuk membelinya, penjual sudah mengemas kerupuk di dalam plastik serta harga yang ditawarkan pun bermacam-macam tergantung jenis kerupuk.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang tradisional banget. Sayang kalau sampai moms dan Dads lewatkan.

(WAR/ERN)

Artikel Terkait