GAYA HIDUP
14 Juli 2020

Tetap Aktif, Ini Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak Selama Pandemi

Jaga imunitas tubuh Si Kecil setiap saat, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Beraktivitas di tengah pandemi COVID-19 mengharuskan Moms, dan anggota keluarga lain untuk punya imunitas yang baik. Bahkan bila Si Kecil hanya melakukan aktivitas di rumah saja.

Mengutip Harvard Health, garis pertahanan pertama untuk sistem imun yang baik adalah memilih gaya hidup sehat. Karena itu, Moms perlu tahu cara untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh ketika beraktivitas di rumah.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat Aktivitas di Rumah

Untuk menjaga tubuh tetap prima bahkan saat pandemi virus corona ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga sistem imun tubuh Si Kecil bekerja dengan optimal.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Aktif

1. Jaga Kualitas Tidur

meningkatkan imunitas tubuh di rumah-1

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu kunci penting untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan menjaga kualitas tidur anak. Mengutip Sleep Foundation, tidur sangat penting bagi Si Kecil karena berdampak pada perkembangan mental dan fisiknya.

Seorang bayi mungkin perlu waktu tidur hingga 16 jam sehari, balita membutuhkan 11-14 jam, dan anak-anak prasekolah membutuhkan 10-13 jam.

"Jika anak Anda tidak bisa atau tidak mau tidur siang, cobalah untuk membaringkannya lebih awal," kata Kathi Kemper, M.D., direktur Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Rumah Sakit Anak, Boston, mengutip Parents.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

meningkatkan imunitas tubuh di rumah-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms dan Si Kecil tentu jadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah ketika ada kebijakan untuk bekerja dan belajar di rumah. Pastikan agar tetap melakukan aktivitas fisik sebagai meningkatkan imunitas tubuh di rumah.

Mengutip Kids Health, ada banyak manfaat dari olahraga untuk anak, beberapa yaitu:

  • Otot dan tulang yang lebih kuat
  • Tubuh lebih ramping
  • Mengurangi risiko kelebihan berat badan
  • Kemungkinan lebih rendah mengalami diabetes tipe 2
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah
  • Pandangan hidup yang lebih baik

Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan anak-anak harus lakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit dengan intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu.

Beberapa contoh aktivitas fisik intensitas sedang yaitu seperti: berjalan cepat, lompat tali, berdansa, atau bermain bola.

Baca Juga: Anak Tidak Suka Aktivitas Fisik? Ketahui Alasannya dan Tips Membuat Si Kecil Lebih Aktif

3. Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

meningkatkan imunitas tubuh di rumah-3

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga kebersihan dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat adalah hal utama untuk dapat melawan virus COVID-19. Pastikan anak-anak sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Menurut jurnal American Society for Microbiology, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih efektif daripada setetes gel hand sanitizer yang belum digosokkan dengan baik.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cuci tangan harus dilakukan di waktu-waktu berikut ini:

  • Sebelum, selama, dan sesudah memasak atau menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Sebelum dan sesudah merawat orang yang sakit
  • Sebelum dan sesudah merawat luka terbuka atau lecet
  • Setelah menggunakan kamar mandi atau toilet
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak kecil sehabis dari kamar toilet
  • Setelah menyeka hidung, bersin, atau batuk
  • Setelah memegang hewan, memberi makan hewan atau membersihkan kotoran hewan
  • Setelah memegang makanan hewan
  • Setelah menyentuh sampah atau membuang sampah

4. Konsumsi Makanan Penuh Nutrisi dan Vitamin

meningkatkan imunitas tubuh di rumah-4

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai langkah untuk meningkatkan imunitas tubuh di rumah, pastikan Si Kecil mengonsumsi cukup buah dan sayur yang padat vitamin dan nutrisi.

"Buah dan sayur seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi, mengandung karoten, yang merupakan fitonutrien penambah kekebalan tubuh," kata William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book.

Fitonutrien ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh yang melawan infeksi, suatu antibodi yang melapisi permukaan sel, dan menghalangi infeksi virus.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

5. Konsumsi Asupan Nutrisi Tambahan

friso gold.jpg

Ada cara lain yang dapat Moms lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh di rumah di tengah pandemi COVID-19, yaitu dengan mengonsumsi asupan nutrisi tambahan, salah satunya susu.

Ajak Si Kecil minum susu Friso, yang membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil dari dalam, agar ia bebas bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga.

Rangkaian produk Friso, dilengkapi dengan prebiotik, probiotik, nukleotida, selenium, seng, dan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E untuk menunjang kesehatan tubuhnya.

Selain itu, dengan teknologi Locknutri™️, kealamian nutrisi dalam Friso dapat terjaga, sehingga nutrisinya mudah dicerna dan diserap tubuh.

Produk Friso lain juga ada seperti Frisomum untuk ibu hamil dan menyusui, Friso Gold 3 untuk Si Kecil usia 1 sampai 3 tahun, dan Friso Gold 4 untuk Si Kecil usia di atas 3 tahun.

Itu dia Moms, beberapa tips meningkatkan imunitas tubuh di rumah sembari tetap aktif di kala pandemi virus corona ini.

(ADV)

Artikel Terkait