HIBURAN
29 Juni 2019

Tips Agar Bunga di Vas Tetap Segar dan Lebih Tahan Lama

Moms bisa menambahkan gula atau soda di air vas supaya bunga tetap segar
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Carla Octama

Keberadaan bunga tidak dipungkiri dapat mempercantik penampilan di rumah. Biasanya, Moms menempatkan bunga favorit ke dalam vas lalu meletakkan di meja atau sudut ruangan.

“Bunga selalu menjadi sumber kebahagiaan dan penghilang stres,” kata Ashley Hecker, pendiri Uprooted Flower Truck, mengutip Well and Good.

Sebuah studi tahun 2018 juga mendukung bahwa menempatkan bunga di lingkungan sekitar Moms dapat mengurangi stres bagi wanita.

Namun, tanpa adanya pot, bagaimana agar menjaga bunga tersebut tetap segar dalam waktu lama?

Baca Juga: 11 Inspirasi Nama Bayi dengan Tema Bunga, Cantik!

Cara Membuat Bunga di Vas Tetap Segar

bunga segar di vas-1.jpg

Menurut Heckler, langkah pertama adalah memotong setiap helai daun yang melewati/di bawah garis air. Karena daun yang tenggelam menyebabkan bakteri nantinya berkembang biak di air.

"Pastikan untuk menukar vas Anda dengan air segar setiap hari, juga potong pendek batang mereka sehingga dapat menyerap air dan tetap terhidrasi," jelasnya.

Heckler juga memberikan rahasia yang menjaga bunga tetap segar. "Saya merekomendasikan air hangat untuk hampir semua bunga," kata Heckler.

Itu karena suhu yang lebih tinggi membantu membuka batang yang baru dipotong, sehingga memungkinkan bunga menyerap air lebih baik.

Bahan Rumah yang Membuat Bunga Tetap Segar

bunga segar di vas-2.jpg

Moms bisa juga menggunakan beberapa bahan berikut sebagai makanan bunga untuk membuat bunga lebih segar dan tetap merekah dengan baik. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan, dikutip dari MNN.com.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki yang Terinspirasi dari Bunga, Tetap Maskulin dan Gagah Lho!

1. Gula

Hanya dengan menambahkan beberapa sendok teh gula ke air dalam vas bunga, Moms dapat memperpanjang hidup bula di vas.

Mungkin karena gula memberi nutrisi bunga yang tidak didapatkan sekarang karena tidak lagi ditanam di dalam tanah.

2. Cuka

Beberapa orang mengatakan bahwa cuka menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga ideal untuk menjauhkan bakteri di air dalam vas.

Campur gula dan cuka dengan air dalam vas sebelum meletakkan bunga, dengan perbandingan 1 gula, dan 2 cuka. Ini adalah kombinasi efektif yang memperpanjang umur bunga dan menjaga tetap segar.

3. Soda Bening

Minuman soda bening seperti 7-Up atau Sprite akan membuat bunga bertahan lebih lama tanpa mengubah warna air menjadi keruh.

Gula dalam soda membantu memberi makan bunga-bunga dan kadar asam soda membantu menurunkan pH air, memungkinkan bunga menyerap lebih banyak nutrisi.

4. Vodka

Bahan kimia yang dikenal sebagai etilena membuat bunga menjadi layu. Etilena juga yang menjadikan pisang dan alpukat jadi makin lunak.

Moms bisa mencampur vodka di air, karena vodka bekerja dengan memperlambat produksi etilen alami bunga.

Nah, itu dia tips membuat bunga dalam vas tetap segar. Tidak susah, bukan?

Artikel Terkait